Logo BeritaSatu

Naik 64 Peringkat, Pertamina Satu-satunya Perusahaan Indonesia di Fortune Global 500

Selasa, 9 Agustus 2022 | 09:01 WIB
Oleh : JAS

Jakarta, Beritasatu.com – PT Pertamina (Persero) kembali mengokohkan diri sebagai satu-satunya perusahaan Indonesia sekaligus satu-satunya BUMN yang masuk dalam daftar Fortune Global 500 tahun 2022. Pertamina berada di peringkat #223, naik 64 peringkat dibanding tahun 2021 saat berada di posisi #287.

Di tahun 2022, Fortune Global 500 menempatkan 30 perusahaan migas dunia masuk dalam kategori Petroleum Refining. Adapun Pertamina berada di urutan 21 di atas Idemitsu & Repsol.

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan Pertamina kembali masuk dalam Fortune Global 500 dengan peringkat yang naik cukup signifikan. Erick menilai kenaikan peringkat Pertamina memberi bukti bahwa BUMN dapat bersaing dengan perusahaan global.

"Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada direksi, komisaris, dan seluruh insan Pertamina yang bekerja keras dalam meningkatkan daya saing perusahaan di kancah internasional," ujar Erick di Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Erick mengatakan keberhasilan Pertamina menunjukan BUMN tak hanya mampu bertahan saat menghadapi kondisi pandemi, melainkan juga dapat meningkatkan kinerja dengan beragam inovasi. Menurut Erick, pencapaian apik Pertamina tak lepas dari langkah transformasi dan restrukturisasi melalui pembentukan holding dan subholding.

"Transformasi lewat holding dan subholding membuat operasional Pertamina lebih efektif dan efisien lantaran fokus pada core bussiness. Hal ini sejalan dengan target kita bahwa Pertamina harus menjadi perusahaan Global Energy Champion dan memiliki valuasi senilai US$100 miliar," ujar Erick.

Erick berharap pencapaian Pertamina dapat menjadi inspirasi bagi BUMN lain untuk mampu berbicara lebih banyak di pentas dunia. Erick meyakini BUMN-BUMN lain dapat meniru jejak Pertamina asalkan mampu menerapkan transformasi dan core values, AKHLAK, secara optimal.

"Semakin baik kinerja BUMN, apalagi sampai diakui dunia, tentu akan berdampak signifikan bagi masyarakat. Kinerja positif tentu akan memberikan ruang besar bagi BUMN untuk lebih berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menjaga keseimbangan pasar, hingga program-program ekonomi kerakyatan," kata Erick.

Sejalan dengan Erick, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati mengatakan upaya Pertamina meningkatkan daya saing tidak terhalang oleh pandemi, bahkan di tengah tantangan berat perusahaan, kinerja keuangan perseroan melonjak tajam di tahun 2021. Inilah yang mengantarkan Pertamina naik peringkat pada Fortune Global 500 tahun 2022.

“Pertamina telah berhasil meningkatkan revenue dan laba bersih perusahaan dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Sebuah pencapaian yang luar biasa di tengah tantangan global dan pandemi yang belum berakhir,” ucap Nicke.

Nicke menambahkan, posisi Pertamina dalam Fortune Global di wilayah Asia Tenggara berada di peringkat kelima dan di Asia, Pertamina berada di peringkat ke-105 dari 227 perusahaan.

“Pertamina juga merupakan perusahaan peringkat ke-12 dari 24 perusahaan yang dipimpin Female CEO dan satu-satunya di kategori Petroleum Refining yang dipimpin Female CEO,” imbuhnya.

Pertamina, tuturnya mencatatkan revenue tahun 2021 sebesar USD 57,51 miliar naik dibanding tahun lalu sebesar US$ 41,47 miliar. Laba bersih Pertamina sebesar US$ 2,045 miliar atau Rp 29,3 triliun naik hampir dua kali lipat dibanding tahun 2020 sebesar US$ 1,05 miliar atau Rp 15,3 triliun.

Tak hanya bertengger di peringkat global pada Fortune 500, pada September 2021, Pertamina juga menerima ESG Risk Rating 28,1 atau pada risiko sedang. Penilaian global ini telah menempatkan Pertamina di peringkat ke ke-15 dari 252 perusahaan dunia di industri Oil & Gas dan posisi 8 di sub industri integrated Oil & Gas.

"Hal ini merupakan pengakuan global atas komitmen dan effort Pertamina memimpin transisi energi, dekarbonisasi mendukung net zero emission Indonesia tahun 2060 dan pencapaian potensi sumber daya terbarukan di Indonesia dalam rangka pertumbuhan berkelanjutan,"ujarnya.

Di tahun 2021, Pertamina telah sukses menuntaskan transformasi dengan membentuk Holding Migas dengan 6 Subholding, yakni Subholding Upstream, Subholding Refining and Petrochemical, Subholding Commercial and Trading, Subholding Gas, Subholding Integrated Marine Logistics dan Subholding New and Renewable Energy.

Transformasi merupakan langkah strategis beradaptasi dengan perubahan bisnis ke depan, bergerak lebih lincah dan lebih cepat, serta fokus untuk pengembangan bisnis yang lebih luas dan agresif.

“Tranformasi akan terus mendorong Pertamina menjadi perusahaan energi kelas dunia. Dengan dukungan seluruh stakeholder, Pertamina akan mewujudkan aspirasi pemegang saham mewujudkan target menjadi 100 perusahaan terkemuka dunia,” ujar Nicke.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ferdy Sambo Cs Segera Disidang, Sahroni Optimistis Kejagung Profesional

Berkas perkara Ferdy Sambo dan para tersangka lain dalam pembunuhan berencana terhadap Brigadir J dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

NEWS | 29 September 2022

Prospek Ekonomi "Gelap", Jokowi: Jaga Setiap Rupiah

Presiden Jokowi meminta menjaga setiap rupiah di APBN agar negeri ini mampu bertahan menghadapi berbagai tantangan global untuk jangka panjang.

NEWS | 29 September 2022

Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Jakarta sampai 29 September 2022

Pergerakan kasus positif dan kematian Covid-19 di Jakarta sampai 29 September 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Tegaskan Indonesia Bisa Jawab Tantangan Global

Moeldoko menegaskan Indonesia sampai saat ini masih menghadapi tantangan global, yaitu krisis ketahanan pangan, energi, dan keuangan.

NEWS | 29 September 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 29 September 2022

Infografik penerima vaksin Covid-19 sampai 29 September 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 29 September 2022

Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia sampai 29 September 2022

Infografik kasus aktif Covid-19 sampai 29 September 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 29 September 2022

Terima Uang Damai, Polisi Arogan di Bogor Dimutasi dan Diturunkan Jabatannya

Polisi arogan berinisial EF dimutasi dan diturunkan jabatan (demosi) dari Polres Bogor karena mengancam pengendara dengan UU ITE dan menerima uang damai.

NEWS | 29 September 2022

Prevalensi Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi pada 29 September

Infografik prevalensi tertinggi Covid-19 di 10 provinsi pada 29 September 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 29 September 2022

Telusuri Jet Pribadi Brigjen Hendra, Polri Diminta Cek CCTV Bandara

Guna memastikan kebenaran penggunaan jet pribadi yang dilakukan Brigjen Hendra Kurniawan, Polri diminta untuk memeriksa rekaman CCTV Bandara.

NEWS | 29 September 2022

Data Positivity Rate Covid-19 sampai 29 September 2022

Infografik positivity rate Covid-19 sampai 29 September 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ferdy Sambo Cs Segera Disidang, Sahroni Optimistis Kejagung Profesional

Ferdy Sambo Cs Segera Disidang, Sahroni Optimistis Kejagung Profesional

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings