Logo BeritaSatu

Italia Buka Koridor Kemanusiaan untuk 300 Pengungsi Afghanistan

Selasa, 26 Juli 2022 | 17:46 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Roma, Beritasatu.com- Italia membuka koridor kemanusiaan untuk 300 pengungsi Afghanistan yang tiba di Roma pada Senin (25/7/2022). Seperti dilaporkan AP, Kementerian Luar Negeri Italia mengumumkan pembukaan koridor kemanusiaan baru diselenggarakan oleh pemerintah Italia dan masyarakat sipil, badan amal dan organisasi internasional.

“Koridor kemanusiaan bertujuan untuk memberi tambahan pengungsi dan warga Afghanistan yang mungkin dianiaya kelak setelah penarikan AS Agustus lalu dan penegasan kembali kendali Taliban,” kata kementerian itu.

Ribuan warga Afghanistan dievakuasi setelah jatuhnya Kabul, tetapi banyak yang mempertaruhkan pembalasan Taliban tertinggal. Kementerian Luar Negeri menyatakan koridor, yang membayangkan transfer 1.200 pengungsi dari Iran dan Pakistan dan negara-negara tetangga lainnya, akan memprioritaskan perempuan dan anak-anak.

Sembilan pengungsi Afghanistan pertama tiba dengan penerbangan dari Teheran. Sementara 200 pengungsi lainnya dijadwalkan akan diterbangkan dari Islamabad pada Rabu (27/7) dengan kelompok ketiga tiba dari Teheran pada Kamis (28/7).

"Pada saat yang sama, jumlah pengungsi Afghanistan yang mengambil rute penyelundupan meningkat, dengan sekitar 3.280 tiba di Italia melalui laut sepanjang tahun ini," menurut badan Pengungsi PBB.

Sementara itu, Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) menyatakan warga Afghanistan adalah warga negara teratas yang berani menempuh rute Laut Mediterania tengah yang berbahaya ke pantai-pantai Eropa, dengan 8.121 kedatangan hingga Jumat lalu.

Seperti dilaporkan Xinhua, Rabu (8/6/2022), Kementerian Dalam Negeri Turkiye telah memulangkan total 18.256 warga Afghanistan ke tanah air mereka. Pemulangan dilakukan sejak penerbangan ke Afghanistan dilanjutkan pada 27 Januari.

“Jumlah total migran ilegal yang dikirim ke negara mereka sejak awal tahun ini telah mencapai 34.112,” kata kementerian itu.

Sebanyak 24.344 orang asing dari 89 kebangsaan berada di bawah penahanan administratif untuk dideportasi. Sejak Taliban menguasai Afghanistan, penyeberangan ilegal ke wilayah Turkiye telah meningkat.

Seperti dilaporkan Daily Sabah, pada Minggu (24/6/2022), Turkiye juga mengirim kembali ratusan migran pengungsi Afghanistan. menurut kantor migrasi setempat, pesawat yang membawa para migran lepas landas dari provinsi timur Malatya dan mendarat di ibu kota Afghanistan, Kabul.

Sejak dimulainya kembali penerbangan carteran dari Bandara Malatya, sedikitnya 681 migran gelap telah dikirim pulang ke Afghanistan.

Tahun ini, satu perdebatan muncul ketika Turkiye berurusan dengan masuknya migran dari lebih banyak zona konflik, termasuk Afghanistan, Ukraina, dan negara-negara lain, di samping masalah ekonomi masyarakat, yang beberapa bagian membebani pundak para migran.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemprov DKI Jakarta Akan Bangun Rusunawa di Pulau Reklamasi

Pemprov DKI Jakarta akan membangun rumah susun sewa atau rusunawa di pulau reklamasi, yaitu Pulau C atau Pantai Kita.

NEWS | 25 September 2022

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo karena Kelalaian Anggota Polisi

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo bukan aksi teror melainkan karena kelalaian anggota polisi yang menjadi korban ledakan.

NEWS | 25 September 2022

Ledakan di Asrama Polisi Diduga Berasal dari Bahan Petasan

Ledakan yang terjadi di Asrama Polisi Grogol Indah Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2022) diduga berasal dari bahan petasan.

NEWS | 25 September 2022

Mabes Polri Benarkan Ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo

Mabes Polri membenarkan telah terjadi ledakan di Asrama Polisi Grogol Indah Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2022).

NEWS | 25 September 2022

Kapolda: Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo Bukan Aksi Teror

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo ternyata karena kelalaian petugas dan bukan aksi teror yang sengaja ditujukan bagi aparat kepolisian.

NEWS | 25 September 2022

Indonesia Rintis Kerja Sama Lalu Lintas Data dengan Portugal

Indonesia tengah berupaya menjalin kerja sama konektivitas data internasional dengan menggunakan infrastruktur milik Portugal.

NEWS | 25 September 2022

Jelang Akhir Tahun, TECH Masuk Paket Saham ETF State Street

Menjelang akhir tahun 2022 saham PT IndoSterling Technomedia (TECH) berhasil masuk dalam Exchange Trade Fund (ETF).

NEWS | 25 September 2022

Kebakaran di Hutan Gunung Ciremai Berhasil Dipadamkan

Petugas gabungan beserta masyarakat setempat memadamkan kebakaran di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai.

NEWS | 25 September 2022

Pemerintah Pusat Lakukan Pengawasan Sangat Ketat Dana Otsus Papua

Pemerintah pusat akan melakukan pengawasan sangat ketat terkait dana otonomi khusus (otsus) Papua.

NEWS | 25 September 2022

Mahfud Tegaskan KPK Punya Mekanisme soal Pemeriksaan Lukas Enembe

Mahfud MD menegaskan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki mekanisme terkait pemeriksaan terhadap Gubernur Papua, Lukas Enembe.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Positif Kumulatif & Suspek Covid-19, 25 September 2022

Kasus Positif Kumulatif & Suspek Covid-19, 25 September 2022

NEWS | 4 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings