Logo BeritaSatu

Rusia Menggempur Kota Donetsk setelah Merebut Luhansk

Rabu, 6 Juli 2022 | 09:47 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kyiv, Beritasatu.com- Pasukan Rusia menyerang sasaran di seluruh wilayah Donetsk timur Ukraina pada Selasa (5/7/2022). Seperti dilaporkan Reuters, serangan terjadi sehari setelah Presiden Vladimir Putin mengumumkan kemenangan di provinsi tetangga Luhansk setelah berbulan-bulan perang.

Donetsk dan Luhansk bersama-sama membentuk Donbas, bagian timur industri Ukraina yang telah menyaksikan pertempuran terbesar di Eropa selama beberapa generasi.

Advertisement

Rusia menyatakan ingin merebut kendali seluruh Donbas dari Ukraina atas nama separatis yang didukung Moskwa di dua republik rakyat yang memproklamirkan diri.

Setelah pasukan Rusia pada Minggu mengambil alih Lysychansk, benteng terakhir perlawanan Ukraina di Luhansk, para pejabat Ukraina mengharapkan Moskwa untuk memfokuskan upayanya terutama di kota-kota Sloviansk dan Kramatorsk di Donetsk.

Pasukan menyerang pasar dan daerah pemukiman di Sloviansk, menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai tujuh orang, kata pejabat setempat.

Seorang reporter Reuters di tempat kejadian melihat asap kuning mengepul dari toko perlengkapan mobil, dan kobaran api melalap deretan kios pasar saat petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api.

"Rusia sekali lagi dengan sengaja menargetkan daerah-daerah di mana warga sipil berkumpul. Ini benar-benar terorisme," tulis gubernur regional Donetsk, Pavlo Kyrylenko dalam satu posting Facebook.

Sebelumnya, Kyrylenko mengatakan baik Sloviansk dan Kramatorsk di dekatnya telah mengalami penembakan berat semalam.

"Mereka sekarang juga menjadi garis utama penyerangan musuh. Tidak ada tempat yang aman tanpa penembakan di wilayah Donetsk," katanya.

Sementara, menyatakan tidak menargetkan daerah pemukiman. Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan telah menggunakan senjata presisi tinggi untuk menghancurkan pusat komando dan artileri di Donetsk. Di sana, Ukraina masih menguasai sejumlah kota besar.

Dalam komentar yang menandai peningkatan retorika perang Moskwa, pembicara Duma, majelis rendah parlemen Rusia, mengatakan Ukraina telah menjadi "negara teroris" yang melakukan segalanya untuk memastikan bahwa Rusia tidak menghentikan invasinya di perbatasan Donbas. wilayah seperti yang diiklankan.

Pernyataan Vyacheslav Volodin menyarankan Moskwa mungkin bersiap sekali lagi untuk memperluas tujuan perang yang dinyatakan, setelah meninggalkan serangan di ibu kota Kyiv dan kota terbesar kedua Kharkiv dalam menghadapi perlawanan sengit Ukraina di awal perang.

Sebagai tanda lebih lanjut bahwa Rusia sedang mempersiapkan perang yang panjang, Duma mengeluarkan dua undang-undang yang akan memungkinkan pemerintah untuk mewajibkan perusahaan untuk memasok militer dan membuat staf bekerja lembur untuk mendukung invasi Rusia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pengamat Yakin Kepemimpinan Firli Dkk di KPK Berujung Manis

Pengamat dan praktisi hukum Masriadi Pasaribu meyakini kepemimpinan Firli Bahuri dan pimpinan KPK jilid V lainnya dalam memberantas korupsi akan berujung manis.

NEWS | 8 Agustus 2022

KPU Anggarkan Santunan Rp 36 Juta bagi Petugas Pemilu yang Meninggal Dunia

KPU menganggarkan santunan sebesar Rp 36 juta bagi petugas pemilu yang meninggal dunia saat menjalankan tugasnya pada Pilkada dan Pemilu 2024.

NEWS | 8 Agustus 2022

Polisi Pastikan Selidiki Pohon Koka di Kebun Raya Bogor

Polresta Bogor menyelidiki keberadaan pohon koka di Kebun Raya Bogor (KRB) terkait pengakuan penyelundup biji kokain yang mendapat bibit dari KRB.

NEWS | 8 Agustus 2022

RRI Raih Penghargaan Most Engaging Media

LPP RRI meraih penghargaan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai Most Engaging Media

NEWS | 8 Agustus 2022

Santri Dukung Ganjar Santuni Anak Yatim dan Difabel di 15 Provinsi

Santri Dukung Ganjar, salah satu relawan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 menyantuni anak yatim dan difabel di 15 provinsi untuk memperingati Asyura 10 Muharam.

NEWS | 8 Agustus 2022

Mayat Pria Gegerkan Pengunjung Hotel Somerset Jaksel

Jasad pria membuat geger pengunjung Hotel Somerset Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/8/2022)

NEWS | 8 Agustus 2022

15 Anggota Jamaah Islamiyah Jatim Ikrar Setia kepada NKRI

Sebanyak 15 mantan anggota Jamaah Islamiyah (JI) di Jawa Timur (Jatim) mengucapkan ikrar setia kepada NKRI, Senin (8/8/2022).

NEWS | 8 Agustus 2022

Waspada, Flu Singapura Menyerang Anak

Masyarakat diminta waspada terhadap penyakit flu Singapura yang dikenal dengan sebutan penyakit tangan, kaki, dan mulut dan lazim menyerang anak-anak

NEWS | 8 Agustus 2022

Asosiasi AS Ajak Indonesia Kembangkan Kratom Jadi Komoditas Ekspor

KSP mengapresiasi tawaran kerja sama asosiasi AS mengembangkan kratom sebagai tanaman herbal komoditas ekspor yang bermanfaat untuk kesehatan.

NEWS | 8 Agustus 2022

Kasus Brigadir J, Pengacara: Ungkap Alasan Bharada E

Bharada E mengaku bahwa dia menembak Brigadir Nopryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J atas perintah atasan kedinasannya.

NEWS | 8 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pesta Rakyat Simpedes Karawang, 25.000 Orang Aktivasi BRIMo

Pesta Rakyat Simpedes Karawang, 25.000 Orang Aktivasi BRIMo

EKONOMI | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings