Logo BeritaSatu

Ditjen Hubdat dan Polda Bali Koordinasi Persiapan KTT G-20

Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:11 WIB
Oleh : JNS

Denpasar, Beritasatu.com - Untuk mempersiapkan gelaran internasional KTT G-20 yang akan digelar di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) melakukan rapat koordinasi dengan Polda Bali.

Di Polda Bali, Dirjen Hubdat Hendro Sugiatno bersama jajaran membahas sejumlah hal seperti manajemen rekayasa lalu lintas dan juga kendaraan listrik yang akan dipakai melayani delegasi KTT G-20.

“Kita mau melihat bagaimana konsep kita dalam melaksanakan pengamanan dan rekayasa lalu lintas. Saya ingin mensinkronkan upaya kita menjalankan G-20 berkaitan dengan masalah transportasi dan rekayasa lalu lintas. Pada dasarnya kami sudah siap tinggal mengoordinasikan dan kami juga butuh koordinasi terkait pelaksanaan TFG (tactical floor game),” jelas Hendro.

Hendro berharap semua pekerjaan maupun pelaksanaan kesiapan G-20 dapat dilakukan bersama-sama.

“Tentu harapan kami tidak ada yang dapat kami kerjakan sendiri, semuanya secara koordinatif untuk mensuskseskan kegiatan G-20. Kemarin saya sudah bicara dengan Balak Gubernur Bali terkait kegiatan ini dan beliau merespon dengan baik. Kemarin Bapak Menkomarves diinfokan akan mulai TFG sekitar September 2022 dan nanti akan kita lihat dapat di-support di mana,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, menyatakan bahwa pihaknya juga akan menggelar operasi Puri Agung 2022 dan mengerahkan kurang lebih 6.744 personil.

“Tentunya ini di-back up juga oleh Mabes Polri. Obyek yang akan kita amankan keseluruhan ada 7 obyek pengamanan mulai dari bandara sepanjang rute yang akan kita lakukan pengamanan, kawasan Sawangan, kawasan GWK, Tahura Mangrove, dan Pulau Kura-kura. Ada 8 persimpangan di wilayah Bali yang perlu adanya rekayasa di sinilah kami membutuhkan bantuan dari Ditjen Hubdat bersama petugas lalu lintas kami menggelar personilnya di simpang tersebut,” ujar Kapolda Bali.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Lalu Lintas Jalan Cucu Mulyana menyatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi lebih lanjut karena berdasarkan survei kami terdeteksi ada 10 simpang.

"Karena anggota delegasi ada yang menginap di hotel di daerah Sanur sehingga simpang tersebut akan kita tambah 2 simpang yang akan dilakukan rekayasa lalu lintas. Terkait ganjil genap akan dilakukan di 9 ruas jalan dan pembatasan angkutan jalan di 4 atau 5 ruas jalan,” ucap Cucu.

Selain itu Polda Bali juga akan menurunkan patroli dari Polair di sepanjang rute, khususnya di tol, mengingat di bawah tol ada kawasan perairan di kolong-kolong jalan tol. Selain itu, di kawasan Sawangan dan ITDC ada tempat penginapan, di sepanjang bibir pantai akan dilakukan pengamanan dari Polair.

"Kami berterima kasih juga kepada Dinas Perhubungan Bali karena telah memberikan fasilitas untuk mengkoneksikan CCTV sehingga dapat dimonitor di command center kami. Command Center kami sudah cukup lengkap dengan fitur yang sudah mendukung keamanan dengan tambahan fasilitas CCTV dari Dinas Perhubungan kita bisa mengambil mulai dari setiap pelabuhan, pintu-pintu masuk ke Bali, juga jalan raya yang menjadi rute delegasi," ungkap Kapolda Bali.

"Kami didukung Mabes Polri khususnya di pintu-pintu masuk fasilitas CCTV yang ada dilengkapi dengan fitur FR atau face recognition yang akan dikoneksikan dengan command center,” imbuhnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KSP Dorong Percepatan Pengadaan Lahan Jalan Pantai Selatan

KSP mendorong percepatan pengadaan lahan untuk pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) sebagai salah satu program strategis nasional

NEWS | 6 Oktober 2022

Laporkan Mamat Alkatiri, Hillary Lasut: Kenapa Harus Heboh?

Anggota DPR Hillary Brigitta Lasut melaorkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya, terkait dugaan pencemaran nama baik.

NEWS | 6 Oktober 2022

Anak dan Istri Lukas Enembe Mangkir dari Panggilan KPK

Anak dan istri Gubernur Papua Lukas Enembe mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 6 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, Menkes Siapkan PeduliLindungi dalam 13 Bahasa

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyiapkan aplikasi PeduliLindungi dalam 13 bahasa menjelang KTT G-20 di Bali, November mendatang.

NEWS | 6 Oktober 2022

Ungkap Kasus Suap Garuda Indonesia, KPK Bakal Panggil Banyak Pihak

Untuk ungkap kasus suap Garuda Indonesia, KPK bakal memanggil banyak pihak untuk dimintai keterangan demi mengusut kasus ini. 

NEWS | 6 Oktober 2022

Kota Sydney Hadapi Tahun Terbasah, Australia Timur Antisipasi Banjir Besar

Kota Sydney bakal menghadapi tahun terbasah dalam 164 tahun saat pihak berwenang bersiap menghadapi banjir besar di timur Australia

NEWS | 6 Oktober 2022

Hasil Visum, Lesti Kejora Alami Luka Akibat Kekerasan

Hasil visum terhadap Lesti Kejora menunjukkan, penyanyi dangdut itu mengalami beberapa luka akibat kekerasan.

NEWS | 6 Oktober 2022

Uang Palsu di Karawang, Bareskrim Polri Ringkus 3 Orang

Bareskrim Polri mengungkap kasus peredaran uang palsu di Karawang, Jawa Barat dan meringkus 3 orang tersangka.

NEWS | 6 Oktober 2022

Tinggal 22 Pasien Covid-19 yang Dirawat di RSDC Wisma Atlet

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini, Kamis (6/10/2022) tersisa 22 orang.

NEWS | 6 Oktober 2022

Obat Batuk Sirup Buatan India Tewaskan 66 Orang di Gambia

Obat batuk sirup buatan India dikaitkan dengan 66 kasus kematian di Gambia.  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan peringatan produk medis.

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KSP Dorong Percepatan Pengadaan Lahan Jalan Pantai Selatan

KSP Dorong Percepatan Pengadaan Lahan Jalan Pantai Selatan

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings