Logo BeritaSatu

Kemenhub dan Polda Bali Bahas Persiapan Bus Listrik KTT G-20

Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:21 WIB
Oleh : JNS

Denpasar, Beritasatu.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) bersama Polda Bali membahas persiapan kendaraan bus listrik jelang KTT G-20 di Bali.

Sebagaimana diketahui, KTT G-20 akan digelar pada 15-16 November 2022 di Bali. Agar penyelenggaraan KTT berjalan lancar, Dirjen Hubdat Hendro Sugiatno menggelar rapat koordinasi dengan Polda Bali di Denpasar, Jumat (29/7/2022). Kendaraan listrik yang akan dipakai melayani delegasi KTT G-20 menjadi salah satu topik pembahasan.

"Kami menyiapkan 30 bus listrik yang akan melayani 4 koridor untuk pelayanan bus listrik mulai dari bandara sampai ke Nusa Dua, dan ada beberapa lagi untuk mendukung pelaksanaan G-20,” jelas Hendro.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Angkutan Jalan Suharto menguraikan bahwa terkait ketersediaan angkutan bus yang akan digunakan dalam G-20 telah disediakan skenario khusus.

“Kemarin kami sudah skenariokan 30 armada bus listrik yang nantinya akan menjadi sarana mobilisasi. Memang ada sedikit kendala waktu tempuh, nanti kami akan diskusi teknisnya. Kami juga mohon masukan terhadap 4 koridor yang kami siapkan. Headwaynya sekitar 5-10 menit," ungkap Suharto.

"Sementara charging station di SPKLU sudah disediakan di beberapa lokasi. 1 armada bus listrik memakan waktu kurang lebih 4 jam untuk pengisian daya,” imbuhnya.

Rekayasa lalu lintas juga menjadi pembahasan dalam rapat koordinasi antara Ditjen Hubdat dengan Polda Bali terkait KTT G-20.

“Kita mau melihat bagaimana konsep kita dalam melaksanakan pengamanan dan rekayasa lalu lintas. Saya ingin mensinkronkan upaya kita menjalankan G-20 berkaitan dengan masalah transportasi dan rekayasa lalu lintas. Pada dasarnya kami sudah siap tinggal mengoordinasikan dan kami juga butuh koordinasi terkait pelaksanaan TFG (tactical floor game)," jelas Hendro.

Kapolda Bali, Irjen. Pol. Putu Jayan Danu Putra, menyatakan bahwa pihaknya juga akan menggelar operasi Puri Agung 2022 dan mengerahkan kurang lebih 6.744 personil.

“Tentunya ini di-back up juga oleh Mabes Polri. Obyek yang akan kita amankan keseluruhan ada 7 obyek pengamanan mulai dari bandara sepanjang rute yang akan kita lakukan pengamanan, kawasan Sawangan, kawasan GWK, Tahura Mangrove, dan Pulau Kura-kura. Ada 8 persimpangan di wilayah Bali yang perlu adanya rekayasa di sinilah kami membutuhkan bantuan dari Ditjen Hubdat bersama petugas lalu lintas kami menggelar personilnya di simpang tersebut,” ujar Kapolda Bali.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Lalu Lintas Jalan Cucu Mulyana menyatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi lebih lanjut karena berdasarkan survei, terdeteksi ada 10 simpang.

"Karena anggota delegasi ada yang menginap di hotel di daerah Sanur sehingga simpang tersebut akan kita tambah 2 simpang yang akan dilakukan rekayasa lalu lintas. Terkait ganjil genap akan dilakukan di 9 ruas jalan dan pembatasan angkutan jalan di 4 atau 5 ruas jalan,” ucap Cucu.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Aniaya Remaja, 5 Anggota Geng Motor di Bogor Ditangkap

Satreskrim Polres Bogor mengamankan 5 anggota geng motor di wilayah Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor.

NEWS | 6 Oktober 2022

Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mempercepat proyek infrastruktur dengan menggunakan Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Kredit Modal Kerja (KMK)

NEWS | 6 Oktober 2022

Terkait Pengelolaan Kebun Raya Bogor, Bima Arya Ancam PT MRN

Wali Kota Bogor Bima Arya mengancam akan mengevaluasi keberadaan pihak swasta PT MNR dalam mengelola cagar budaya Kebun Raya Bogor.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dipanggil Hari Ini, Rizky Billar Diminta Kooperatif

Rizky Billar dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan terkait kasus KDRT yang dilaporkan oleh sang istri, Lesti Kejora, hari ini.

NEWS | 6 Oktober 2022

Relawan Emak Muda Deklarasi Dukungan untuk Prabowo

Ibu-ibu muda yang tergabung dalam Relawan Emak Muda (Emud) mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

NEWS | 6 Oktober 2022

Putin Perintahkan Badan Nuklir Rusia Ambil Alih PLTN Zaporizhzhia

Presiden Vladimir Putin memerintahkan badan nuklir Rusia untuk mengambil alih pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia Ukraina, yang terbesar di Eropa.

NEWS | 6 Oktober 2022

KSP Dorong Percepatan Pengadaan Lahan Jalan Pantai Selatan

KSP mendorong percepatan pengadaan lahan untuk pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) sebagai salah satu program strategis nasional

NEWS | 6 Oktober 2022

Laporkan Mamat Alkatiri, Hillary Lasut: Kenapa Harus Heboh?

Anggota DPR Hillary Brigitta Lasut melaorkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya, terkait dugaan pencemaran nama baik.

NEWS | 6 Oktober 2022

Anak dan Istri Lukas Enembe Mangkir dari Panggilan KPK

Anak dan istri Gubernur Papua Lukas Enembe mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 6 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, Menkes Siapkan PeduliLindungi dalam 13 Bahasa

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyiapkan aplikasi PeduliLindungi dalam 13 bahasa menjelang KTT G-20 di Bali, November mendatang.

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Aniaya Remaja, 5 Anggota Geng Motor di Bogor Ditangkap

Aniaya Remaja, 5 Anggota Geng Motor di Bogor Ditangkap

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings