Logo BeritaSatu

Taiwan Gelar Latihan Militer Simulasikan Kondisi dari Invasi Tiongkok

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:05 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Taipei, Beritasatu.com - Taiwan menggelar latihan militer pekan ini yang mensimulasikan kondisi pertahanannya dari invasi Tiongkok, kata para pejabat Senin (8/8/2022), setelah Beijing melakukan latihan baru di sekitar pulau itu.

Pulau demokratis yang diperintah sendiri itu hidup di bawah ancaman invasi terus-menerus oleh Tiongkok, yang melihatnya sebagai bagian dari wilayah Tiongkok yang akan direklamasi suatu hari nanti, dengan paksa jika perlu.

Tentara Taiwan itu akan mengadakan latihan anti-pendaratan di wilayah paling selatan Pingtung pada Selasa (9/8/2022) dan Kamis (11/8/2022), kata pihak militer pulau itu.

"Kami akan berlatih gerakan balasan terhadap simulasi serangan musuh di Taiwan," Lou Woei-jye, juru bicara Korps Angkatan Darat Kedelapan, mengatakan kepada AFP.

Mereka akan mencakup pengerahan ratusan tentara dan sekitar 40 senjata howitzer, kata militer.

Menentang seruan untuk mengakhiri latihan militer berhari-hari yang mengelilingi pulau itu, Beijing melanjutkan latihan udara dan laut bersama pada hari Senin setelah kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taipei pekan lalu.

Namun Lou mengaku, latihan militer Taiwan sudah dijadwalkan dan tidak diadakan sebagai tanggapan atas latihan militer Tiongkok.

Pulau itu secara rutin menggelar latihan militer yang mensimulasikan invasi Tiongkok, dan bulan lalu mempraktikkan memukul mundur serangan dari laut dalam "operasi intersepsi bersama" sebagai bagian dari latihan tahunan terbesarnya.

Latihan militer terbaru ini datang setelah Tiongkok dituduh mensimulasikan blokade dan invasi ke Taiwan pada latihan militer dalam beberapa hari terakhir.

Latihan-latihan militer itu diperkirakan akan berakhir pada hari Minggu, tetapi Tiongkok pada hari Senin mengatakan, mereka menjadikannya sebagai kegiatan reguler.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: AFP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bisnis Kopi Rempah Milik Polisi di Blitar Tembus Mancanegara

Seorang anggota Polisi Polsek Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Aipda Jauhari Fitrianto (40) sukses menggeluti bisnis olahan kopi rempah.

NEWS | 27 November 2022

Berkedok Indekos, Satpol PP Depok Gerebek Prostitusi Online

Satpol PP Kota Depok melakukan penertiban dan penggerebekan terhadap sejumlah lokasi yang disinyalir menjadi tempat prostitusi online, Sabtu (26/11/2022).

NEWS | 27 November 2022

Top 5 News: Jokowi Ingatkan Relawan hingga Update Gempa Cianjur

Rangkuman artikel viral edisi Jumat dan Jokowi ingatkan relawan merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 27 November 2022

Tim DVI Polri Kesulitan Identifikasi Korban Gempa Cianjur

Tim DVI Polri kesulitan mengidentifikasi korban gempa Cianjur karena fasilitas pemeriksaan yang terbatas dan kondisi jenazah yang sudah rusak.

NEWS | 27 November 2022

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Argentina Atasi Meksiko, Messi Cetak Rekor

Piala Dunia 2022: Argentina Atasi Meksiko, Messi Cetak Rekor

SEMESTA BOLA 2022 | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE