Logo BeritaSatu

Uni Emirat Arab, Negara yang Dihuni 85% WNA

Sabtu, 2 Juli 2022 | 23:40 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / AB

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia sudah lama menjalin hubungan baik dengan Uni Emirat Arab (UEA). Saat kunjungan Presiden Joko Widodo pada Jumat (1/7/2022), kemitraan kedua negara semakin kuat. Indonesia yang kaya sumber daya alam bisa mendapatkan dukungan UEA untuk pasar yang lebih luas.

UEA merupakan salah satu negara di pantai Teluk Persia, berbatasan dengan Arab Saudi dan Oman dengan ibu kota Abu Dhabi. Penduduk UEA pada 2020 mencapai sekitar 9,89 juta orang (sekitar 85% adalah warga negara asing/WNA). Pendapat per kapitanya US$ 47.400.

Uni Emirat Arab, Negara yang Dihuni 85% WNA
Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Sebagai negara dan kota dengan laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi, negara produsen minyak, serta 85% penduduk merupakan WNA, maka Uni Emirat Arab membutuhkan banyak tenaga profesional dari luar negeri. Uni Emirat Arab memperkirakan pertumbuhan ekonominya akan mencapai 5% hingga 6% pada tahun ini, setelah pulih dari pandemi Covid-19. UEA ingin angka pertumbuhan ekonominya memiliki kecepatan yang sama selama beberapa tahun ke depan untuk membantu melipatgandakan pendapatan negara pada 2031.

Uni Emirat Arab, Negara yang Dihuni 85% WNA
Presiden Jokowi disambut oleh anak-anak di Istana Qasr Al Watan,Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu, 12 Januari 2020.

"Seluruh dunia sedang pulih dan saya pikir kami berada dalam fase pemulihan setelah pandemi, (tetapi, Red) memprediksi pertumbuhan tahun ini adalah satu tantangan," kata Menteri Ekonomi UEA, Abdulla bin Touq Al Marri kepada Reuters Selasa (28/6/2022) di sela konferensi "Investopia" di Dubai.

Ketika ditanya apakah ekonomi akan tumbuh sebesar 5% hingga 6% pada 2022, Abdulla bin Touq Al Marri menyatakan,"itulah yang saya harap, kami sangat ambisius, sangat positif. Kami ingin menggandakan ekonomi kami pada 2031."

IMF memperkirakan ekonomi UEA tumbuh sebesar 3% pada 2022 atau mengalami peningkatan dibanding pertumbuhan ekonomo pada 2021 sebesar 2,1%. Ekonomi non-minyak UEA telah diuntungkan dari pengeluaran publik, pertumbuhan kredit, dan peningkatan sentimen bisnis, dan penyelenggaraan Dubai World Expo yang mengerek industri pariwisata.

Uni Emirat Arab, Negara yang Dihuni 85% WNA
Infografik profil Uni Emirat Arab.

Selain Abu Dhabi, UEA juga punya Kota Dubai yang sekaligus merupakan nama salah satu dari 7 negara bagian atau emirat UEA. Dubai merupakan kota bisnis, perdagangan, dan pariwisata, dengan penduduk sekitar 2 juta orang.

Strategis
Kota Dubai sangat strategis sebagai hub untuk pengembangan jaringan mitra usaha dan perluasan pasar produk Indonesia ke Timur Tengah, Afrika, maupun Eropa. Dengan potensi sasaran pasar yang cukup luas, hampir semua jenis produk Indonesia, baik produk yang termasuk 10 komoditas utama ekspor Indonesia maupun komoditas non-utama memiliki potensi pasar di Dubai.

Indonesia memandang peran penting UEA, khususnya Dubai, sebagai salah satu hub perdagangan dunia dan Dubai sebagai pusat impor dan reeskspor produk Indonesia di pelbagai negara. Oleh sebab itu, Indonesia memanfaatkan peran Dubai untuk meningkatkan ekspor produk pertanian, seperti buah-buahan, selain ekspor langsung yang dilakukan Lulu Hypermarket ke UEA.

Uni Emirat Arab, Negara yang Dihuni 85% WNA
Peresmian Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 20 Oktober 2020.

Ekspor komoditas Indonesia ke UEA, antara lain mesin, kendaraan bermotor, peralatan listrik, suku cadang pesawat, produk dari kayu, batu berharga, makanan jadi, produk sayuran, dan hewan. Adapun impor Indonesia dari UEA terdiri dari mesin, minyak bumi, pelumas, aluminium, bahan kimia, dan bijih plastik.

Terletak di bagian tenggara Semenanjung Arab, UEA merupakan daratan berbentuk segitiga dengan garis pantai berhubungan dengan pantai Teluk Arab di bagian selatan dan tenggara, serta bagian dari pantai barat Teluk Oman. UEA berbatasan darat dengan Oman dan Arab Saudi.

UEA memiliki luas wilayah 83.600 kilometer persegi dan berbatasan negara dengan Arab Saudi (barat, selatan, dan tenggara), Oman (tenggara dan timur laut), Qatar (barat laut), serta Iran (utara). UEA memiliki panjang garis batas dengan Arab Saudi (530 km), Oman (450 km), Qatar (19 km), serta Iran (berbatasan laut).

UEA beriklim tropis dengan musim panas (April sampai Agustus), musim dingin (September sampai Maret), disertai curah hujan yang rendah. Secara topografi, UEA memiliki dataran pantai yang rendah menyatu ke bukit pasir bergulir dari gurun Rub Al-Khali, sementara pegunungan terjal berada di pinggiran perbatasan timur dengan Oman.

Dari segi sumber daya alam, UEA memiliki cadangan minyak, sekitar 3,3% produksi minyak dunia. UEA menempati peringkat delapan negara penghasil minyak terbesar di dunia. Sebanyak 90% sumber minyak ditemukan di wilayah Abu Dhabi, gas (1,6% produksi gas dunia dan memiliki 3,2% cadangan gas dunia), aluminium (3,4% produksi smelter aluminium dunia), dan sulfur (pengekspor sulfur terbesar di dunia).

Dengan bentuk negara federasi konstitusional, UEA adalah negara Islam berdasarkan Al-Qur'an dan sunah sesuai konstitusi The UAE Constitution 1971. UEA menggunakan civil law system dengan beberapa elemen diambil dari hukum Islam (syariah).

Tanpa partai politik, kepala negara UEA adalah presiden dan wakil presiden dipilih oleh Federal Supreme Council (FSC) untuk masa jabatan lima tahun. Apabila presiden dalam keadaan berhalangan, wakil presiden berkewajiban mengambil alih tanggung jawabnya. Presiden memiliki kekuasaan eksekutif dan legislatif yang luas.

Presiden memiliki kewenangan menyelenggarakan dan memimpin sidang-sidang FSC dan kabinet. Presiden merupakan panglima tertinggi angkatan bersenjata dan melakukan tugas mewakili negaranya dalam hubungan luar negeri. Presiden juga menandatangani setiap produk hukum dan perundang-undangan, ketetapan, serta keputusan, termasuk ratifikasi perjanjian internasional.

Presiden UEA menetapkan (penugasan dan pemberhentian, Red) perdana menteri serta ketua Federal Supreme Court beserta hakim agung, dan mengangkat duta besar. Kekuasaan tradisional presiden yang tetap berlangsung adalah memberikan amnesti dan pengampunan bagi terpidana.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KSP Dorong Percepatan Pengadaan Lahan Jalan Pantai Selatan

KSP mendorong percepatan pengadaan lahan untuk pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) sebagai salah satu program strategis nasional

NEWS | 6 Oktober 2022

Laporkan Mamat Alkatiri, Hillary Lasut: Kenapa Harus Heboh?

Anggota DPR Hillary Brigitta Lasut melaorkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya, terkait dugaan pencemaran nama baik.

NEWS | 6 Oktober 2022

Anak dan Istri Lukas Enembe Mangkir dari Panggilan KPK

Anak dan istri Gubernur Papua Lukas Enembe mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 6 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, Menkes Siapkan PeduliLindungi dalam 13 Bahasa

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyiapkan aplikasi PeduliLindungi dalam 13 bahasa menjelang KTT G-20 di Bali, November mendatang.

NEWS | 6 Oktober 2022

Ungkap Kasus Suap Garuda Indonesia, KPK Bakal Panggil Banyak Pihak

Untuk ungkap kasus suap Garuda Indonesia, KPK bakal memanggil banyak pihak untuk dimintai keterangan demi mengusut kasus ini. 

NEWS | 6 Oktober 2022

Kota Sydney Hadapi Tahun Terbasah, Australia Timur Antisipasi Banjir Besar

Kota Sydney bakal menghadapi tahun terbasah dalam 164 tahun saat pihak berwenang bersiap menghadapi banjir besar di timur Australia

NEWS | 6 Oktober 2022

Hasil Visum, Lesti Kejora Alami Luka Akibat Kekerasan

Hasil visum terhadap Lesti Kejora menunjukkan, penyanyi dangdut itu mengalami beberapa luka akibat kekerasan.

NEWS | 6 Oktober 2022

Uang Palsu di Karawang, Bareskrim Polri Ringkus 3 Orang

Bareskrim Polri mengungkap kasus peredaran uang palsu di Karawang, Jawa Barat dan meringkus 3 orang tersangka.

NEWS | 6 Oktober 2022

Tinggal 22 Pasien Covid-19 yang Dirawat di RSDC Wisma Atlet

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini, Kamis (6/10/2022) tersisa 22 orang.

NEWS | 6 Oktober 2022

Obat Batuk Sirup Buatan India Tewaskan 66 Orang di Gambia

Obat batuk sirup buatan India dikaitkan dengan 66 kasus kematian di Gambia.  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan peringatan produk medis.

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
259 Saham Naik, IHSG Menguat 11 Poin ke 7.086 di Sesi Siang

259 Saham Naik, IHSG Menguat 11 Poin ke 7.086 di Sesi Siang

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings