Logo BeritaSatu

Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

Minggu, 3 Juli 2022 | 00:05 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University Australia, Dicky Budiman menegaskan vaksin booster Covid-19 (dosis ketiga) penting untuk anak-anak.

"Kalau dilihat kepentingannya ya penting dan memang sudah waktunya ada vaksinasi booster bagi anak-anak," kata Dicky Budiman kepada Beritasatu.com, Sabtu (2/7/2022).

Advertisement

Namun dalam konteks strategi vaksinasi berbasis kesehatan masyarakat, hal itu kembali harus mempertimbangkan juga skala prioritas.

Skala prioritas ini mengingat keterbatasan yang negara miliki, keterbatasan jumlah vaksin mrNA-nya, keterbatasan juga dari sisi infrastruktur ataupun dari segi jumlah sumber daya manusia antara lain vaksinator yang ada.

"Termasuk di sini mengejar juga dari urgensi waktu. Misalnya menjelang gelombang keempat yang akan didominasi atau dikontribusi oleh subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang tentunya kita harus cepat melindungi kelompok rawan seperti lanjut usia (lansia), orang dengan penyakit penyerta atau komorbid," ungkap dr Dicky.

Begitu juga dengan kelompok rawan lain seperti pelayan publik, termasuk sebetulnya juga remaja atau anak yang punya komorbid.

Oleh karena itu vaksin booster yang diberikan kepada anak atau bisa diprioritaskan hanya kepada yang memiliki komorbid. Dengan demikian, anak di atas usia 6 tahun yang memiliki penyakit penyerta bisa diikutkan dalam vaksinasi booster.

"Jadi itu menurut saya yang harus diprioritaskan karena komorbid tersebut. Jadi tidak ada bedanya mau itu anak atau dewasa. Tetapi secara populasi umumnya, anak-anak secara keseluruhan karena keterbatasan tadi, kita terpaksa harus memilih skala prioritas," urainya.

Dijelaskan, bagi anak-anak dengan komorbid atau dalam risiko tinggi harus segera dilindungi, termasuk dengan vaksin booster. Hal ini untuk mencegah atau melindungi anak dengan komorbid mengalami keburukan atau infeksi berulang bahkan totalitas.

"Itu yang dalam konteks Indonesia berbeda dengan negara lain. Misalnya di negara-negara Amerika atau Israel mereka memberlakukan langsung vaksin booster ketiga termasuk anak juga," ucapnya.

"Tetapi di sini sekaligus, Australia masih selektif karena masih mengejar juga cakupan yang di yang kelompok lansia dan juga yang komorbid dan kelompok risiko lain. Jadi di sini pun masih selektif ada anak-anak masih di kelompok yang komorbid," kata Dicky Budiman.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Serangan Udara Ukraina Berhasil Hancurkan Helikopter Rusia

Pesawat pembom Ukraina menghancurkan tiga pesawat nirawak Rusia dan satu helikopter Alligator di wilayah Zaporizhzhia dan Donetsk.

NEWS | 18 Agustus 2022

Presiden Serbia Klaim Tidak Butuh Pangkalan Militer Asing

Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengklaim Serbia tidak butuh pangkalan militer asing dan ingin menghindari eskalasi konflik dengan segala cara.

NEWS | 18 Agustus 2022

Anies: 85 persen Bangunan Bebas PBB Berkat Pergub 23/2022

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan Pergub Nomor 23 Tahun 2022 membuat sebanyak 85 persen warga dan bangunan di Jakarta bebas PBB.

NEWS | 18 Agustus 2022

Keluarga Ingin TKP Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Jadi Tempat Ibadah

Yosef Hidayah, suami sekaligus ayah korban pembunuhan ibu dan anak di Subang berharap rumah yang menjadi TKP pembunuhan menjadi tempat ibadah. 

NEWS | 18 Agustus 2022

Tiga Kunci supaya Langgeng Berbisnis Toko Kelontong

Pemilik toko kelontong, Neneng yang tergabung dalam komunitas UMKM Sampoerna Retail Community mengungkap tiga kunci bisa langgeng berbisnis kelontong.

NEWS | 18 Agustus 2022

Suku Tengger Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa di Lautan Pasir Bromo

Ratusan warga Suku Tengger bersama BBTNBTS melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di lautan pasir Gunung Bromo untuk memperingati HUT ke-77 RI.

NEWS | 17 Agustus 2022

Kompolnas Persilakan Petinggi RUBS Lapor jika Merasa Dikriminalisasi

Kompolnas mempersilakan petinggi PT Rantau Utama Bhakti Sumatera (RUBS) melapor jika merasa dikriminalisasi atas kasus yang ditangani Bareskrim Polri.

NEWS | 17 Agustus 2022

Merdeka Belajar Jadi Inspirasi untuk Pemulihan Pendidikan

Mendikbudristek mengungkapkan bahwa Presidensi G-20 Indonesia terus mendorong Merdeka Belajar dalam kolaborasi global.

NEWS | 17 Agustus 2022

Serangan Udara AS di Somalia Tewaskan 13 Pejuang Al-Shabaab

Pentagon mengatakan pada hari Rabu (17/8/2022), pasukannya membunuh 13 pejuang kelompok militan Al-Shabaab dalam serangan udara AS di Somalia.

NEWS | 17 Agustus 2022

Pasutri Korban Tewas dalam Kecelakaan di Cilegon Dievakuasi

Polres Cilegon mengevakuasi pasangan suami istri (pasutri) yang tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Cilegon - Citangkil.

NEWS | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Tim Pancasila Tangguh


# Korea Utara


# Ponpes Ngruki


# Putri Candrawathi


# Upacara 17 Agustus


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Punya Cita-cita? Inilah Tips Jitu Wujudkan Impian Anda

Punya Cita-cita? Inilah Tips Jitu Wujudkan Impian Anda

LIFESTYLE | 1 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings