Logo BeritaSatu

Gelar Diskusi, PDIP Ajak Anak Muda Kenali Sejarah Bung Karno

Minggu, 3 Juli 2022 | 16:57 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - PDI Perjuangan (PDIP) terus mendorong generasi muda mengenal tentang sejarah perjuangan Bung Karno, salah satunya melalui karya seni arsitekturnya.

"Pengenalan tentang Bung Karno dan segala bidangnya harus terus dilakukan kepada generasi muda, salah satunya melalui karya seni arsitekturnya agar tidak ada sejarah yang terputus tentang Bung Karno," ujar Agustina Wilujeng Pramestuti ketika membuka diskusi publik dengan tema “Bung Karno: Arsitek Kemerdekaan Bangsa-bangsa” yang diadakan di secara hybrid di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro 58, Jakarta, Minggu (3/7/2022).

Diskusi yang digelar dalam rangka peringatan Bulan Bung Karno 2022 ini dihadiri Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR Puan Maharani secara daring, Arsitek dan Peneliti Karya Arsitektur Bung Karno, Yuke Ardhiari.

Selain itu turut hadir Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat dan Hamka Haq, Ketua Panitia Bulan Bung Karno (BBK) 2022 Andreas Hugo Pareira, Sekretaris BKN Pusat PDIP Rano Karno, dan sejumlah kader PDIP lainnya. Acara ini dimeriahkan juga oleh Harvey Malaiholo dan Lita Zein.

Agustina yang dipercaya sebagai ketua diskusi mengatakan, Bung Karno sangat hebat luar biasa. "Anak muda masa kini harus tahu itu, salah satunya lihat arsitek pembangunan peninggalannya," ujar Agustina.

Agustina menyebutkan, Bulan Bung Karno 2022 ini juga menjadikan generasi muda sebagai pihak yang aktif dilibatkan. Misalnya dalam kegiatan festival kopi, juga acara pertunjukan di Senayan.

"Kali ini bicara arsitektur. Sebab tidak banyak yang kenal Bung Karno dari sisi lain, yakni sisi arsitektur dan ini segmen muda yang beda. Mereka para hobi baca, pencinta rasa dan gandrung dengan bacaan," jelasnya.

Dengan mengenalkan arsitektur Bung Karnu kepada anak muda, lanjut Agustina, maka harapannya jiwa ingin tahu dan penasaran anak muda tergugah, dan mereka semakin ingin menggali segala hal tentang Bung Karno.

"Misalnya di Bengkulu mereka mencari Masjid Jami arsiteknya Bung Karno. Dan lainnya lagi ada banyak. Mereka ingin tanya dan tanya lagi. Mereka ingin kenal Bung Karno lebih dalam. Inilah yang kita bangun," katanya.

"Seperti dikatakan Ketua DPR Puan Maharani, dalam setiap gerak kegiatan dan kunjungan, maka jejak idealisme Bung Karno selalu ada," tandasnya.

Agustina juga menegaskan PDI Perjuangan sangat punya perhatian pada anak muda, karena sadar bahwa sebelumnya ada sejarah yang dipendam. Maka itulah, semua perlu dibangkitkan lagi sebagai tanggung jawab sejarah saat ini kepada penerus bangsa ke depan.

"Seperti misalnya gedung Sarinah. Sekarang kita bangkitkan, dan ini untuk anak muda. Jas Merah jangan pernah meninggalkan sejarah," tandas Agustina.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Dua pekan setelah gempa Cianjur pada 21 November lalu jumlah pengungsi yang tinggal di tenda-tenda pengungsian terus berkurang.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Kasus Polio di Aceh Jadi Pelajaran Pentingnya Vaksinasi

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan kasus polio di Aceh menjadi pelajaran penting bagi pemerintah dan masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

NEWS | 3 Desember 2022

Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov NTB Kirim 2 Truk Makanan

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah melepas pengiriman dua truk bantuan berupa makan siap saji untuk para korban gempa Cianjur. 

NEWS | 3 Desember 2022

KPU Pastikan Anggaran Pemilu Akan Dilaporkan Tiap Triwulan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan anggaran Pemilu 2022 akan dipertanggungjawabkan secara transparan dalam laporan keuangan triwulan.

NEWS | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

IDI: Dunia Akui Pemulihan Kesehatan Pasca-Covid-19 di Indonesia

Ketua Umum PB IDI, Adib Khumaidi menyebut dunia mengakui langkah-langkah pemulihan kesehatan yang dilakukan Indonesia pascapandemi Covid-19.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, Ini Cara Cek Nama di DPT secara Online

KPU meminta masyarakat melindungi hak pilihnya di Pemilu 2024 dengan memastikan namanya tertera di daftar pemilih tetap (DPT). Ini cara cek DPT secara online.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

KPU meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 3 Desember 2022

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU sehat dan siap menggelar Pemilu 2024. Hal ini ditandai acara gerak jalan sehat yang digelar pihaknya.

NEWS | 3 Desember 2022

Konsolidasi Nasional Jelang Pemilu 2024, KPU Gelar Jalan Sehat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara jalan sehat sebagai upaya konsolidasi nasional jelang Pemilu 2024. 

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

NEWS | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE