Logo BeritaSatu

Geledah Plaza Summarecon, KPK Sita Bukti Kasus Suap Perizinan Apartemen

Senin, 8 Agustus 2022 | 13:17 WIB
Oleh : Fana F Suparman / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah Plaza Summarecon di wilayah Jakarta Timur (Jaktim) terkait kasus dugaan suap pengurusan izin mendirikan bangunan apartemen Royal Kedhaton di Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kasus itu telah menjerat Vice President Real Estate PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) Oon Nushihono dan mantan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

“Tim penyidik selesai melaksanakan upaya paksa penggeledahan di wilayah Jakarta Timur, yaitu Plaza Summarecon,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, Senin (8/8/2022).

Tim penyidik menemukan alat bukti diduga terkait suap perizinan apartemen dari penggeledahan itu. Alat bukti berupa dokumen itu selanjutnya diamankan tim penyidik.

“Di lokasi tersebut selanjutnya ditemukan dan diamankan antara lain berbagai dokumen hingga alat elektronik yang diduga berkaitan dengan perkara,” kata Ali.

Ali mengatakan alat bukti itu akan segera dianalisis dan disita. Hal ini untuk melengkapi melengkapi berkas perkara kasus dugaan suap pengurusan IMB apartemen Royal Kedhaton yang digarap anak usaha Summarecon Agung, PT Java Orient Property.

KPK menetapkan petinggi PT Summarecon Agung Tbk Oon Nushino sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan IMB apartemen Royal Kedhaton di Yogyakarta. Selain Oon, KPK juga menjerat mantan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti; Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Pemkot Yogyakarta, Nurwidhihartana; dan sekretaris pribadi merangkap ajudan Haryadi Suyuti, Triyanto Budi Yuwono.

Haryadi melalui Triyanto dan Nurwidhihartana diduga menerima suap US$ 27.258 dari Oon untuk memuluskan IMB apartemen Royal Kedhaton yang digarap anak usaha Summarecon Agung, PT Java Orient Property. Pemberian suap kepada Haryadi ini diduga berdasar kesepakatan para direksi Summarecon.

KPK menetapkan Direktur Utama PT Java Orient Property, Dandan Jaya Kartika sebagai tersangka dalam pengembangan kasus ini. KPK memastikan akan terus mengembangkan kasus ini. Lembaga antikorupsi menegaskan tak segan untuk menetapkan Summarecon sebagai tersangka korporasi sepanjang ditemukan bukti permulaan yang cukup untuk menjerat perusahaan properti itu.

“Apabila kemudian memang ditemukan adanya cukup bukti keterlibatan pihak lain, siapa pun itu termasuk korporasi, maka akan kami tindak lanjuti,” kata Ali Fikri, beberapa waktu lalu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bharada E Sebut Ferdy Sambo Tertawa Saat Bercerita Salah Pakai Senjata

Bharada E alias Brigadir Richard Eliezer Pudihang Lumiu menyebut Ferdy Sambo tertawa saat bercerita salah pakai senjata.

NEWS | 30 November 2022

Polda Metro Jaya Bongkar Peredaran Sabu Bahan Likuid dari Eropa

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya membongkar peredaran narkoba jenis baru, yakni sabu dengan bahan likuid yang berasal dari Eropa.

NEWS | 30 November 2022

Partai Prima Papua Protes Gagal Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024

Prima dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam tahapan verifikasi administrasi perbaikan pascakeputusan Bawaslu.

NEWS | 1 Desember 2022

Target 20 Persen Suara Golkar Akan Tercapai jika Disokong Efek Ekor Jas

Target 20 persen suara Partai Golkar baru akan tercapai apabila disokong efek ekor jas. Hal ini disampaikan Lili Romli.

NEWS | 1 Desember 2022

Ciri-ciri Partai yang Bakal Bergabung dengan KIB, Airlangga Singgung Bola

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto membeberkan ciri-ciri partai yang bakal bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

NEWS | 1 Desember 2022

Reuni 212 Rencananya Bakal digelar di Masjid Agung At-Tin Taman Mini

Reuni 212 rencananya bakal digelar pada 2 Desember 2022 di Masjid Agung At-Tin, TMII, Jakarta Timur.

NEWS | 1 Desember 2022

Motor Anggota Paspampres Hilang Dicuri di Babelan

Motor milik anggota Paspampres dicuri oleh kawanan pencuri saat terparkir di halaman rumah, kawasan Babelan, Kabupaten Bekasi, Rabu (30/11/2022) dini hari.

NEWS | 30 November 2022

Jelang Nataru, Tingkat Vaksinasi Booster DKI Baru sekitar 50%

Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Kemenkes mengungkapkan tingkat vaksinasi booster DKI baru mencapai sekitar 50%.

NEWS | 30 November 2022

Ganjar Pastikan Pelayanan Investasi di Jateng Mudah, Murah, dan Cepat

Ganjar Pranowo memastikan pelayanan investasi di Jateng mudah, murah, dan cepat sehingga bisa menarik lebih banyak investor.

NEWS | 30 November 2022

Gerindra: Indonesia Tak Butuh Tokoh Polarisasi pada 2024

Gerindra menegaskan Indonesia tidak lagi butuh tokoh yang gencar memicu polarisasi antarkelompok dalam masyarakat pada Pemilu 2024 mendatang.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lolos ke Babak 16 Besar, Australia Ulangi Sukses Piala Dunia 2006

Lolos ke Babak 16 Besar, Australia Ulangi Sukses Piala Dunia 2006

SEMESTA BOLA 2022 | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE