Logo BeritaSatu

Ridwan Kamil Ungkap 3 Syarat Capai Indonesia Emas 2045

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 16:33 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan tiga syarat yang harus dipenuhi Indonesia untuk mencapai Indonesia Emas pada 2045. Pertama, kata Ridwan Kamil, masyarakat Indonesia harus bersatu dan tidak boleh bertengkar hanya karena perbedaan sikap, pilihan politik atau perbedaan lainnya.

"Satu jangan bertengkar urusan sepak bola, pilpres, urusan beda baju, dan sebagainya. Ini negara kebanyakan bertengkar di dalam dapur, urusannya sendiri sehingga tidak punya waktu untuk mengejar negara-negara yang sudah maju," ujar Ridwan Kamil di acara HUT ke-10 Forum Pemred, di Hotel Raffles Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Kedua, kata Ridwan Kamil, Indonesia harus memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, berkarakter dan berkompetitif. Untuk itu, katanya, perlu ada upaya-upaya masif untuk mencegah stunting yang bisa menjadi masalah bagi lahirnya SDM yang berkualitas.

"Kita masih banyak stunting, 25 persen anak-anak kita masih stunting. Jika tidak diatasi, stunting pada tahun 20245 akan melahirkan generasi yang jadi beban negara," tegasnya.

Ketiga, lanjut Ridwan Kamil, Indonesia perlu fokus pada ekonomi masa depan. Menurutnya, langkah-langkah untuk meningkatkan ekonomi Indonesia perlu diperkuat, seperti hilirisasi industri yang dilakukan pemerintah saat ini untuk mengurangi ekspor bahan mentah.

"Jangan lagi ekspor-ekspor bahan-bahan mentah, 4 tahun lalu cuma Rp 15 triliun, gara-gara Pak Jokowi hilirisasi sekarang Rp 280 triliun, itu keren," jelas dia.

Selain itu, kata Ridwan Kamil, Indonesia perlu terus mengembangkan ekonomi digital. Menurut dia, ekonomi digital merupakan ekonomi masa depan dan menjanjikan mengingatkan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat.

"Lalu ekonomi hijau semua sekarang seperti di Skandinavia dikasih subsidi beli mobil listrik, mereka 2035 sudah tidak ada mobil bensin BBM lagi, kita harus mulai. Kenapa? Karena Allah sudah berikan berkah panas, air, angin, mulai dari 450.000 megawatt dari EBT dan 300 juta penduduk, Indonesia hanya sanggup menghabiskan setengahnya, sisanya kalau kita bisa ekspor suatu hari negeri paling luar biasa Indonesia," kata Ridwan Kamil.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
FIFA Selidiki Insiden Bendera Kosovo di Ruang Ganti Timnas Serbia

FIFA Selidiki Insiden Bendera Kosovo di Ruang Ganti Timnas Serbia

SEMESTA BOLA 2022 | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE