Logo BeritaSatu

Yorrys Raweyai: Pembangunan Papua Tak Boleh Terhambat oleh Aksi Teror KKB

Rabu, 20 Juli 2022 | 17:12 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komite II DPD, Yorrys Raweyai menegaskan pembangunan di Papua tidak boleh terhambat dengan aksi-aksi teror termasuk yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) baru-baru ini di Nduga, Papua. Yorrys menduga aksi KKB merupakan upaya memecah belah masyarakat dan menghambat proses pembangunan yang sedang berjalan saat ini.

"Di tengah upaya pemerintah dan masyarakat Papua dalam membangun Papua melalui otsus (otonomi khusus) jilid II, Egianus Kogoya dan anggotanya, memperkeruh tatanan baru yang hendak dibangun bersama-sama, pembagunan tidak boleh terhambat dengan aksi teror tersebut," ujar Yorrys dalam diskusi dialektika demokrasi bertajuk "KKB Papua Kembali Berulah, di mana Kehadiran Negara?" di Media Centre DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Diketahui, pada Sabtu (16/7/2022) pagi waktu setempat, KKB pimpinan Egianus Kogoya menyerang perkampungan di Noglait, Distrik Kenyam, Nduga. Serangan dengan senjata api dan senjata tajam itu menewaskan 10 orang warga sipil, dan dua korban lainnya dalam kondisi kritis karena luka-luka bacokan dan tembakan.

Yorrys yang juga Ketua MPR for Papua meminta pemerintah dan aparat penegak hukum serta keamanan menindak tegas dan memberantas KKB sampai ke akar-akarnya. Menurut dia, hal ini penting dilakukan dalam rangka menjaga situasi kondusif di Papua, serta menjamin agar akselerasi perubahan melalui serangkaian kebijakan sebagai turunan otsus jilid II dapat berlangsung dengan baik.

"Pemerintah melalui aparat yang berwenang harus mengambil langkah-langkah terukur dan terencana yang mampu mengembalikan kepercayaan publik Papua dan menjamin tatanan kehidupan yang aman dan kondusif dalam merespons teror demi teror yang dilakukan oleh KKB," tegas Yorrys.

Yorrys menduga KKB sedang memecah-belah kehidupan masyarakat yang berangsur harmonis di Papua. KKB, kata dia, sedang berupaya menghancurkan sinergi sosial, kemasyarakatan antara masyarakat umum dan orang asli Papua atau OAP.

Menurut dia, tujuan utama aksi KKB tersebut adalah untuk menciptakan suasana kebencian dan permusuhan antara sesama anak bangsa. Hal tersebut menjadi bagian dari perlawanan dan penolakan atas berbagai kebijakan positif pemerintah yang sejatinya mulai berdampak baik bagi masyarakat Papua.

“Saya menduga, aksi-aksi KKB sedang memecah-belah persatuan dan kesatuan masyarakat Papua dalam bingkai NKRI. Tanpa tindakan tegas dari pemerintah, sinergi sosial kemasyarakatan yang terjalin selama ini akan menyusut dan boleh jadi berubah menjadi kebencian dan permusuhan antara sesama warga," jelas Yorrys.

Anggota DPD dari dapil Papua ini mengungkapkan, dapat diduga kuat aksi-aksi KKB akhir-akhir ini terfokus pada wilayah-wilayah konflik di Papua. KKB tidak hanya menyasar orang asli Papua (OAP), tetapi juga masyarakat umum yang selama ini mencari nafkah sebagai pekerja maupun sebagai pemukim dengan berbagai mata pencaharian lainnya.

“Ada kesan, KKB sedang melancarkan teror dengan menyasar para penduduk yang bukan hanya OAP, tetapi juga masyarakat umum, termasuk masyarakat pendatang yang sedang bermukim dan mencari nafkah di Papua. Ini tentu meresahkan," kata Yorrys.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Sebut Pemimpin Berambut Putih, Ini Respons Unik Puan dan Prabowo

Puan Maharani dan Prabowo Subianto merespons pernyataan Jokowi yang menyebut ciri-ciri pemimpin prorakyat adalah pemimpin dengan rambut putih. 

NEWS | 28 November 2022

Bupati Pimpin Komando Penanganan Darurat Gempa Cianjur

Komando penanganan darurat gempa Cianjur mulai dialihkan untuk dipimpin oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Fahri Hamzah Apresiasi Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah mengapresiasi pembangunan infrastruktur era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

NEWS | 28 November 2022

Soal Pemimpin Berambut Putih, Begini Kata Fahri Hamzah

Fahri Hamzah menilai, pesan sesungguhnya yang hendak disampaikan Jokowi adalah bahwa orang yang banyak berpikir maka rambutnya cepat memutih.

NEWS | 28 November 2022

Relawan Ganjar Perkuat Jaringan Politik di Sulsel

Relawan Ganjar Pranowo terus memperkuat jaringan politiknya dengan menggelar berbagai kegiatan positif untuk meraih simpati masyarakat Sulsel.

NEWS | 28 November 2022

Bharada E, Kuat Maruf, dan Bripka RR Kompak Minta Maaf di Persidangan

Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J, yakni Bharada E, Kuat Ma'ruf, dan Bripka RR kompak meminta maaf di persidangan. 

NEWS | 28 November 2022

Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Bangun Komunitas Digital Pengawas Partisipatif

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan membuat komunitas digital pengawas partisipatif.

NEWS | 28 November 2022

Hendra Kurniawan Sempat Mengaku Tertipu oleh Skenario Ferdy Sambo

Agus Nur Patria mengungkapkan, Hendra Kurniawan sempat mengaku tertipu oleh skenario Ferdy Sambo terkait kasus pembunuhan Brigadir J. 

NEWS | 28 November 2022

Korban Gempa Cianjur Akan Direlokasi ke 3 Wilayah Ini

BNPB menyebutkan terdapat tiga wilayah yang menjadi bakal calon lokasi untuk memindahkan rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 28 November 2022

Komisi III DPR Puji Langkah Kejagung Sita Aset Benny Tjokro

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi langkah Kejagung menyita aset Benny Tjokro yang menjadi terpidana perkara korupsi Jiwasraya dan Asabri.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Sebut Pemimpin Berambut Putih, Ini Respons Unik Puan dan Prabowo

Jokowi Sebut Pemimpin Berambut Putih, Ini Respons Unik Puan dan Prabowo

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE