Logo BeritaSatu

Air Baku Makin Sulit, Pemkab Bekasi Bakal Manfaatkan Air Hujan

Sabtu, 2 Juli 2022 | 22:44 WIB
Oleh : Mikael Niman / FFS

Bekasi, Beritasatu.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi berencana memanfaatkan air hujan untuk diolah menjadi air baku. Rencana ini mencuat karena semakin sulitnya PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi mengolah air baku dari sungai.

“Air baku untuk PDAM semakin sulit. Ini yang menjadi kendala PDAM menyediakan air bersih untuk warga,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan, Sabtu (2/7/2022).

Advertisement

Kondisi ini, kata dia, sangat ironi. Hal ini mengingat air baku sulit didapat tetapi Kabupaten Bekasi kerap dilanda banjir saat musim hujan.

Menurutnya, pemanfaatan air hujan menjadi salah satu strategi untuk mengatasi keterbatasan air baku yang berasal dari sungai. Apalagi, sungai-sungai di wilayah Kabupaten Bekasi kerap tercemar limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) sehingga sulit diolah menjadi air bersih.

Pemkab Bekasi menyiapkan rencana antara lain pembuatan tandon air, situ atau danau buatan yang dapat menampung air hujan dengan jumlah banyak di saat musim hujan.

“Nantinya, pengolahan air hujan ini dengan menerapkan teknologi terbaru. Kita harus bisa menjadikan air hujan sebagai air baku PDAM Tirta Bhagasasi agar bisa diolah menjadi air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.

Dengan demikian, air hujan yang melimpah di saat musim hujan tidak dibuang percuma ke laut namun bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat Kabupaten Bekasi.

Saat ini, cakupan pelayanan air bersih di Kabupaten Bekasi masih sekitar 40% dari jumlah penduduk. Sisanya, sebanyak 60% masyarakat masih mencari sendiri untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

“PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi baru melayani kebutuhan air bersih sekitar 40%. Selebihnya, masyarakat mencari sendiri air bersih,” ujarnya.

Bahkan, kata dia, sempat viral adanya video yang menayangkan masyarakat masih menggunakan air kali atau sungai yang sudah hitam pekat.

Berbagai kendala dihadapi PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi dalam menyediakan air bersih kepada masyarakat, antara lain keterbatasan PDAM dalam membangun sistem pengolahan air minum (SPAM) dan jaringan pipa yang membutuhkan biaya besar serta ketersediaan air baku di wilayah Kabupaten Bekasi.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Usep Rahman Salim, mengatakan pihaknya hanya mengandalkan air baku dari saluran Tarum Barat atau Kalimalang. Sementara, selain Kabupaten Bekasi, Kalimalang diketahui menjadi sumber air baku bagi warga DKI Jakarta, dan Kota Bekasi.

“Sering terkendala debitnya yang terbatas. Sedangkan, kebutuhan air baku di PDAM terus meningkat,” katanya.

Beberapa sungai lain yang bisa dijadikan sebagai air baku namun terkendala oleh pencemaran limbah serta debit air yang kecil, terutama saat memasuki musim kemarau.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pengamat Yakin Kepemimpinan Firli Dkk di KPK Berujung Manis

Pengamat dan praktisi hukum Masriadi Pasaribu meyakini kepemimpinan Firli Bahuri dan pimpinan KPK jilid V lainnya dalam memberantas korupsi akan berujung manis.

NEWS | 8 Agustus 2022

KPU Anggarkan Santunan Rp 36 Juta bagi Petugas Pemilu yang Meninggal Dunia

KPU menganggarkan santunan sebesar Rp 36 juta bagi petugas pemilu yang meninggal dunia saat menjalankan tugasnya pada Pilkada dan Pemilu 2024.

NEWS | 8 Agustus 2022

Polisi Pastikan Selidiki Pohon Koka di Kebun Raya Bogor

Polresta Bogor menyelidiki keberadaan pohon koka di Kebun Raya Bogor (KRB) terkait pengakuan penyelundup biji kokain yang mendapat bibit dari KRB.

NEWS | 8 Agustus 2022

RRI Raih Penghargaan Most Engaging Media

LPP RRI meraih penghargaan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai Most Engaging Media

NEWS | 8 Agustus 2022

Santri Dukung Ganjar Santuni Anak Yatim dan Difabel di 15 Provinsi

Santri Dukung Ganjar, salah satu relawan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 menyantuni anak yatim dan difabel di 15 provinsi untuk memperingati Asyura 10 Muharam.

NEWS | 8 Agustus 2022

Mayat Pria Gegerkan Pengunjung Hotel Somerset Jaksel

Jasad pria membuat geger pengunjung Hotel Somerset Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/8/2022)

NEWS | 8 Agustus 2022

15 Anggota Jamaah Islamiyah Jatim Ikrar Setia kepada NKRI

Sebanyak 15 mantan anggota Jamaah Islamiyah (JI) di Jawa Timur (Jatim) mengucapkan ikrar setia kepada NKRI, Senin (8/8/2022).

NEWS | 8 Agustus 2022

Waspada, Flu Singapura Menyerang Anak

Masyarakat diminta waspada terhadap penyakit flu Singapura yang dikenal dengan sebutan penyakit tangan, kaki, dan mulut dan lazim menyerang anak-anak

NEWS | 8 Agustus 2022

Asosiasi AS Ajak Indonesia Kembangkan Kratom Jadi Komoditas Ekspor

KSP mengapresiasi tawaran kerja sama asosiasi AS mengembangkan kratom sebagai tanaman herbal komoditas ekspor yang bermanfaat untuk kesehatan.

NEWS | 8 Agustus 2022

Kasus Brigadir J, Pengacara: Ungkap Alasan Bharada E

Bharada E mengaku bahwa dia menembak Brigadir Nopryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J atas perintah atasan kedinasannya.

NEWS | 8 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ukraina Gagalkan Upaya Pembunuhan Pejabat Tinggi Negara

Ukraina Gagalkan Upaya Pembunuhan Pejabat Tinggi Negara

NEWS | 19 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings