Logo BeritaSatu

Pascakematian Zawahiri, AS Keluarkan Peringatan Keamanan

Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Amerika Serikat (AS) telah mengeluarkan peringatan keamanan setelah Washington membunuh pemimpin Al Qaeda, Ayman al Zawahiri. Departemen Luar Negeri (Deplu) AS mendesak warga AS di seluruh dunia untuk berhati-hati

Seperti dilaporkan RT, Rabu (3/8/2022), Deplu AS memperingatkan warga negara Amerika di luar negeri berpotensi menghadapi peningkatan kekerasan. Potensi itu muncul setelah serangan pesawat nirawak AS di Afghanistan menewaskan pemimpin al Qaeda Ayman al-Zawahiri, pada hari Selasa.

Dalam komunike Perhatian Sedunia, Departemen Luar Negeri AS menyatakan informasi saat ini menunjukkan bahwa organisasi teroris terus merencanakan serangan teroris terhadap kepentingan AS di berbagai wilayah di seluruh dunia.

Deplu AS menambahkan bahwa serangan tersebut dapat dilakukan melalui operasi bunuh diri, pembunuhan, penculikan, pembajakan, dan pengeboman.

Peringatan itu menyarankan orang Amerika di luar negeri untuk memeriksa situs web Departemen Luar Negeri AS untuk nasihat perjalanan, menonton berita lokal untuk mengikuti perkembangan terkini, dan tetap berhubungan dengan kedutaan dan konsulat AS di negara-negara yang mereka kunjungi.

Orang Amerika juga telah diperingatkan bahwa fasilitas AS di luar negeri dapat "menutup sementara atau secara berkala menangguhkan layanan publik" sedangkan ancaman dan situasi keamanan sedang dievaluasi dan ditangani.

“Karena serangan teroris sering terjadi tanpa peringatan, warga AS sangat dianjurkan untuk menjaga tingkat kewaspadaan yang tinggi dan mempraktikkan kesadaran situasional yang baik saat bepergian ke luar negeri,” peringatan itu menyimpulkan.

Peringatan itu muncul setelah CIA melakukan serangan pesawat nirawak di Afghanistan selama akhir pekan yang menewaskan pemimpin al Qaeda dan penerus Osama Bin Laden Ayman al-Zawahiri.

Zawahiri berada di 22 teratas teroris paling dicari FBI sejak Oktober 2001. Warga Mesir berusia 71 tahun itu diyakini sebagai salah satu dalang di balik serangan teroris 9/11 di AS.

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan telah mengklaim bahwa pembunuhan Zawahiri telah membuat AS lebih aman. Namun, Departemen Luar Negeri telah memperingatkan bahwa kematiannya memicu "potensi yang lebih tinggi untuk kekerasan anti-Amerika" seperti yang mungkin dilakukan oleh al Qaeda dan organisasi teroris lainnya dipaksa untuk merespons pembunuhan itu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

BNPB) mengimbau agar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) perlu diperkuat untuk menghadapi potensi gempa.

NEWS | 6 Desember 2022

Erupsi Semeru, PLN Salurkan Bantuan Logistik dan Layanan Kesehatan

PLN menyalurkan bantuan logistik dan layanan kesehatan kepada warga yang terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

NEWS | 6 Desember 2022

Bangun Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur, PUPR Galang Dana CSR

Kementerian PUPR menggalang dana corporate social responsibility (CSR) untuk membangun rumah relokasi tahan gempa bagi warga korban Gempa Cianjur.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkes Ingatkan Orang Tua Pentingnya Imunisasi Polio

Menkes mengingatkan kepada orang tua mengenai pentingnya imunisasi polio guna mencegah terjadinya lumpuh kayu terhadap anak.

NEWS | 6 Desember 2022

Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

Ruko bekas Holywings Tanjung Duren, Jakbar, kebakaran. Eks Holywings itu kini berganti nama menjadi Helens.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menpora: Liga 1 Penting untuk Persiapan Piala Dunia U-20

Menpora: Liga 1 Penting untuk Persiapan Piala Dunia U-20

BOLA | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE