Logo BeritaSatu

Mahfud MD Optimistis Polri Tuntaskan Kasus Brigadir J

Selasa, 9 Agustus 2022 | 09:04 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD optimistis kasus tewasnya Brigadir Nopryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dapat dituntaskan oleh Polri. Dalam kasus itu, rencananya Polri bakal kembali mengumumkan tersangka hari ini.

"Konstruksi hukum pembunuhan Brigadir J akan tuntas di tingkat polisi (iIsyaallah). Tersangka akan diumumkan hari ini," ujar Mahfud MD lewat akun Twitter-nya @mohmahfudmd, Selasa (9/8/2022).

Diakui Mahfud MD, dirinya sudah lama memiliki kesan bahwa Polri memiliki kemampuan mumpuni dalam penyelidikan maupun penyidikan. Hal itu terbukti melalui pengusutan sejumlah kasus yang terbilang cukup rumit. Terakhir kasus Brigadir J.

"Kasus mutilasi yang mayatnya sudah terserak di berbagai kota saja bisa terbongkar. Ingat kasus Ryan?" ungkap Mahfud MD.

Sama halnya juga ketika kasus pengeroyokan terhadap mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pratama. Saat itu, Mahfud MD mengungkapkan, langsung berkoordinasi dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk mengusut tuntas kasus tersebut.

"Tidak sampai 24 jam para pengeroyok sudah ditangkap," ungkapnya.

Atas dasar itu, Mahfud MD mengungkapkan optimismenya terkait pengusutan tewasnya Brigadir J. Dia berkeyakinan sejak awal bahwa kasus tersebut dapat diungkap.

"Asal kita kawal dari ranjau geng pelaku. Sebab locus delicti-nya jelas di sebuah gedung, korban juga jelas, orang-orang yang ada di situ juga jelas. Bismillah dan alhamdulillah tuntas. Ayo, kita kawal pengadilannya," tutur Mahfud MD.

Koordinasi
LPSK atau Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban mengagendakan ke Bareskrim Polri pada Selasa (9/8/2022), untuk menemui Bhayangkara Dua Polri Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E dalam rangka koordinasi terkait dengan justice collaborator (JC).

"Di Bareskrim pukul 10.00 WIB," kata Wakil Ketua LPSK Erwin Partogi kepada wartawan saat dikonfirmasi melalui pesan tertulis di Jakarta.

Selain menemui Bharada E, LPSK juga mengagendakan bertemu dengan penyidik untuk berkoordinasi tentang JC dengan pemohon Bharada E.

Pada waktu yang sama, kata Erwin, LPSK juga mengagendakan mendatangi Putri Chandrawathi, istri mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo, di rumahnya, Jalan Saguling, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Iya (ke rumah Putri)," kata Erwin.

Sebelumnya, Bharada E melalui kuasa hukumnya resmi mengajukan surat tertulis permohonan menjadi JC guna mendapatkan perlindungan dari LPSK sebagai saksi.

Tim pengacara Bharada E, Muhammad Burhanuddin, Senin (8/8/2022), menegaskan bahwa Bharada E merupakan saksi kunci yang mau mengungkap fakta yang sebenarnya dan mengungkap pelaku tindak pidana lain yang terkait dengan dirinya dan sepengetahuannya.

Oleh karena itu, pihak Bharada E berharap LPSK dapat beri perlindungan kepada Bharada E, baik dipindahkan ke tahanan lain atau bentuk perlindungan lainnya yang akan diputuskan oleh LPSK.

"Jadi, harapannya, bisa diterima permohonan JC-nya dan dilindungi oleh LPSK," kata Burhanuddin.

Sebelumnya dikatakan oleh Ketua LPSK Hasto A Suroyo, Bharada E yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kematian Brigadir J masih bisa dilindungi oleh pihaknya selama bersedia menjadi JC atau saksi pelaku yang bekerja sama.

"Kalau ditetapkan sebagai tersangka, LPSK tidak ada kewenangan lagi memberikan perlindungan, kecuali yang bersangkutan bersedia menjadi justice collaborator," kata Hasto saat dihubungi di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Tersangka Baru
Sementara itu, Polri bakal mengumumkan tersangka baru kasus meninggalnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Mabes Polri pada Selasa (9/8/2022) sore.

"Insyaallah, sore ini," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Dikatakan Dedi Prasetyo, pengumuman tersangka ketiga akan disampaikan secara resmi oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri.

"Iya, betul (diumumkan oleh Kapolri)," kata Dedi.

Disampaikan pula oleh jenderal bintang dua itu bahwa pengumuman direncanakan di atas pukul 16.00 WIB.

"(Diumumkan) di atas pukul 16.00 WIB, coba koordinasi dengan kepala biro nanti sampaikan kepada teman-teman (media)," kata Dedi.

Dalam kasus ini, Tim Penyidik Tim Khusus Bareskrim Polri telah menetapkan dua orang tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir J di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Tersangka pertama ditetapkan pada hari Rabu (3/8/2022) adalah Bhayangkara Dua Polri Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, disangkakan dengan Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Tersangka kedua, ditahan pada hari Minggu (7/8/2022), Brigadir Ricky Rizal atau Brigadir RR, disangkakan dengan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana juncto Pasal 338 jo. Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Kasus ini yang tadinya dilaporkan sebagai peristiwa tembak-menembak menjadi peristiwa pembunuhan setelah Bharada E mengubah kesaksiannya dan mengajukan diri sebagai JC kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Dalam kasus ini, Polri juga memeriksa 25 anggota Polri karena melanggar prosedur penanganan olah tempat kejadian perkara (TKP), empat di antaranya di amankan di tempat khusus di Mako Brimob untuk pemeriksaan intensif, salah satunya Irjen Pol Ferdy Sambo, mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri.

Peristiwa tewasnya Brigadir J terjadi pada hari Jumat (8/7/2022) di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ganjar Pastikan Pelayanan Investasi di Jateng Mudah, Murah, dan Cepat

Ganjar Pranowo memastikan pelayanan investasi di Jateng mudah, murah, dan cepat sehingga bisa menarik lebih banyak investor.

NEWS | 30 November 2022

Gerindra: Indonesia Tak Butuh Tokoh Polarisasi pada 2024

Gerindra menegaskan Indonesia tidak lagi butuh tokoh yang gencar memicu polarisasi antarkelompok dalam masyarakat pada Pemilu 2024 mendatang.

NEWS | 30 November 2022

Polisi Dalami Keterkaitan Ritual dengan Kematian 1 Keluarga di Kalideres

Polisi tengah mendalami apakah ada keterkaitan ritual dengan kematian 1 keluarga di , Kalideres, Jakarta Barat.

NEWS | 30 November 2022

Ganjar Capres 2024 Dibahas dalam Pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres) 2024, turut dibahas dalam pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu.

NEWS | 30 November 2022

AHY Bertemu Pemimpin Politik dan Pemerintahan Australia

gus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu sejumlah pemimpin politik dan pemerintah Australia dalam rangkaian kunjungan di Sydney, Canberra dan Melbourne.

NEWS | 1 Desember 2022

Airlangga: Koalisi Indonesia Bersatu Masih Sangat Solid

Airlangga Hartarto menegaskan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan Golkar, PAN dan PP masih solid.

NEWS | 30 November 2022

Alasan MK Beri Jeda 5 Tahun Eks Koruptor Maju Caleg

MK telah memutuskan bahwa mantan terpidana harus menunggu jangka waktu 5 tahun baru dapat maju sebagai caleg.

NEWS | 30 November 2022

Persaingan Prabowo dengan Anies Beri Efek Positif ke Ganjar

Persaingan antara figur Prabowo Subianto dengan Anies Baswedan dapat memberi efek positif ke Ganjar Pranowo terkait Pilpres 2024.

NEWS | 30 November 2022

Malaysia Alami Kekurangan Telur, Warga Diminta Jangan Panik

Sejumlah daerah di Malaysia mengalami kekurangan telur, yang membuat pemerintah meminta warga jangan panik dan menimbun telur.

NEWS | 30 November 2022

Mendagri Ungkap Penyebab APBD Rp 278 T Mengendap di Bank

Mendagri Tito Karnavian mengimbau kepala daerah segera menggenjot realisasi belanja APBD dalam satu bulan ke depan.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ganjar Pastikan Pelayanan Investasi di Jateng Mudah, Murah, dan Cepat

Ganjar Pastikan Pelayanan Investasi di Jateng Mudah, Murah, dan Cepat

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE