Logo BeritaSatu

MKD: Anggota DPR Fraksi Demokrat Inisial DK Bantah Lakukan Pencabulan

Rabu, 27 Juli 2022 | 17:10 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Alien Mus menyatakan pihaknya telah memeriksa Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat berinisial DK. DK dilaporkan telah melakukan tindak pidana pencabulan ke Bareskrim Polri. Hasil pemeriksaan sementara, kata Alien, DK membantah melakukan tindakan pencabulan tersebut.

“Selama ini hubungan (DK dengan korban) disebut baik-baik saja dan tidak pernah melakukan pelecehan. Hal ini kemudian didukung oleh saksi-saksi sesama pegawai DPRD yang secara sukarela memberikan keterangan secara tertulis terkait peristiwa tersebut,” ujar Alien dalam keterangannya, Rabu (27/7/2022).

Selain itu, menurut Alien, DK mengaku mengenal korban yang merupakan stafnya saat menjabat ketua DPRD Lamongan pada 2018. Namun, DK memastikan tidak melakukan pelecehan seksual.

“Dari keterangan yang diberikan oleh yang bersangkutan (DK), benar bahwa beliau mengenal korban sebagai stafnya ketika beliau menjabat sebagai Ketua DPRD Lamongan tahun 2018,” ujar Alien.

Lebih lanjut, Alien mengatakan pihaknya mengapresiasi korban yang sudah menyampaikan laporan resmi kepada MKD atasi dugaan pencabulan tersebut. Dia berharap korban memberikan bukti-bukti yang kuat untuk mendukung pelaporan tersebut.

“Bukti-bukti pendukung yang autentik, seperti visum dan lainnya sesuai dengan Pasal 6 Peraturan DPR Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tata Beracara Mahkamah Kehormatan Dewan,” tegas Alien.

Alien mengatakan pelaporan korban penting untuk memberikan keadilan serta menjaga muruah DPR. Keberadaan MKD bertujuan untuk menciptakan peradilan dan kebijaksanaan dalam segala tingkah laku dan tindak tanduk seluruh komponen individu yang berada dalam lingkup kerja DPR.

“Sebagai alat kelengkapan dewan yang memiliki tanggung jawab untuk menegakkan kode etik serta menjaga muruah dan keluhuran martabat DPR, kami akan menyambut baik pengaduan resmi dari pihak korban dan menjaga kepercayaan masyarakat untuk menangani kasus ini dengan transparan, akuntabel dan berkeadilan,” pungkas Alien.

Diketahui, berdasarkan dokumen laporan polisi yang beredar, anggota DPR inisial DK berstatus sebagai terlapor di Bareskrim Polri sejak 15 Juni 2022. DK dilaporkan terkait dugaan melanggar Pasal 289 KUHP. Dalam dokumen tersebut disebutkan dugaan pencabulan itu terjadi di Jakarta, Semarang, Jawa Tengah dan Lamongan, Jawa Timur.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Catat! Ini Dampak Negatif Menggunakan Earphone Terlalu Lama

Menurut Budi, durasi penggunaan earphone yang terlalu lama dan volume yang terlalu keras dapat menimbulkan gangguan pendengaran.

NEWS | 27 November 2022

PDIP Serahkan Bantuan untuk Guru dan Pelajar di Kediri

PDIP memberikan bantuan kepada guru-guru dan pelajar di Kediri, Jawa Timur berupa 1.000 unit sepeda dan 2.000 pasang sepatu. 

NEWS | 27 November 2022

Ganjar Pranowo Ungkap Kedekatan Emosional dengan PPP

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengungkap kedekatan emosionalnya dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

NEWS | 27 November 2022

Dokter Rekomendasikan Aturan 60/60 untuk Pengguna Earphone

"Setelah penggunaan earphone selama 60 menit, disarankan melepas gawai dan memberikan jeda untuk telinga beristirahat," jelas dr Budi.

NEWS | 27 November 2022

Survei SMRC: Ganjar Pranowo Jadi Capres Paling Disukai

Survei mutakhir SMRC menunjukkan Ganjar Pranowo menjadi capres paling disukai, sementara Prabowo Subianto paling banyak dikenal oleh publik. 

NEWS | 27 November 2022

Rapimwil PPP, Kader Pekik Ganjar Pranowo Presiden 2024

Kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memekikkan Ganjar Pranowo presiden dalam rapat pimpinan wilayah (rapimwil) PPP Jateng.

NEWS | 27 November 2022

Survei: Sekitar 70 Juta Orang Indonesia Pernah Bayar Uang Damai Saat Ditilang

Survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan ada sekitar 70 juta orang Indonesua yang membayar uang damai ke anggota polisi agar tidak ditilang. 

NEWS | 27 November 2022

Gelar Eco Run Fest 2022, Pertamina Ajak Masyarakat Terapkan Sustainable Living

Melalui Pertamina Eco Run Fest 2022, Pertamina mengajak masyarakat menerapkan sustainable living atau gaya hidup berkelanjutan. 

NEWS | 27 November 2022

KRL Anjlok Lagi di Menteng, Penumpang Turun di Tengah Jalan

KRL dengan nomor KA 5144C yang anjlok di Kampung Bandan Jakarta Utara, anjlok lagi di perlintasan Menteng Jaya Jakarta Pusat saat akan dievakuasi ke Manggarai.

NEWS | 27 November 2022

SMRC: Ganjar Unggul Jauh dari Pesaingnya di Pilpres 2024

Survei SMRC menemukan pada kelompok pemilih yang tahu semua bakal calon presiden (capres), Ganjar Pranowo unggul jauh dari para pesaingnya di Pilpres 2024.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Catat! Ini Dampak Negatif Menggunakan <em>Earphone</em> Terlalu Lama

Catat! Ini Dampak Negatif Menggunakan Earphone Terlalu Lama

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE