Logo BeritaSatu

Pascakematian Zawahiri, AS Keluarkan Peringatan Keamanan

Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Amerika Serikat (AS) telah mengeluarkan peringatan keamanan setelah Washington membunuh pemimpin Al Qaeda, Ayman al Zawahiri. Departemen Luar Negeri (Deplu) AS mendesak warga AS di seluruh dunia untuk berhati-hati

Seperti dilaporkan RT, Rabu (3/8/2022), Deplu AS memperingatkan warga negara Amerika di luar negeri berpotensi menghadapi peningkatan kekerasan. Potensi itu muncul setelah serangan pesawat nirawak AS di Afghanistan menewaskan pemimpin al Qaeda Ayman al-Zawahiri, pada hari Selasa.

Dalam komunike Perhatian Sedunia, Departemen Luar Negeri AS menyatakan informasi saat ini menunjukkan bahwa organisasi teroris terus merencanakan serangan teroris terhadap kepentingan AS di berbagai wilayah di seluruh dunia.

Deplu AS menambahkan bahwa serangan tersebut dapat dilakukan melalui operasi bunuh diri, pembunuhan, penculikan, pembajakan, dan pengeboman.

Peringatan itu menyarankan orang Amerika di luar negeri untuk memeriksa situs web Departemen Luar Negeri AS untuk nasihat perjalanan, menonton berita lokal untuk mengikuti perkembangan terkini, dan tetap berhubungan dengan kedutaan dan konsulat AS di negara-negara yang mereka kunjungi.

Orang Amerika juga telah diperingatkan bahwa fasilitas AS di luar negeri dapat "menutup sementara atau secara berkala menangguhkan layanan publik" sedangkan ancaman dan situasi keamanan sedang dievaluasi dan ditangani.

“Karena serangan teroris sering terjadi tanpa peringatan, warga AS sangat dianjurkan untuk menjaga tingkat kewaspadaan yang tinggi dan mempraktikkan kesadaran situasional yang baik saat bepergian ke luar negeri,” peringatan itu menyimpulkan.

Peringatan itu muncul setelah CIA melakukan serangan pesawat nirawak di Afghanistan selama akhir pekan yang menewaskan pemimpin al Qaeda dan penerus Osama Bin Laden Ayman al-Zawahiri.

Zawahiri berada di 22 teratas teroris paling dicari FBI sejak Oktober 2001. Warga Mesir berusia 71 tahun itu diyakini sebagai salah satu dalang di balik serangan teroris 9/11 di AS.

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan telah mengklaim bahwa pembunuhan Zawahiri telah membuat AS lebih aman. Namun, Departemen Luar Negeri telah memperingatkan bahwa kematiannya memicu "potensi yang lebih tinggi untuk kekerasan anti-Amerika" seperti yang mungkin dilakukan oleh al Qaeda dan organisasi teroris lainnya dipaksa untuk merespons pembunuhan itu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sura dan Suru Jadi Maskot Pemilu 2024

Maskot pemilu 2024 bernama "Sura" dan "Suru" merupakan karya Stephanie, mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pradita Tangerang, Banten.

NEWS | 3 Desember 2022

Banjir di Jateng, Ganjar Pranowo Siapkan Anggaran Darurat Rp 15 M

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran darurat Rp 15 miliar untuk penanganan banjir yang melanda sejumlah wilayah.

NEWS | 3 Desember 2022

Ganjar Serahkan Keputusan Pencapresan ke Ketua Umum Partai

Ganjar Pranowo menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai pencapresan untuk Pilpres 2024 kepada para ketua umum partai.

NEWS | 3 Desember 2022

Rumah Contoh Tahan Gempa Dibangun di Cianjur

Rumah contoh tahan gempa dibangun di Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Kampung Nagrak, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur Kota.

NEWS | 2 Desember 2022

Gempa Cianjur: BMKG Ungkap 4 Penyebab Kerusakan Bangunan

BMKG memaparkan empat faktor utama penyebab kerusakan bangunan akibat guncangan gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 2 Desember 2022

Wapres Harap Yudo Margono Teruskan Kebijakan Keamanan Papua

Wapres berharap Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, dapat melanjutkan kebijakan keamanan di Papua.

NEWS | 2 Desember 2022

Kematian Covid-19 Jadi Proporsional, Pakar: Percepat Booster

Dicky Budiman menyatakan bahwa pemerintah harus segera mempercepat vaksinasi Covid-19 booster pertama dan kedua karena kasus kematian jadi proporsional.

NEWS | 2 Desember 2022

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan sebagai sosok humoris.

NEWS | 2 Desember 2022

Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Almarhum Ferry Mursyidan Baldan

Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Ferry Mursyidan Baldan di daerah Slipi, Jakarta Barat, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Yudo Margono Bakal Perhatikan Kesejahteraan Prajurit

Peningkatan kesejahteraan prajurit TNI menjadi salah satu hal yang diperhatikan Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
FIFA Tegaskan Tidak Ada yang Salah dengan Gol Kontroversial Jepang

FIFA Tegaskan Tidak Ada yang Salah dengan Gol Kontroversial Jepang

SEMESTA BOLA 2022 | 51 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE