Logo BeritaSatu

Kapal Kargo Angkut Bahan Makanan Berlayar dari Pelabuhan Ukraina

Senin, 8 Agustus 2022 | 11:50 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Kyiv, Beritasatu.com - Empat kapal kargo yang membawa bahan makanan mulai berlayar dari pelabuhan Laut Hitam Ukraina pada Minggu (7/8/2022) sebagai bagian dari kesepakatan untuk membuka blokir ekspor laut negara itu, kata pejabat Ukraina dan Turki.

Empat kapal curah memuat hampir 170.000 ton jagung dan makanan lainnya, kata otoritas pelabuhan laut Ukraina di Facebook.

Dimulainya kembali ekspor biji-bijian diawasi oleh Pusat Koordinasi Gabungan (JCC) di Istanbul di mana personel Rusia, Ukraina, Turki, dan PBB bekerja.

PBB dan Turki menengahi kesepakatan itu bulan lalu. PBB telah memperingatkan kemungkinan wabah kelaparan di beberapa bagian dunia karena penghentian pengiriman biji-bijian dari Ukraina yang menekan pasokan dan membuat harga melonjak.

Pada hari Sabtu, sebuah kapal berbendera asing tiba di Ukraina untuk pertama kalinya sejak perang dimulai pada Februari untuk memuat gandum, kata Menteri Infrastruktur Oleksandr Kubrakov.

"Kami secara bertahap beralih ke volume pekerjaan yang lebih besar. Kami berencana untuk memastikan kemampuan pelabuhan untuk menangani setidaknya 100 kapal per bulan dalam waktu dekat," katanya di Facebook, Minggu.

Dia mengatakan, Ukraina segera berencana untuk menggunakan pelabuhan Pivdennyi dalam pelaksanaan inisiatif ekspor gandum. Dia mengharapkan bahwa sebagai hasilnya, Ukraina akan dapat mengirimkan setidaknya 3 juta ton barang per bulan.

Sebelum invasi Rusia ke Ukraina, kedua negara bersama-sama menyumbang hampir sepertiga dari ekspor gandum global. Rusia menyebut invasinya ke Ukraina sebagai "operasi militer khusus".

JCC mengatakan pada Sabtu malam bahwa pihaknya telah mengizinkan keberangkatan lima kapal baru melalui koridor Laut Hitam: Empat kapal keluar dari Chornomorsk dan Odesa membawa 161.084 metrik ton makanan, dan satu masuk.

Kapal-kapal yang telah meninggalkan pelabuhan Ukraina termasuk Glory, dengan muatan 66.000 ton jagung menuju Istanbul, dan Riva Wind, dimuat dengan 44.000 ton jagung, menuju Iskenderun Turki, kata kementerian pertahanan Turki.

Dikatakan dua kapal lain yang telah meninggalkan Ukraina adalah Star Helena, dengan muatan 45.000 ton makanan menuju ke Tiongkok, dan Mustafa Necati, membawa 6.000 ton minyak bunga matahari dan menuju Italia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNA/Reuters

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mendikbudristek Ajak Guru Semangat Berkarya dan Berinovasi

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengajak guru untuk bersemangat dalam berkarya dan berinovasi.

NEWS | 26 November 2022

Kapolri Diminta Audit Kasus yang Dihentikan Bareskrim Polri

ISESS meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan audit investigasi terhadap sejumlah perkara yang dihentikan oleh Bareskrim Polri.

NEWS | 26 November 2022

Jokowi Minta Bantuan dari Relawan Segera Dikirim ke Cianjur

Presiden Jokowi memerintahkan para relawannya untuk segera menyalurkan bantuan yang dikumpulkan ke korban gempa Cianjur. 

NEWS | 26 November 2022

Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan ke Daerah Terisolasi di Cianjur

Helikopter terus dikerahkan untuk mengirim bantuan logistik ke daerah terdampak bencana di Cianjur yang masih terisolasi.

NEWS | 26 November 2022

Ganjar Ingatkan Suara Anak Muda Tentukan Masa Depan Indonesia

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak anak muda, terutama pemilih pemula untuk tidak apatis di Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Ganjar Pranowo: Anak Muda Jangan Golput saat Pemilu

Menurut Ganjar Pranowo, suara anak muda di pemilu sangat menentukan masa depan bangsa yang lebih baik.

NEWS | 26 November 2022

Ratusan Warga di Kota Kupang Rebutan Minyak Tanah

Kelangkaan minyak tanah sebabkan ratusan warga rebutan antrean di halaman Polsek Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (26/11/2022).

NEWS | 26 November 2022

Jokowi soal Pemimpin Berambut Putih, Pengamat Politik: Ganjar Pranowo

Jokowi mengatakan, ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat adalah rambutnya putih. Pengamat politik menilai, ciri-ciri itu adalah Ganjar Pranowo.

NEWS | 26 November 2022

Kasus Gagal Ginjal Akut, Polri Terbitkan DPO Bos CV Samudra Chemical

Polri terus mencari keberadaan bos CV Samudra Chemical yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus gangguan ginjal akut. Sang bos masuk DPO.

NEWS | 26 November 2022

Ganjar Pranowo Bicara Karakter Pemimpin yang Dibutuhkan Indonesia

Ganjar Pranowo menilai untuk menjadi pemimpin di Indonesia, karakter paling penting adalah bisa mengayomi dan selalu mendengarkan aspirasi rakyat.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mayat Diduga Korban Pembunuhan Ditemukan di Pinggir Jalur Pantura Semarang

Mayat Diduga Korban Pembunuhan Ditemukan di Pinggir Jalur Pantura Semarang

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE