Logo BeritaSatu

Bawa Biji Pangan, Empat Kapal Kargo Berlayar dari Ukraina

Minggu, 7 Agustus 2022 | 22:00 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kyiv, Beritasatu.com- Empat kapal kargo yang memuat biji pangan telah berangkat dari pelabuhan Laut Hitam Ukraina dan menuju ke Istanbul untuk diperiksa. Seperti dilaporkan RT, Minggu (7/8/2022), pengumuman itu disampaikan Kementerian Pertahanan Turki.

Menurut akun Twitter kementerian, kapal Riva Wind membawa 44.000 ton jagung ke kota Iskenderun, Turki. Mustafa Necati menuju Italia dengan 6.000 ton minyak bunga matahari, Star Helena mengangkut 45.000 ton biji bunga matahari ke Tiongkok, dan Glory akan mengirimkan 66.000 ton jagung ke Istanbul.

“Kapal-kapal itu akan berlabuh di utara Istanbul dan akan diperiksa oleh Pusat Koordinasi Gabungan,” kata kementerian itu.

Pusat itu didirikan berdasarkan kesepakatan yang dinegosiasikan oleh Ukraina dan Rusia dan dimediasi oleh Turki dan PBB bulan lalu. Kesepakatan ini termasuk perwakilan dari Rusia, Ukraina, Turki, dan PBB. Salah satu kapal berangkat dari Odessa, dan tiga dari Chernomorsk.

Menteri Infrastruktur Ukraina, Aleksandr Kubrakov membenarkan keberangkatan kapal, mengatakan jumlah kapal yang meninggalkan pelabuhan Laut Hitam akan meningkat secara bertahap.

“Kami berencana untuk memastikan kemampuan pelabuhan untuk menangani setidaknya 100 kapal per bulan dalam waktu dekat,” tambahnya.

Berita itu muncul satu hari setelah kapal berbendera Panama, Navistar, yang membawa sekitar 33.000 ton jagung Ukraina ke Irlandia, berlabuh di Istanbul. Itu adalah kapal pertama yang meninggalkan pelabuhan Ukraina setelah penandatanganan kesepakatan gandum baru-baru ini. Dua kapal lagi meninggalkan Ukraina pada hari Jumat.

Ekspor biji-bijian Ukraina ditangguhkan setelah invasi Rusia di Ukraina pada Februari, yang menyebabkan meningkatnya kekhawatiran atas pasokan makanan global.

Kyiv menuduh pasukan Rusia melarang kapal sipil meninggalkan pelabuhan, sementara Moskwa menuduh Ukraina menambang perairan di dekat pelabuhannya, yang mencegah lalu lintas maritim.

Pada akhir Juli, Moskwa dan Kyiv menyetujui kesepakatan di Istanbul yang memungkinkan dimulainya kembali ekspor dari pelabuhan Ukraina. Perjanjian tersebut juga mencakup pengiriman biji-bijian Rusia, serta pupuk dan bahan baku untuk memproduksinya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Aniaya Remaja, 5 Anggota Geng Motor di Bogor Ditangkap

Satreskrim Polres Bogor mengamankan 5 anggota geng motor di wilayah Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor.

NEWS | 6 Oktober 2022

Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mempercepat proyek infrastruktur dengan menggunakan Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Kredit Modal Kerja (KMK)

NEWS | 6 Oktober 2022

Terkait Pengelolaan Kebun Raya Bogor, Bima Arya Ancam PT MRN

Wali Kota Bogor Bima Arya mengancam akan mengevaluasi keberadaan pihak swasta PT MNR dalam mengelola cagar budaya Kebun Raya Bogor.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dipanggil Hari Ini, Rizky Billar Diminta Kooperatif

Rizky Billar dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan terkait kasus KDRT yang dilaporkan oleh sang istri, Lesti Kejora, hari ini.

NEWS | 6 Oktober 2022

Relawan Emak Muda Deklarasi Dukungan untuk Prabowo

Ibu-ibu muda yang tergabung dalam Relawan Emak Muda (Emud) mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

NEWS | 6 Oktober 2022

Putin Perintahkan Badan Nuklir Rusia Ambil Alih PLTN Zaporizhzhia

Presiden Vladimir Putin memerintahkan badan nuklir Rusia untuk mengambil alih pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia Ukraina, yang terbesar di Eropa.

NEWS | 6 Oktober 2022

KSP Dorong Percepatan Pengadaan Lahan Jalan Pantai Selatan

KSP mendorong percepatan pengadaan lahan untuk pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) sebagai salah satu program strategis nasional

NEWS | 6 Oktober 2022

Laporkan Mamat Alkatiri, Hillary Lasut: Kenapa Harus Heboh?

Anggota DPR Hillary Brigitta Lasut melaorkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya, terkait dugaan pencemaran nama baik.

NEWS | 6 Oktober 2022

Anak dan Istri Lukas Enembe Mangkir dari Panggilan KPK

Anak dan istri Gubernur Papua Lukas Enembe mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 6 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, Menkes Siapkan PeduliLindungi dalam 13 Bahasa

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyiapkan aplikasi PeduliLindungi dalam 13 bahasa menjelang KTT G-20 di Bali, November mendatang.

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Aniaya Remaja, 5 Anggota Geng Motor di Bogor Ditangkap

Aniaya Remaja, 5 Anggota Geng Motor di Bogor Ditangkap

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings