Logo BeritaSatu

Akibat Tanah Longsor dan Banjir di Iran, 53 Orang Tewas

Sabtu, 30 Juli 2022 | 08:08 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Teheran, Beritasatu.com- Bencana tanah longsor dan banjir di Iran mengakibatkan 53 orang tewas. Seperti dilaporkan Reuters, Jumat (29/7/2022), tim penyelamat masih mencari para korban yang hilang.

Mehdi Valipour, kepala operasi darurat di Red Crescent Society, mengatakan kepada TV pemerintah bahwa 16 orang masih hilang setelah dua hari banjir yang melanda 400 kota dan desa di 18 dari 31 provinsi Iran. Banyak jalan raya ditutup.

“Daerah yang paling parah dilanda hari Jumat adalah Firouz Kooh, di kaki Pegunungan Alborz di timur laut ibu kota Teheran, sedikitnya 10 orang tewas,” kata Gubernur Teheran Mohsen Mansouri kepada TV pemerintah.

Perkataan Mansouri kemudian dikutip oleh kantor berita lokal yang menyatakan sekitar enam orang juga hilang.

Banjir masih melanda wilayah utara provinsi Teheran pada hari Jumat, kata Mansouri, menambahkan bahwa meskipun peringatan berulang kali, para pelancong masih tetap menuju Firouz Kooh.

Kota Firouz Kooh, sekitar 140 km dari Teheran, merupakan tempat peristirahatan favorit bagi para wisatawan karena suhu musim panasnya yang sejuk. Jalur rimbun di area ini juga populer di kalangan pelancong.

Media pemerintah menyatakan sedikitnya delapan orang tewas pada Kamis dalam tanah longsor yang disebabkan oleh banjir di desa Imamzadeh Davood di barat laut Teheran, yang juga merusak satu kuil keagamaan di sana.

Sebanyak 14 orang dilaporkan hilang. Sabtu lalu, banjir bandang di provinsi Fars selatan menewaskan 22 orang.

Pada tahun 2001, bencana tanah longsor di Iran utara dan di Teheran pada tahun 1987 masing-masing menewaskan 500 dan 300 orang.

Sebelum tanah longsor hari Kamis, pihak berwenang telah memperingatkan penduduk daerah pegunungan Teheran tentang hujan lebat dan kemungkinan banjir. Hujan lebat diperkirakan akan terjadi dalam beberapa hari mendatang.

Pihak berwenang menyalahkan tingginya angka kematian akibat pengabaian luas terhadap langkah-langkah keselamatan oleh orang-orang yang keluar dari badai. Sementara para kritikus menyebut salah urus dalam proyek konstruksi serta peringatan terlambat sebagai penyebab lainnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mempercepat proyek infrastruktur dengan menggunakan Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Kredit Modal Kerja (KMK)

NEWS | 6 Oktober 2022

Terkait Pengelolaan Kebun Raya Bogor, Bima Arya Ancam PT MRN

Wali Kota Bogor Bima Arya mengancam akan mengevaluasi keberadaan pihak swasta PT MNR dalam mengelola cagar budaya Kebun Raya Bogor.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dipanggil Hari Ini, Rizky Billar Diminta Kooperatif

Rizky Billar dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan terkait kasus KDRT yang dilaporkan oleh sang istri, Lesti Kejora, hari ini.

NEWS | 6 Oktober 2022

Relawan Emak Muda Deklarasi Dukungan untuk Prabowo

Ibu-ibu muda yang tergabung dalam Relawan Emak Muda (Emud) mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

NEWS | 6 Oktober 2022

Putin Perintahkan Badan Nuklir Rusia Ambil Alih PLTN Zaporizhzhia

Presiden Vladimir Putin memerintahkan badan nuklir Rusia untuk mengambil alih pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia Ukraina, yang terbesar di Eropa.

NEWS | 6 Oktober 2022

KSP Dorong Percepatan Pengadaan Lahan Jalan Pantai Selatan

KSP mendorong percepatan pengadaan lahan untuk pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) sebagai salah satu program strategis nasional

NEWS | 6 Oktober 2022

Laporkan Mamat Alkatiri, Hillary Lasut: Kenapa Harus Heboh?

Anggota DPR Hillary Brigitta Lasut melaorkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya, terkait dugaan pencemaran nama baik.

NEWS | 6 Oktober 2022

Anak dan Istri Lukas Enembe Mangkir dari Panggilan KPK

Anak dan istri Gubernur Papua Lukas Enembe mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 6 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, Menkes Siapkan PeduliLindungi dalam 13 Bahasa

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyiapkan aplikasi PeduliLindungi dalam 13 bahasa menjelang KTT G-20 di Bali, November mendatang.

NEWS | 6 Oktober 2022

Ungkap Kasus Suap Garuda Indonesia, KPK Bakal Panggil Banyak Pihak

Untuk ungkap kasus suap Garuda Indonesia, KPK bakal memanggil banyak pihak untuk dimintai keterangan demi mengusut kasus ini. 

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings