Logo BeritaSatu

Singapura Tidak Beri Hak Istimewa pada Mantan Presiden Sri Lanka

Selasa, 2 Agustus 2022 | 13:01 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Singapura, Beritasatu.com- Singapura menyatakan tidak memberi hak istimewa pada mantan presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa. Seperti dilaporkan CNA, Senin (1/8/2022), Rajapaksa terbang ke Singapura dari Maladewa setelah melarikan diri dari Sri Lanka di tengah protes atas krisis ekonomi.

“Mantan presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa tidak diberikan hak istimewa, kekebalan atau keramahan apa pun oleh Pemerintah Singapura,” kata Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan.

Dalam jawaban tertulis atas pertanyaan parlemen dari anggota parlemen Gerald Giam tentang kedatangan Rajapaksa di Singapura, Balakrishnan menjawab secara jelas.

“Secara umum, Pemerintah Singapura tidak memberikan hak istimewa, kekebalan dan keramahan kepada mantan kepala negara atau kepala negara. Akibatnya, mantan presiden Gotabaya Rajapaksa tidak diberikan hak istimewa, kekebalan, atau keramahan apa pun,” tambahnya.

Rajapaksa tiba di Singapura dalam “kunjungan pribadi” pada 14 Juli, kata Kementerian Luar Negeri (MFA) sebelumnya. CNA memahami bahwa dia telah memperoleh perpanjangan 14 hari dari izin kunjungan jangka pendeknya, yang berarti dia dapat tinggal di Singapura hingga 11 Agustus.

Gotabaya Rajapaksa digulingkan dari jabatannya karena krisis ekonomi negaranya dan melarikan diri ke Maladewa sebelum datang ke Singapura.

Seorang juru bicara Kabinet Sri Lanka mengatakan pekan lalu bahwa mantan presiden tidak bersembunyi dan akan diperlakukan sesuai dengan statusnya sebagai mantan presiden sekembalinya ke Sri Lanka.

Gotabaya Rajapaksa mengundurkan diri sebagai presiden tak lama setelah tiba di Singapura, dan mantan perdana menteri Ranil Wickremesinghe dilantik sebagai presiden sekitar seminggu kemudian.

Dalam pertanyaan parlemen terpisah pada Senin (1/8), anggota parlemen Yip Hon Weng bertanya kepada Menteri Dalam Negeri K Shanmugam tentang tanggapan Pemerintah terhadap kekhawatiran bahwa Singapura akan menjadi “tujuan buronan politik”.

“Orang asing yang memiliki dokumen perjalanan yang sah dan memenuhi persyaratan masuk akan diizinkan masuk ke Singapura. Kami juga tentu saja berhak untuk menolak masuknya orang asing jika kami menilai itu demi kepentingan nasional kami,” kata Shanmugam dalam jawaban tertulis.

“Jika orang asing yang datang ke Singapura diinginkan oleh pemerintahnya, dan pemerintahnya telah mengajukan permintaan, Pemerintah akan memberikan bantuan sesuai dengan hukum kami,” tambahnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo karena Kelalaian Anggota Polisi

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo bukan aksi teror melainkan karena kelalaian anggota polisi yang menjadi korban ledakan.

NEWS | 25 September 2022

Ledakan di Asrama Polisi Diduga Berasal dari Bahan Petasan

Ledakan yang terjadi di Asrama Polisi Grogol Indah Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2022) diduga berasal dari bahan petasan.

NEWS | 25 September 2022

Mabes Polri Benarkan Ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo

Mabes Polri membenarkan telah terjadi ledakan di Asrama Polisi Grogol Indah Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2022).

NEWS | 25 September 2022

Kapolda: Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo Bukan Aksi Teror

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo ternyata karena kelalaian petugas dan bukan aksi teror yang sengaja ditujukan bagi aparat kepolisian.

NEWS | 25 September 2022

Indonesia Rintis Kerja Sama Lalu Lintas Data dengan Portugal

Indonesia tengah berupaya menjalin kerja sama konektivitas data internasional dengan menggunakan infrastruktur milik Portugal.

NEWS | 25 September 2022

Jelang Akhir Tahun, TECH Masuk Paket Saham ETF State Street

Menjelang akhir tahun 2022 saham PT IndoSterling Technomedia (TECH) berhasil masuk dalam Exchange Trade Fund (ETF).

NEWS | 25 September 2022

Kebakaran di Hutan Gunung Ciremai Berhasil Dipadamkan

Petugas gabungan beserta masyarakat setempat memadamkan kebakaran di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai.

NEWS | 25 September 2022

Pemerintah Pusat Lakukan Pengawasan Sangat Ketat Dana Otsus Papua

Pemerintah pusat akan melakukan pengawasan sangat ketat terkait dana otonomi khusus (otsus) Papua.

NEWS | 25 September 2022

Mahfud Tegaskan KPK Punya Mekanisme soal Pemeriksaan Lukas Enembe

Mahfud MD menegaskan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki mekanisme terkait pemeriksaan terhadap Gubernur Papua, Lukas Enembe.

NEWS | 25 September 2022

Target Rumah DP Rp 0 Turun Drastis, Riza: Disesuaikan Masa Penjabat Gubernur

Pemprov DKI menurunkan jumlah target pembangunan rumah DP Rp 0. Hal itu karena menyesuaikan dengan masa jabatan penjabat (pj) gubernur DKI Jakarta.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Positif Kumulatif & Suspek Covid-19, 25 September 2022

Kasus Positif Kumulatif & Suspek Covid-19, 25 September 2022

NEWS | 3 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings