Logo BeritaSatu

Babak Baru Kerja Sama Indonesia-UEA

Sabtu, 2 Juli 2022 | 23:40 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun, Whisnu Bagus Prasetyo / AB

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia makin getol membidik investasi asing untuk membiayai sejumlah agenda pembangunan nasional. Salah satu yang disasar adalah negara kaya minyak Uni Emirat Arab (UEA). Keseriusan Indonesia menggaet investasi dari negara petrodolar itu dibuktikan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (30/6/2022) sampai Jumat (1/7/2022) yang menghasilkan sejumlah kerja sama.

Sebelum kunjungan Jokowi kali ini, sejatinya UEA dan Indonesia sudah menjalin kolaborasi. Pada November 2022, perusahaan investasi berkelanjutan Abu Dhabi Growth Fund (ADG) menyatakan komitmennya berinvestasi di Indonesia melalui portofolio ekuitas likuid maupun non-likuid.

Advertisement
Babak Baru Kerja Sama Indonesia-UEA
Pertemuan para menteri Indonesia dan Uni Emirat Arab.

Hal ini sejalan dengan komitmen investasi yang telah dilayangkan UEA di Indonesia senilai US$ 10 miliar atau Rp 142 triliun melalui dana abadi Indonesia atau sovereign wealth fund (SWF) bernama Indonesia Investment Authority (INA).

ADG dan INA kala itu menandatangani perjanjian kerangka kerja investasi yang akan ditindaklanjuti dengan berbagai bentuk investasi keuangan berimbal hasil tinggi, baik strategi ekuitas likuid maupun non-likuid.

"Perjanjian yang ditandatangani bertujuan untuk menempatkan modal di berbagai instrumen keuangan," tulis keterangan resmi INA.

UEA akan menjadi investor jangkar (anchor investor) bagi INA setelah komitmen investasi US$ 10 miliar atas arahan putra mahkota UEA, Mohammed bin Zayed Al Nahyan, pada Maret 2021. Sepanjang 2021, serangkaian kesepakatan kerja sama telah dibuat antara UEA dan Indonesia di sektor-sektor strategis, seperti infrastruktur, pariwisata, dan pertanian.

Untuk diketahui, ADG merupakan anak usaha dari ADQ yang didirikan pada Juli 2021. Perusahaan ini adalah pengelola dana investasi yang berfokus pada pertumbuhan. ADG memiliki mandat untuk menjalankan beragam strategi dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan finansial tinggi bagi pemegang sahamnya, yakni Emirat Abu Dhabi. ADG berinvestasi terutama dalam ekuitas swasta, modal ventura, hedge fund, dan ekuitas publik.

Untuk merayu UEA berinvestasi di Indonesia bukan perkara mudah. Tak heran peringkat investasi UEA di Tanah Air masih di urutan tidak terlalu baik karena aturan berinvestasi ke Indonesia begitu sulit, sehingga negara ini enggan berinvestasi. Kendati demikian, berkat komunikasi dari Presiden Jokowi, Pemerintah UEA maupun pengusahanya mau mengeluarkan dana untuk berinvestasi di Indonesia.

"Memang enggak gampang itu meyakinkan orang Arab (UEA) ini (berinvestasi ke Indonesia, Red), enggak gampang, jujur saja. Namun, kita harus mempunyai satu strategi yang harus ada chemistry. Hubungan baik raja di Uni Emirat Arab dengan Bapak Presiden, Pak Jokowi itu hubungannya erat sekali," ujar Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dalam sebuah kesempatan.

Investasi dari UEA saat baru berada pada urutan 20-an. Namun, pemerintah sedang mengupayakan agar UEA bisa menjadi investor terbesar yang masuk dalam 10 besar.

Babak Baru Kerja Sama Indonesia-UEA
Neraca perdagangan Indonesia-Uni Emirat Arab.


hal 1 dari 3 halaman

Halaman: 123selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Di Zimbabwe, 157 Anak Meninggal Akibat Wabah Campak

Wabah campak di Zimbabwe telah mengakibatkan kematian 157 anak. sebagian besar anak tidak divaksinasi campak karena keyakinan agama.

NEWS | 18 Agustus 2022

Serangan Udara Ukraina Berhasil Hancurkan Helikopter Rusia

Pesawat pembom Ukraina menghancurkan tiga pesawat nirawak Rusia dan satu helikopter Alligator di wilayah Zaporizhzhia dan Donetsk.

NEWS | 18 Agustus 2022

Presiden Serbia Klaim Tidak Butuh Pangkalan Militer Asing

Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengklaim Serbia tidak butuh pangkalan militer asing dan ingin menghindari eskalasi konflik dengan segala cara.

NEWS | 18 Agustus 2022

Anies: 85 persen Bangunan Bebas PBB Berkat Pergub 23/2022

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan Pergub Nomor 23 Tahun 2022 membuat sebanyak 85 persen warga dan bangunan di Jakarta bebas PBB.

NEWS | 18 Agustus 2022

Keluarga Ingin TKP Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Jadi Tempat Ibadah

Yosef Hidayah, suami sekaligus ayah korban pembunuhan ibu dan anak di Subang berharap rumah yang menjadi TKP pembunuhan menjadi tempat ibadah. 

NEWS | 18 Agustus 2022

Tiga Kunci supaya Langgeng Berbisnis Toko Kelontong

Pemilik toko kelontong, Neneng yang tergabung dalam komunitas UMKM Sampoerna Retail Community mengungkap tiga kunci bisa langgeng berbisnis kelontong.

NEWS | 18 Agustus 2022

Suku Tengger Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa di Lautan Pasir Bromo

Ratusan warga Suku Tengger bersama BBTNBTS melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di lautan pasir Gunung Bromo untuk memperingati HUT ke-77 RI.

NEWS | 17 Agustus 2022

Kompolnas Persilakan Petinggi RUBS Lapor jika Merasa Dikriminalisasi

Kompolnas mempersilakan petinggi PT Rantau Utama Bhakti Sumatera (RUBS) melapor jika merasa dikriminalisasi atas kasus yang ditangani Bareskrim Polri.

NEWS | 17 Agustus 2022

Merdeka Belajar Jadi Inspirasi untuk Pemulihan Pendidikan

Mendikbudristek mengungkapkan bahwa Presidensi G-20 Indonesia terus mendorong Merdeka Belajar dalam kolaborasi global.

NEWS | 17 Agustus 2022

Serangan Udara AS di Somalia Tewaskan 13 Pejuang Al-Shabaab

Pentagon mengatakan pada hari Rabu (17/8/2022), pasukannya membunuh 13 pejuang kelompok militan Al-Shabaab dalam serangan udara AS di Somalia.

NEWS | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Tim Pancasila Tangguh


# Korea Utara


# Ponpes Ngruki


# Putri Candrawathi


# Upacara 17 Agustus


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BMKG Prakirakan Hari Ini Cuaca Jakarta Cerah Berawan

BMKG Prakirakan Hari Ini Cuaca Jakarta Cerah Berawan

NEWS | 46 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings