Logo BeritaSatu

Tiongkok Bakal Gelar Latihan Militer Reguler di Dekat Taiwan

Senin, 8 Agustus 2022 | 10:14 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Beijing, Beritasatu.com - Tiongkok mulai sekarang akan melakukan latihan militer “reguler” di sisi timur garis tengah Selat Taiwan, televisi pemerintah Tiongkok melaporkan pada hari Minggu (7/8/2022), mengutip seorang komentator.

Garis tengah di selat sempit antara pulau Taiwan dan daratan Tiongkok adalah garis kendali tidak resmi yang biasanya tidak dilintasi oleh pesawat militer dan kapal perang dari kedua sisi.

Garis tengah tidak pernah diakui secara hukum, dan merupakan garis “imajiner” yang dibuat oleh militer AS untuk keperluan tempur mereka di abad sebelumnya, menurut komentator televisi pemerintah.

Sebelumnya, latihan militer terbesar Tiongkok di sekitar Taiwan berakhir pada hari Minggu setelah kunjungan kontroversial pekan lalu ke pulau yang diperintah sendiri oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi.

Tiongkok telah marah pada perjalanan Pelosi, profil kedua dalam garis suksesi kepresidenan AS, yang membuat Beijing menghentikan serangkaian pembicaraan dan perjanjian kerja sama dengan Washington, terutama tentang perubahan iklim dan pertahanan.

Beijing juga telah mengerahkan jet tempur, kapal perang, dan rudal balistik di sekitar Taiwan dalam apa yang oleh para analis digambarkan sebagai praktik untuk blokade dan invasi akhir ke pulau itu.

Latihan-latihan itu akan berakhir pada hari Minggu, meskipun Beijing telah mengumumkan latihan baru di Laut Kuning, yang terletak di antara Tiongkok dan semenanjung Korea, yang akan berlangsung hingga 15 Agustus.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Arab News

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Terkait Pengelolaan Kebun Raya Bogor, Bima Arya Ancam PT MRN

Wali Kota Bogor Bima Arya mengancam akan mengevaluasi keberadaan pihak swasta PT MNR dalam mengelola cagar budaya Kebun Raya Bogor.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dipanggil Hari Ini, Rizky Billar Diminta Kooperatif

Rizky Billar dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan terkait kasus KDRT yang dilaporkan oleh sang istri, Lesti Kejora, hari ini.

NEWS | 6 Oktober 2022

Relawan Emak Muda Deklarasi Dukungan untuk Prabowo

Ibu-ibu muda yang tergabung dalam Relawan Emak Muda (Emud) mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

NEWS | 6 Oktober 2022

Putin Perintahkan Badan Nuklir Rusia Ambil Alih PLTN Zaporizhzhia

Presiden Vladimir Putin memerintahkan badan nuklir Rusia untuk mengambil alih pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia Ukraina, yang terbesar di Eropa.

NEWS | 6 Oktober 2022

KSP Dorong Percepatan Pengadaan Lahan Jalan Pantai Selatan

KSP mendorong percepatan pengadaan lahan untuk pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) sebagai salah satu program strategis nasional

NEWS | 6 Oktober 2022

Laporkan Mamat Alkatiri, Hillary Lasut: Kenapa Harus Heboh?

Anggota DPR Hillary Brigitta Lasut melaorkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya, terkait dugaan pencemaran nama baik.

NEWS | 6 Oktober 2022

Anak dan Istri Lukas Enembe Mangkir dari Panggilan KPK

Anak dan istri Gubernur Papua Lukas Enembe mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 6 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, Menkes Siapkan PeduliLindungi dalam 13 Bahasa

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyiapkan aplikasi PeduliLindungi dalam 13 bahasa menjelang KTT G-20 di Bali, November mendatang.

NEWS | 6 Oktober 2022

Ungkap Kasus Suap Garuda Indonesia, KPK Bakal Panggil Banyak Pihak

Untuk ungkap kasus suap Garuda Indonesia, KPK bakal memanggil banyak pihak untuk dimintai keterangan demi mengusut kasus ini. 

NEWS | 6 Oktober 2022

Kota Sydney Hadapi Tahun Terbasah, Australia Timur Antisipasi Banjir Besar

Kota Sydney bakal menghadapi tahun terbasah dalam 164 tahun saat pihak berwenang bersiap menghadapi banjir besar di timur Australia

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Standarisasi Operasi MEPS Pelindo Group 124% dari Target

Standarisasi Operasi MEPS Pelindo Group 124% dari Target

EKONOMI | 54 detik yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings