Logo BeritaSatu

Sandiaga Uno Sebut Pengelolaan TNK Kewenangan KLHK

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:48 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan pengelolaan Taman Nasional Komodo (TNK) merupakan kewenangan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT).

"Kami di Kemenparekraf fungsinya di TN Komodo ini hanya melakukan koordinasi dan juga melakukan komunikasi saja. Namun TN Komodo itu di bawah langsung lingkup dari KLHK yang bekerja sama dengan Pemprov NTT," katanya menjawab pertanyaan Beritasatu.com pada Weekly Press Briefing Kemenparekraf, Senin (8/8/2022).

Selanjutnya, kata Sandiaga, kebijakan-kebijakan yang dikaji, Kemenparekraf turut dilibatkan dalam rangka diseminasi dari keputusan yang diambil untuk memastikan kawasan Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas akan memiliki daya tarik wisata, pelayanan dan juga kemampuan infrastruktur untuk menampung kunjungan wisatawan secara aman dan nyaman.

Sandiaga juga memahami bahwa kepadatan pariwisata di Taman Nasional Komodo memengaruhi kelangsungan hidup komodo dan makhluk asli lainnya di pulau-pulau di Labuan Bajo, sehingga pemerintah perlu membatasi jumlah wisatawan yang berkunjung.

"Sebanyak 1,1 juta wisatawan sekarang bisa ditampung dengan fasilitas airport yang baru. Namun karena keterbatasan untuk konservasi yang hanya kurang lebih 200.000 sampai 210.000 pengunjung per tahun ke Pulau Komodo dan Pulau Padar, maka akan ada pembatasan jumlah kunjungan," tegasnya.

Pembatasan inilah, lanjut Sandiaga, yang dipastikan harus diimplementasikan agar habitat dan kelangsungan hidup hewan komodo itu bisa tetap terjaga di pulau-pulau tersebut.

Ia menjelaskan saat ini terdapat kawasan wisata Pulau Rinca, Gua Batu Cermin, Waterfront City, beberapa daya tarik lainnya di sekitar Labuan Bajo termasuk Desa Wisata Wae Rebo.

"Inilah yang sedang kita kembangkan, sehingga nanti pola perjalanan ke depan akan mendistribusikan kunjungan wisatawan-wisatawan baik mancanegara maupun nusantara di destinasi-destinasi tersebut. Jadi itu harus juga ke Pulau Komodo dan Pulau Padar. Wisata di Labuan Bajo semakin luas dan banyak," pungkas Sandiaga.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bom di Pinggir Jalan Meledak Dekat Bus Pegawai Pemerintah, 6 Tewas

Sebuah bom di pinggir jalan meledak dekat sebuah bus pegawai pemerintah pada jam sibuk pada Selasa (6/12/2022) di Afghanistan utara, menewaskan enam orang.

NEWS | 6 Desember 2022

Respons Prabowo Diajak PKS Masuk Koalisi Perubahan

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merespons saat ditanya mengenai peluang berkoalisi dengan PKS dalam Koalisi Perubahan.

NEWS | 6 Desember 2022

Nex-BE Festival 2022 Sukses Kolaborasikan BUMN danPerusahaan Rintisan

Nex-BE Festival 2022 yang berlangsung di Bali sukses memecahkan rekor dengan memfasilitasi nilai sinergi antara perusahaan rintisan dan BUMN hingga mencapai Rp 2,4 T.

NEWS | 6 Desember 2022

BPBD Imbau Warga Jember Waspadai Gempa Susulan

BPBD Kabupaten Jember, mengimbau warga mewaspadai gempa susulan setelah terjadi gempa dengan magnitudo (M) 6,2 pada hari ini pukul 13.07 WIB. 

NEWS | 6 Desember 2022

Ferdy Sambo: Istri Saya Diperkosa Yosua

Ferdy Sambo menegaskan pembunuhan Brigadir J dipicu pelecehan seksual. Bahkan, Sambo menekankan, istrinya, Putri Candrawathi diperkosa oleh Brigadir J. 

NEWS | 6 Desember 2022

Jokowi Panggil Menteri, Bahas Inflasi hingga Bencana Alam

Jokowi menggelar Sidang Kabinet Paripurna bahas kondisi perekonomian tahun 2023,  bencana alam, ketahanan pangan dan energi, inflasi akhir tahun, dll.

NEWS | 6 Desember 2022

Sahkan Yudo Margono sebagai Panglima TNI, DPR Akan Gelar Paripurna Khusus

DPR akan menggelar rapat paripurna khusus untuk mengesahkan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI. 

NEWS | 6 Desember 2022

Ferdy Sambo Bantah Keterangan Eliezer soal Perempuan Menangis

Ferdy Sambo membantah keterangan Richard Eliezer atau Bharada E soal sosok perempuan menangis saat Sambo bertengkar dengan Putri Candrawathi. 

NEWS | 6 Desember 2022

DPR Minta Masyarakat Gugat UU KUHP ke MK jika Tak Setuju

Ketua Komisi III DPR, Bambang Wuryanto mempersilakan masyarakat menggugat UU KUHP ke MK jika tidak setuju dengan UU yang baru disahkan tersebut.

NEWS | 6 Desember 2022

KLHK: Not for Sale, Lelang Pulau Widi Sudah Dibatalkan!

Wamen LHK Alue Dohong mengatakan rencana pelelangan Kepulauan Widi di Provinsi Maluku Utara telah dibatalkan oleh pemerintah

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ke Papua, Sri Mulyani Minta Freeport Tingkatkan Produktivitas

Ke Papua, Sri Mulyani Minta Freeport Tingkatkan Produktivitas

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE