Logo BeritaSatu

DPR Kecam Pernyataan Senator Australia Pauline Hanson soal Bali

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:13 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi IV DPR Daniel Johan mengecam pernyataan Senator Australia, Pauline Hanson yang telah menghina Bali. Hal ini terkait tudingan Pauline Hanson mengenai Bali yang penuh kotoran sapi di jalanan, sehingga berpotensi menjadi tempat penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Saya kira semua pihak dapat menyampaikan kewaspadaan terkait penyakit mulut dan kuku (PMK) dengan lebih baik dan ilmiah. Apa yang disampaikan Pauline Hanson bukan hanya tidak sesuai dengan fakta, tetapi juga telah mendiskreditkan Indonesia, khususnya Bali,” ujar Daniel kepada wartawan, Selasa (9/8/2022).

Daniel mewanti-wanti agar setiap tokoh negara sahabat menghormati Indonesia dan tidak asal bicara. “Terus terang kami merasa kecewa atas tudingan tersebut, apalagi pernyataan yang disampaikan Pauline Hanson banyak salahnya,” tutur Daniel.

Daniel menilai tudingan Pauline bahwa kebiasaan masyarakat Bali memelihara sapi menjadi sumber penyebaran PMK yang mengancam negaranya telah melukai bangsa Indonesia. Selama ini, masyarakat Bali memiliki sistem pemeliharaan hewan sapi yang sangat baik.

“DPR secara khusus mengapresiasi peternakan di Bali. Karena Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki genetik murni sapi yang merupakan sapi asli dan murni Indonesia,” ucapnya.

Sapi Bali merupakan keturunan asli banteng yang telah didomestikasi sejak masa lampau. Gen aslinya berasal dari Pulau Bali dan menyebar luas ke daerah Asia Tenggara. Atas dasar ini, kata Daniel, sapi di Bali menjadi salah satu unggulan.

“Para peternak di Bali tidak mengawinkan sapi Bali dengan sapi ras atau sapi ras dari negara lain. Pelestarian sapi Bali di Bali dilakukan dengan menjaga kemurnian gen dan mutu genetik serta populasinya,” ungkapnya.

Daniel mengatakan Komisi IV selama ini terus memantau pengembangan sapi di Pulau Dewata yang memiliki mutu daging unggulan. Sebab, reproduksi sapi diatur sedemikian rupa untuk mencegah terjadinya perkawinan sedarah yang dapat menurunkan kualitas sapi.

“Kami melihat populasi sapi di Bali terpelihara dengan apik sehingga meningkatkan produktivitas. Dari sini seharusnya dapat dilihat bahwa pemeliharaan sapi di Bali dilakukan secara sistematis dan komprehensif. Jadi, tudingan senator Pauline Hanson terhadap pemeliharaan sapi di Bali sangat tidak mendasar,” katanya.

Daniel pun menambahkan Kementerian Pertanian telah berupaya melakukan penanganan PMK dengan cepat dan efektif. Begitu juga melalui masifnya pemberian obat dan vitamin serta vaksinasi kepada sapi-sapi ke seluruh penjuru negeri.

“Kami berharap tudingan Pauline Hanson tidak berdampak pada kerja sama antara Indonesia dan Australia, utamanya di bidang ekonomi, perdagangan, dan peternakan,” kata Daniel.

Dalam videonya yang viral, Pauline Hanson mengatakan Bali dipenuhi sapi yang berkeliaran di jalan, sehingga mengancam turis asal negaranya. Perempuan pendiri dan pimpinan Pauline Hanson’s One National Party (PHON) itu menuding kotoran sapi menempel pada pakaian dan tubuh wisatawan Australia sehingga sanitasi alas kaki di bandara negaranya dibutuhkan untuk mencegah masuknya PMK. Pernyataan Pauline Hanson banyak mendapat kecaman, termasuk dari warga negara Australia sendiri yang meluruskan Bali tidak seperti tudingan Pauline.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Partai Prima Papua Protes Gagal Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024

Prima dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam tahapan verifikasi administrasi perbaikan pascakeputusan Bawaslu.

NEWS | 1 Desember 2022

Target 20 Persen Suara Golkar Akan Tercapai jika Disokong Efek Ekor Jas

Target 20 persen suara Partai Golkar baru akan tercapai apabila disokong efek ekor jas. Hal ini disampaikan Lili Romli.

NEWS | 1 Desember 2022

Ciri-ciri Partai yang Bakal Bergabung dengan KIB, Airlangga Singgung Bola

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto membeberkan ciri-ciri partai yang bakal bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

NEWS | 1 Desember 2022

Reuni 212 Rencananya Bakal digelar di Masjid Agung At-Tin Taman Mini

Reuni 212 rencananya bakal digelar pada 2 Desember 2022 di Masjid Agung At-Tin, TMII, Jakarta Timur.

NEWS | 1 Desember 2022

Motor Anggota Paspampres Hilang Dicuri di Babelan

Motor milik anggota Paspampres dicuri oleh kawanan pencuri saat terparkir di halaman rumah, kawasan Babelan, Kabupaten Bekasi, Rabu (30/11/2022) dini hari.

NEWS | 30 November 2022

Jelang Nataru, Tingkat Vaksinasi Booster DKI Baru sekitar 50%

Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Kemenkes mengungkapkan tingkat vaksinasi booster DKI baru mencapai sekitar 50%.

NEWS | 30 November 2022

Ganjar Pastikan Pelayanan Investasi di Jateng Mudah, Murah, dan Cepat

Ganjar Pranowo memastikan pelayanan investasi di Jateng mudah, murah, dan cepat sehingga bisa menarik lebih banyak investor.

NEWS | 30 November 2022

Gerindra: Indonesia Tak Butuh Tokoh Polarisasi pada 2024

Gerindra menegaskan Indonesia tidak lagi butuh tokoh yang gencar memicu polarisasi antarkelompok dalam masyarakat pada Pemilu 2024 mendatang.

NEWS | 30 November 2022

Polisi Dalami Keterkaitan Ritual dengan Kematian 1 Keluarga di Kalideres

Polisi tengah mendalami apakah ada keterkaitan ritual dengan kematian 1 keluarga di , Kalideres, Jakarta Barat.

NEWS | 30 November 2022

Ganjar Capres 2024 Dibahas dalam Pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres) 2024, turut dibahas dalam pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polda Metro Jaya Bongkar Peredaran Sabu Bahan Likuid dari Eropa

Polda Metro Jaya Bongkar Peredaran Sabu Bahan Likuid dari Eropa

NEWS | 28 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE