Logo BeritaSatu

Co-Firing, Solusi PLN untuk Masalah Sampah di Indramayu

Minggu, 3 Juli 2022 | 17:52 WIB
Oleh : JNS

Badung, Beritasatu.com - PT PLN (Persero) melalui anak usahanya PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu untuk mengolah sampah menjadi biomassa yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar pengganti batu bara (co-firing) di pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) milik perseroan.

Sinergi ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PJB dengan Pemkab Indramayu di Badung, Bali pada Kamis (30/6/2022).

Advertisement

Melalui kerja sama ini nantinya, Pemkab Indramayu dan PLN akan melakukan penelitian juga pengembangan pengelolaan sampah menjadi Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP). BBJP ini nantinya akan masif dilakukan di daerah lain dan mampu mensubtitusi kebutuhan batu bara sampai 500 ribu ton per tahun. Melalui penggunaan biomassa ini sejak tahun lalu hingga saat ini, PLN mampu menurunkan emisi CO2 sebesar 481 ribu ton.

Sekretaris Kementerian BUMN, Susyanto menjelaskan untuk mewujudkan target Carbon Neutral, PLN mempunyai peran yang sangat siginifikan. Sesuai roadmap yang tertuang dalam RUPTL 2021 - 2030 PLN akan meningkatkan porsi pembangkit berbasis energi bersih juga melalui teknologi co-firing.

Susyanto menilai teknologi ini bisa diimplementasikan dengan cepat melalui aset PLTU yang ada saat ini. Untuk bisa membuat program ini bisa berjalan baik, maka perlu adanya kolaborasi baik antara BUMN maupun stakeholder lain.

"Untuk menjaga ketersediaan pasokan biomassa ini diperlukan kolaborasi yang baik dari semua stakeholder. Kalau ini berjalan baik, maka target bauran energi bisa tercapai pada akhirnya," ujar Susyanto, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima, Minggu (3/6/2022).

Sementara itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan bahwa melalui sinergi ini, PLN dan Pemda bisa mencapai dua cita-cita sekaligus. Pertama, membantu Pemda untuk bisa mengolah sampah kota untuk jadi sumber energi yang mempunyai nilai ekonomis.

"Kedua, PLN membutuhkan biomassa untuk mendukung program co-firing di PLTU kami. Dengan kolaborasi ini, maka sampah kota yang sebelumnya selalu jadi momok bisa diolah bersama untuk menjadi sumber energi domestik," ujar Darmawan.

PLN secara bertahap terus menerapkan teknologi co-firing hingga menjadi 52 PLTU dengan total kapasitas 18 GW pada tahun 2025. Untuk mendukung program ini, PLN membutuhkan pasokan biomassa mencapai 10,2 juta ton per tahunnya pada 2025 sehingga dapat menekan emisi karbon sebesar 11 juta ton CO2 dan gas rumah kaca setiap tahunnya.

"Untuk menjaga keberlanjutan pasokan bahan baku biomassa, PLN berkolaborasi dengan berbagai BUMN, pemerintah daerah hingga swasta," terang Darmawan.

Tak hanya itu, PLN juga melibatkan masyarakat secara aktif dalam penanaman tanaman biomassa bahkan ada pula yang mengelola sampah rumah tangga wilayahnya untuk dijadikan pelet sebagai bahan baku sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi setempat.

Melalui co-firing, PLN mampu dengan cepat meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT) karena dapat mensubtitusi batu bara dengan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. Inovasi ini merupakan upaya PLN dalam mendukung pemerintah dalam percepatan pemanfaatan EBT menuju target 23 persen pada tahun 2025.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ledakan Bom Tewaskan 100 Tentara Rusia di Luhansk

Sekitar 100 tentara Rusia tewas dalam ledakan bom di kota Lysychansk yang baru saja diduduki.

NEWS | 18 Agustus 2022

Kematian Global Akibat Covid-19 Meningkat 35% dalam 4 Minggu

Kematian global akibat Covid-19 telah meningkat sebesar 35% selama empat minggu terakhir.

NEWS | 18 Agustus 2022

Ledakan Bom di Masjid Kabul Akibatkan 10 Orang Tewas

Ledakan bom di masjid Kabul, ibu kota Afghanistan saat salat malam pada Rabu (17/8/2022), menewaskan sedikitnya 10 orang,

NEWS | 18 Agustus 2022

BMKG Prakirakan Hari Ini Cuaca Jakarta Cerah Berawan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa cuaca Jakarta cerah berawan, Kamis (18/8/2022).

NEWS | 18 Agustus 2022

BMKG: Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi pada 18-20 Agustus

BMKG memprakirakan, gelombang tinggi di kisaran 4 meter hingga 6 meter yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 18 - 20 Agustus 2022

NEWS | 18 Agustus 2022

Di Zimbabwe, 157 Anak Meninggal Akibat Wabah Campak

Wabah campak di Zimbabwe telah mengakibatkan kematian 157 anak. sebagian besar anak tidak divaksinasi campak karena keyakinan agama.

NEWS | 18 Agustus 2022

Serangan Udara Ukraina Berhasil Hancurkan Helikopter Rusia

Pesawat pembom Ukraina menghancurkan tiga pesawat nirawak Rusia dan satu helikopter Alligator di wilayah Zaporizhzhia dan Donetsk.

NEWS | 18 Agustus 2022

Presiden Serbia Klaim Tidak Butuh Pangkalan Militer Asing

Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengklaim Serbia tidak butuh pangkalan militer asing dan ingin menghindari eskalasi konflik dengan segala cara.

NEWS | 18 Agustus 2022

Anies: 85 persen Bangunan Bebas PBB Berkat Pergub 23/2022

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan Pergub Nomor 23 Tahun 2022 membuat sebanyak 85 persen warga dan bangunan di Jakarta bebas PBB.

NEWS | 18 Agustus 2022

Keluarga Ingin TKP Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Jadi Tempat Ibadah

Yosef Hidayah, suami sekaligus ayah korban pembunuhan ibu dan anak di Subang berharap rumah yang menjadi TKP pembunuhan menjadi tempat ibadah. 

NEWS | 18 Agustus 2022


TAG POPULER

# Tim Pancasila Tangguh


# Korea Utara


# Ponpes Ngruki


# Putri Candrawathi


# Upacara 17 Agustus


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
LeBron James Perpanjang Kontrak Dua Tahun di Lakers

LeBron James Perpanjang Kontrak Dua Tahun di Lakers

SPORT | kurang dari 1 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings