Logo BeritaSatu

PPI dan Kemendag Sosialisasi Permendag tentang Bahan Berbahaya

Kamis, 28 Juli 2022 | 10:43 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com – PT Perusahaan Perdagangan Indonesia/PPI member of ID Food dan Kementerian Perdagangan menyosialisasikan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2022 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 44/M-Dag/Per/9/2009 tentang Pengadaan, Distribusi dan Pengawasan Bahan Berbahaya.

Sosialisasi digelar dalam program road to Hari Pelanggan Nasional dengan melakukan costumer gathering Disributor Terdaftar Bahan Berbahaya. Hal ini merupakan implementasi dari amanat pemerintah dalam penatakelolaan kembali aktivitas pengadaan, distribusi dan pengawasan bahan berbahaya yang dipandang merupakan barang yang sangat penting diatur dalam peredarannya.

Direktur Komersial dan Pengembangan PPI Andry Tanudjaja menyambut dan membuka agenda sosialisasi ini yang dihadiri oleh Pejabat Kementerian Perdagangan dan juga para costumer Distributor Terdaftar Bahan Berbahaya (DT–B2).

"Untuk meningkatkan tata Kelola bisnis yang baik, PT PPI dalam waktu dekat akan segera meluncurkan Peraturan Direksi atas tatacara pelaksanaan importasi, pendistribusian, pelaksanaan sampai ke pelaporan. Divisi IT PPI mengembangkan secara mandiri aplikasi atau dashboard dengan nama Arlita," ujar Andry.

"Kami akan mengetahui ke mana larinya barang ini, ke mana daerahnya, siapa penggunanya, yang akan dikoneksikan dengan sistem di Kemendag, Kemenko Polhumkam dan atau BPOM yang akan menjadi laporan PPI sebagai improtir terdaftar,” ujar Andry pada paparan pembukanya.

ARLITA merupakan aplikasi yang berfungsi untuk pembelian bahan kimia berbahaya yang dilakukan oleh DT (Distributor Terdaftar) yang nantinya sebagai pengguna akhir melalui link aplikasi Arlita yang dapat di akses melalui https://arlita.ptppi.co.id/.

Arlita ini mendeskripsikan tata cara pengalokasian, riwayat alokasi berdasarkan kapasitas gudang, kemampuan finansial, dan juga track record atau riwayat transaksi sebelumnya dari costumer tersebut.

Ketua Tim Penegakan Hukum Barang Kebutuhan Pokok dan Penting dan Barang yang diatur Kementerian Perdagangan Mario Josko menyampaikan dalam papapran sosialisasi dan diskusi dengan costumer DT–B2 PPI, memberikan apresiasi atas program tata kelola bahan berbahaya PPI dengan menyusun sistem pelaporan dan regulasi internal. Pasalnya, bahan berbahaya ini termasuk dalam barang berisiko tinggi, yang memiliki kosekuensi terhadap persyaratan yang ketat dan juga terdapat sanksi.

“Dengan dikeluarkannya pemutakhiran Permendag dan sistem yang diperbaharui ini diharapan bisa lebih tertib, mengurangi pelanggaran di level pengecer. Dengan diluncurkannya aplikasi di PPI ada level of playing field-nya sudah sama dengan pemerintah,” tambah Mario.

Analis Perdagangan Muda Wakil Ketua Tim Bidang Barang Penting Direktorat Bapokting, Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Fitria Wiraswasti, menyampaikan pokok kebijakan dari Permendag No 7 tahun 2022 ini adalah mengatur pendistribusian, dan pengawasan bahan berbahaya agar tidak terjadi penyalahgunaan yang dapat menimbulkan aspek keamanan, kesehatan, keselamatan, dan lingkungan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mayat Diduga Korban Pembunuhan Ditemukan di Pinggir Jalur Pantura Semarang

Mayat seorang laki-laki yang diduga korban pembunuhan ditemukan warga di pinggir jalur pantura Semarang,

NEWS | 26 November 2022

Pemerintah Dorong Sistem Kesehatan Dalam Negeri ke Arah Preventif

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan saat ini pemerintah mendorong agar arah sistem kesehatan dalam negeri lebih banyak preventif dan skrining.

NEWS | 26 November 2022

Merdeka Belajar, 50.000 Guru Penggerak Tersebar di Indonesia

Saat ini ada 50.000 Guru Penggerak tersebar di seluruh Indonesia untuk menjadi generasi pemimpin pembelajaran di masa depan.

NEWS | 26 November 2022

Nadiem Janji 600.000 Guru Honorer Jadi ASN PPPK Akhir Tahun Ini

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim berjanji pada akhir tahun 2022 ini, total ada 600.000 guru honorer yang menjadi ASN PPPK. 

NEWS | 26 November 2022

Mendikbudristek Ajak Guru Semangat Berkarya dan Berinovasi

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengajak guru untuk bersemangat dalam berkarya dan berinovasi.

NEWS | 26 November 2022

Kapolri Diminta Audit Kasus yang Dihentikan Bareskrim Polri

ISESS meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan audit investigasi terhadap sejumlah perkara yang dihentikan oleh Bareskrim Polri.

NEWS | 26 November 2022

Jokowi Minta Bantuan dari Relawan Segera Dikirim ke Cianjur

Presiden Jokowi memerintahkan para relawannya untuk segera menyalurkan bantuan yang dikumpulkan ke korban gempa Cianjur. 

NEWS | 26 November 2022

Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan ke Daerah Terisolasi di Cianjur

Helikopter terus dikerahkan untuk mengirim bantuan logistik ke daerah terdampak bencana di Cianjur yang masih terisolasi.

NEWS | 26 November 2022

Ganjar Ingatkan Suara Anak Muda Tentukan Masa Depan Indonesia

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak anak muda, terutama pemilih pemula untuk tidak apatis di Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Ganjar Pranowo: Anak Muda Jangan Golput saat Pemilu

Menurut Ganjar Pranowo, suara anak muda di pemilu sangat menentukan masa depan bangsa yang lebih baik.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BPKH Menyerahkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

BPKH Menyerahkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE