Logo BeritaSatu

Liburan Iduladha di Bangladesh, 398 Orang Tewas Akibat Laka Lantas

Minggu, 24 Juli 2022 | 23:15 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Dhaka, Beritasatu.com- Sedikitnya 398 orang tewas dan 774 luka-luka dalam 319 kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Bangladesh sepanjang liburan Iduladha dari 3 hingga 17 Juli. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Minggu (24/7/2022), ratusan peristiwa laka lantas itu juga mengakibatkan 774 orang mengalami luka-luka.

Data itu adalah jumlah kematian kecelakaan lalu lintas tertinggi selama festival Muslim sejak Asosiasi Kesejahteraan Penumpang Bangladesh (BPWA) mulai mengumpulkan data tersebut pada 2016.

Negara Asia Selatan berpenduduk 165 juta orang ini memiliki salah satu tingkat kecelakaan dan korban di jalan raya tertinggi di dunia. Insiden meningkat tajam selama liburan Iduladha ketika jutaan orang kembali ke rumah mereka di pedesaan dari ibukota Dhaka dan kota-kota lain.

Menurut BPWA, setidaknya 398 orang tewas dan 774 terluka dalam 319 kecelakaan di jalan antara 3 Juli dan 17 Juli. Iduladha dirayakan pada 10 Juli di negara berpenduduk mayoritas Muslim itu.

"Data sebelumnya dari kematian tersebut terjadi tahun ini hanya selama festival Idulfitri ketika 376 orang tewas dan hampir 1.500 terluka dalam 283 kecelakaan di jalan antara 25 April dan 9 Mei,"" kata BPWA.

Karena hampir separuh kematian selama liburan Idul Fitri melibatkan sepeda motor, pemerintah melarang kendaraan roda dua di jalan raya penting selama tujuh hari dari 7 Juli hingga 13 Juli.

Namun data BPWA menunjukkan sekitar 30 persen kematian akibat kecelakaan saat libur Iduladha melibatkan sepeda motor karena banyak orang yang melanggar aturan.

Altaf Hossain, 27 tahun, meninggal dalam satu kecelakaan seperti itu di daerah Madhabdi di distrik tengah Narshingdi di Bangladesh pada 11 Juli.

Paman Hossain, Hiru Mia, mengatakan almarhum membawa daging kurban untuk dikirim ke kerabat di distrik lain dan tidak punya pilihan selain menggunakan sepeda motornya.

“Dalam perjalanan, dia kehilangan kendali sepedanya dan jatuh ke parit. Cedera kepalanya fatal. Dokter tidak bisa menyelamatkannya setelah dia dibawa ke rumah sakit terdekat,” kata Mia kepada Al Jazeera.

Kecelakaan di jalan raya yang fatal di Bangladesh telah meningkat meskipun pemerintah mengatakan akan menguranginya hingga 50 persen pada tahun 2030.

Menurut polisi, setidaknya 5.088 orang tewas dalam 5.472 kecelakaan di jalan pada tahun 2021 – 30 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Data BPWA memberikan gambaran yang lebih suram yakni 7.809 kematian dan 9.039 luka-luka dalam 5.629 kecelakaan jalan tahun lalu.

Marah oleh bus yang melaju kencang yang menewaskan dua siswa sekolah menengah pada Juli 2018, puluhan ribu siswa sekolah dan mahasiswa di seluruh Bangladesh turun ke jalan selama seminggu dalam protes yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Protes memaksa pemerintah untuk mengesahkan Undang-Undang Transportasi Jalan, yang memperkenalkan sejumlah langkah untuk memeriksa kecelakaan di jalan, termasuk menetapkan usia minimum dan jam kerja untuk pengemudi profesional dan saluran bantuan darurat untuk melaporkan kecelakaan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mempercepat proyek infrastruktur dengan menggunakan Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Kredit Modal Kerja (KMK)

NEWS | 6 Oktober 2022

Terkait Pengelolaan Kebun Raya Bogor, Bima Arya Ancam PT MRN

Wali Kota Bogor Bima Arya mengancam akan mengevaluasi keberadaan pihak swasta PT MNR dalam mengelola cagar budaya Kebun Raya Bogor.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dipanggil Hari Ini, Rizky Billar Diminta Kooperatif

Rizky Billar dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan terkait kasus KDRT yang dilaporkan oleh sang istri, Lesti Kejora, hari ini.

NEWS | 6 Oktober 2022

Relawan Emak Muda Deklarasi Dukungan untuk Prabowo

Ibu-ibu muda yang tergabung dalam Relawan Emak Muda (Emud) mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

NEWS | 6 Oktober 2022

Putin Perintahkan Badan Nuklir Rusia Ambil Alih PLTN Zaporizhzhia

Presiden Vladimir Putin memerintahkan badan nuklir Rusia untuk mengambil alih pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia Ukraina, yang terbesar di Eropa.

NEWS | 6 Oktober 2022

KSP Dorong Percepatan Pengadaan Lahan Jalan Pantai Selatan

KSP mendorong percepatan pengadaan lahan untuk pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) sebagai salah satu program strategis nasional

NEWS | 6 Oktober 2022

Laporkan Mamat Alkatiri, Hillary Lasut: Kenapa Harus Heboh?

Anggota DPR Hillary Brigitta Lasut melaorkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya, terkait dugaan pencemaran nama baik.

NEWS | 6 Oktober 2022

Anak dan Istri Lukas Enembe Mangkir dari Panggilan KPK

Anak dan istri Gubernur Papua Lukas Enembe mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 6 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, Menkes Siapkan PeduliLindungi dalam 13 Bahasa

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyiapkan aplikasi PeduliLindungi dalam 13 bahasa menjelang KTT G-20 di Bali, November mendatang.

NEWS | 6 Oktober 2022

Ungkap Kasus Suap Garuda Indonesia, KPK Bakal Panggil Banyak Pihak

Untuk ungkap kasus suap Garuda Indonesia, KPK bakal memanggil banyak pihak untuk dimintai keterangan demi mengusut kasus ini. 

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings