Logo BeritaSatu

IDI: Vaksin Cacar Masih Efektif Atasi Penyakit Cacar Monyet

Jumat, 5 Agustus 2022 | 21:41 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Secara teori, vaksin cacar masih efektif untuk mengatasi penyakit cacar monyet atau monkeypox. Hal itu diutarakan oleh Ketua Satgas Monkeypox Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Hanny Nilasari.

Sebagaimana diketahui, populasi yang lahir sebelum tahun 1980 ke bawah pernah mendapatkan vaksinasi cacar. Pasalnya, Indonesia sudah bebas cacar pada tahun 1980.

“Jadi sebelum itu, kita masih mendapatkan vaksinasi cacar, populasi yang lahir sekitar tahun 1980-an ke bawah itu masih mendapatkan vaksinasi cacar. Nah menurut teori, infeksi monkeypox bisa ter-cover dengan vaksinasi cacar,” ucapnya pada acara konferensi pers daring terkait “ Monkeypox atau Cacar Monyet” pada Jumat, (5/8/2022).

Ia menuturkan, vaksinasi cacar dianggap masih efektif untuk melindungi diri dari infeksi cacar monyet.

Sementara ketika ditanya seberapa besar pengaruh vaksin cacar untuk mengatasi cacar monyet, Hanny menjelaskan berdasarkan literatur masih ada efek untuk melindungi dari cacar monyet. Namun, tidak disebutkan persentasenya.

Untuk itu, Hanny menuturkan untuk pencegahan cacar monyet ini, perlu kesadaran semua pihak untuk menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih (PHBS) dan protokol 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

“Jadi tetap menjaga jarak, menggunakan APD (alat pelindung diri) pada saat bertemu dengan orang-orang yang terduga untuk tenaga kesehatan. Sementara, untuk masyarakat harus mencuci tangan dan selalu menjaga jarak hingga asupan makan harus dijaga,” ujarnya.

Kemudian, Hanny menyarankan agar masyarakat membiasakan konsumsi daging yang benar-benar matang. Hal ini untuk mengantisipasi penularan cacar monyet dari hewan ke manusia. Selain itu, menghindari kontak langsung dengan hewan penular yang diduga terinfeksi cacar monyet.

Hanny juga mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan kepada petugas kesehatan, jika menderita gejala cacar monyet di area-area tertutup.

“Jadi harus berterus terang dan berbicara jujur kepada dokter pemeriksa supaya dokter bisa melakukan pemeriksaan dan identifikasi, sehingga temuan kasus secara dini bisa terlaksana,” ucapnya.

Hingga saat ini belum ada kasus konfirmasi pasien yang terinfeksi cacar monyet atau monkeypox di Indonesia. “Sampai hari ini ternyata belum ada kasus yang terkonfirmasi di Indonesia. Alhamdulilah sekali,” kata Hanny.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ferdy Sambo Bilang ke Bharada E soal Brigadir J Harus Mati

Bharada E mengungkapkan momen Ferdy Sambo menyatakan kepadanya Brigadir J harus mati karena telah melecehkan Putri Candrawathi. 

NEWS | 30 November 2022

Ada Sosok Perempuan Menangis di Momen Sambo dan Putri Bertengkar

Ada sosok perempuan misterius yang menangis ketika Ferdy Sambo dan Putri bertengkar. Bharada E mengaku tidak mengenali perempuan misterius itu.

NEWS | 30 November 2022

Pemilu 2024, Mardani PKS Usul Hak Pilih ASN Dihapus

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera mengusulkan hak pilih ASN di Pemilu 2024 dihapus baik untuk pilpres, maupun pilkada. 

NEWS | 30 November 2022

Penunjukan Yudo Margono Jadi Panglima TNI Dinilai Sudah Tepat

Ketua Umum DPP Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas mengatakan penunjukan Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sudah tepat. 

NEWS | 30 November 2022

Polisi Luruskan soal Mantra di Rumah Keluarga Tewas di Kalideres

Polda Metro Jaya meluruskan soal mantra yang ditemukan di rumah satu keluarga tewas di Kalideres. Mantra tersebut bukan ditulis di buku, melainkan di kain.

NEWS | 30 November 2022

Takut Mobilnya Disenggol Motor, Ferdy Sambo Marahi Bharada E

Bharada E pernah dimarahi Ferdy Sambo selama menjadi sopir mantan Kadiv Propam Polri itu. Ferdy Sambo memarahi Bharada E karena takut mobilnya disenggol motor.

NEWS | 30 November 2022

Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono ditunjuk Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI. Begini profil Yudo Margono yang merupakan anak petani. 

NEWS | 30 November 2022

Paus Doakan Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Hatur Nuhun

Paus Fransiskus mendoakan korban gempa Cianjur. Atas doa Paus Fransiskus, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan hatur nuhun.

NEWS | 30 November 2022

Serangan Gelombang Dingin di Xinjiang Tewaskan Tujuh Jiwa

Gelombang dingin di Daerah Otonomi Xinjiang telah menewaskan tujuh orang, menurut situs berita Tiongkok yang mengutip otoritas setempat, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

Bharada E Beberkan Ferdy Sambo dan Putri Pisah Rumah

Di persidangan perkara dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, Bharada E membeberkan soal Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi pisah rumah. 

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jelang Natal, Pemerintah Gelontorkan Beras Stabilkan Harga

Jelang Natal, Pemerintah Gelontorkan Beras Stabilkan Harga

EKONOMI | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE