Logo BeritaSatu

NASA Tuduh Tiongkok Berencana Kuasai Bulan

Minggu, 3 Juli 2022 | 10:15 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menuduh Tiongkok berencana untuk menguasai Bulan. Seperti dilaporkan RT, Sabtu (2/7/2022), Kepala Agensi NASA, Bill Nelson Astronot menuding Tiongkok sibuk mempelajari cara menghancurkan satelit negara lain,

“Tiongkok mungkin sedang mempertimbangkan pengambilalihan Bulan sebagai bagian dari program luar angkasa militernya,” kata administrator NASA Bill Nelson kepada surat kabar Bild.

Advertisement

Dalam satu wawancara yang diterbitkan pada Sabtu (2/7), Nelson mengklaim bahwa Amerika Serikat sekarang terlibat dalam perlombaan baru ke luar angkasa, dengan Tiongkok kali ini.

Nelson menekankan bahwa pada 2035 Beijing mungkin menyelesaikan pembangunan stasiun Bulannya sendiri dan memulai eksperimen setahun kemudian.

Nelson yang berusia 79 tahun mengklaim bahwa kita harus sangat khawatir tentang pendaratan Tiongkok di Bulan dan mengatakan bahwa itu sekarang milik Republik Rakyat dan semua orang harus tetap berada di luar.

Mengklaim bahwa program luar angkasa Tiongkok adalah program luar angkasa "militer", Nelson menjelaskan bahwa persaingan untuk kutub selatan bulan sangat ketat: potensi deposit air di sana dapat digunakan di masa depan untuk produksi bahan bakar roket.

Ketika ditanya oleh Bild tujuan militer apa yang bisa dikejar Tiongkok di luar angkasa, Nelson mengklaim bahwa astronot Tiongkok sibuk mempelajari cara menghancurkan satelit negara lain.

Terlepas dari jaminan Beijing bahwa program luar angkasa ambisiusnya memiliki tujuan murni damai, Nelson telah lama menjadi kritikus keras terhadap kebijakan Tiongkok di luar angkasa.

Pada April, Nelson menuduh pejabat Tiongkok menolak bekerja sama dengan AS dalam operasinya dan menyembunyikan data penting. Namun, sebelumnya, dia mengakui bahwa NASA mematuhi undang-undang 2011 yang melarang badan tersebut terlibat dalam kolaborasi langsung dengan pemerintah Tiongkok atau organisasi yang berafiliasi dengan Tiongkok tanpa persetujuan eksplisit dari Kongres dan otoritas penegak hukum federal.

Para pejabat Tiongkok telah menunjuk larangan itu, yang disebut Amandemen Serigala, sebagai “kemalangan” dan hambatan untuk kerjasama langsung dengan NASA.

Sanksi baru-baru ini yang dijatuhkan oleh Barat terhadap Moskwa atas serangan militernya di Ukraina mendorong Rusia untuk mencari kerja sama yang lebih dalam dengan Tiongkok di luar angkasa.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ukraina Gagalkan Upaya Pembunuhan Pejabat Tinggi Negara

Ukraina menangkap dua orang yang bekerja untuk badan intelijen Rusia yang berencana membunuh sejumlah pejabat tinggi negara.

NEWS | 9 Agustus 2022

Agustus, Upacara Bendera di Tugu Kujang Bogor Tiap Hari

Agustus 2022 ini, tiap hari, Bogor menyelenggarakan upacara bendera di Tugu Kujang sebagai peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 RI.

NEWS | 9 Agustus 2022

Pengamat Yakin Kepemimpinan Firli Dkk di KPK Berujung Manis

Pengamat dan praktisi hukum Masriadi Pasaribu meyakini kepemimpinan Firli Bahuri dan pimpinan KPK jilid V lainnya dalam memberantas korupsi akan berujung manis.

NEWS | 8 Agustus 2022

KPU Anggarkan Santunan Rp 36 Juta bagi Petugas Pemilu yang Meninggal Dunia

KPU menganggarkan santunan sebesar Rp 36 juta bagi petugas pemilu yang meninggal dunia saat menjalankan tugasnya pada Pilkada dan Pemilu 2024.

NEWS | 8 Agustus 2022

Polisi Pastikan Selidiki Pohon Koka di Kebun Raya Bogor

Polresta Bogor menyelidiki keberadaan pohon koka di Kebun Raya Bogor (KRB) terkait pengakuan penyelundup biji kokain yang mendapat bibit dari KRB.

NEWS | 8 Agustus 2022

RRI Raih Penghargaan Most Engaging Media

LPP RRI meraih penghargaan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai Most Engaging Media

NEWS | 8 Agustus 2022

Santri Dukung Ganjar Santuni Anak Yatim dan Difabel di 15 Provinsi

Santri Dukung Ganjar, salah satu relawan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 menyantuni anak yatim dan difabel di 15 provinsi untuk memperingati Asyura 10 Muharam.

NEWS | 8 Agustus 2022

Mayat Pria Gegerkan Pengunjung Hotel Somerset Jaksel

Jasad pria membuat geger pengunjung Hotel Somerset Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/8/2022)

NEWS | 8 Agustus 2022

15 Anggota Jamaah Islamiyah Jatim Ikrar Setia kepada NKRI

Sebanyak 15 mantan anggota Jamaah Islamiyah (JI) di Jawa Timur (Jatim) mengucapkan ikrar setia kepada NKRI, Senin (8/8/2022).

NEWS | 8 Agustus 2022

Waspada, Flu Singapura Menyerang Anak

Masyarakat diminta waspada terhadap penyakit flu Singapura yang dikenal dengan sebutan penyakit tangan, kaki, dan mulut dan lazim menyerang anak-anak

NEWS | 8 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ukraina Gagalkan Upaya Pembunuhan Pejabat Tinggi Negara

Ukraina Gagalkan Upaya Pembunuhan Pejabat Tinggi Negara

NEWS | 16 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings