Logo BeritaSatu

HUT Ke-76 Polri, Henry Indraguna Dukung Restorative Justice

Sabtu, 2 Juli 2022 | 00:15 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota tim ahli bidang hukum dan perundang-undangan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpes) Henry Indraguna mengucapkan HUT ke-76 Bhayangkara yang mengangkat tema "Polri yang Presisi Mendukung Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh". Henry mengatakan, tema itu dapat terwujud dengan memaksimalkan fungsi pokok Polri, yakni melayani, melindungi, dan megayomi masyarakat.

"Guna mewujudkan visi Polri menuju Presisi yang prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan dengan memaksimalkan fungsi pokok Polri yang melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat," kata Henry dalam keterangan pers, Jumat (1/7/2022).

Advertisement

Henry mengatakan, pelaksanaan transformasi menuju Polri yang Presisi tak hanya terkait penegakan hukum. Henry mendukung jajaran Polri menerapkan konsep restorative justice yaitu penyelesaian perkara di luar peradilan, terutama bagi perkara yang bisa diselesaikan secara musyawarah antara pihak terkait.

"Kapolri memang menginstruksikan pendekatan-pendekatan secara restorative justice untuk menyelesaikan masalah, khususnya pada kasus yang dinilai dapat diselesaikan secara musyawarah dan mufakat," terang Henry.

Penerapan konsep restorative justice dinilai penting karena masyarakat menginginkan masalah-masalah kecil bisa diselesaikan tanpa melalui proses peradilan. Kasus-kasus kecil itu akan menimbulkan polemik jika diproses hingga persidangan.

"Karena kepastian hukum harus berjalan, akhirnya bermunculan kasus. Pandangan yang tidak bagus terkait rasa keadilan yang harus diperjuangkan khususnya masyarakat kecil," papar Henry.

Dalam kesempatan ini, Henry Indraguna meminta jajaran kepolisian menjalin komunikasi yang baik dengan berbagai pihak untuk menjalankan tugasnya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas).

"Bagaimana langkah Polri untuk menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan, pelindungan serta pengayoman terhadap masyarakat. Konsep Polri yang Presisi ini adalah sebuah perjalanan panjang. Masyarakat terus mengoreksi dan mengkritik Polri agar lebih baik, terlepas dari semua kekurangan yang dilakukan, Polri harus berkomitmen menjadikan Polri yang semakin dicintai masyarakat," kata Henry.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anies: 85 persen Bangunan Bebas PBB Berkat Pergub 23/2022

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan Pergub Nomor 23 Tahun 2022 membuat sebanyak 85 persen warga dan bangunan di Jakarta bebas PBB.

NEWS | 18 Agustus 2022

Keluarga Ingin TKP Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Jadi Tempat Ibadah

Yosef Hidayah, suami sekaligus ayah korban pembunuhan ibu dan anak di Subang berharap rumah yang menjadi TKP pembunuhan menjadi tempat ibadah. 

NEWS | 18 Agustus 2022

Tiga Kunci supaya Langgeng Berbisnis Toko Kelontong

Pemilik toko kelontong, Neneng yang tergabung dalam komunitas UMKM Sampoerna Retail Community mengungkap tiga kunci bisa langgeng berbisnis kelontong.

NEWS | 18 Agustus 2022

Suku Tengger Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa di Lautan Pasir Bromo

Ratusan warga Suku Tengger bersama BBTNBTS melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di lautan pasir Gunung Bromo untuk memperingati HUT ke-77 RI.

NEWS | 17 Agustus 2022

Kompolnas Persilakan Petinggi RUBS Lapor jika Merasa Dikriminalisasi

Kompolnas mempersilakan petinggi PT Rantau Utama Bhakti Sumatera (RUBS) melapor jika merasa dikriminalisasi atas kasus yang ditangani Bareskrim Polri.

NEWS | 17 Agustus 2022

Merdeka Belajar Jadi Inspirasi untuk Pemulihan Pendidikan

Mendikbudristek mengungkapkan bahwa Presidensi G-20 Indonesia terus mendorong Merdeka Belajar dalam kolaborasi global.

NEWS | 17 Agustus 2022

Serangan Udara AS di Somalia Tewaskan 13 Pejuang Al-Shabaab

Pentagon mengatakan pada hari Rabu (17/8/2022), pasukannya membunuh 13 pejuang kelompok militan Al-Shabaab dalam serangan udara AS di Somalia.

NEWS | 17 Agustus 2022

Pasutri Korban Tewas dalam Kecelakaan di Cilegon Dievakuasi

Polres Cilegon mengevakuasi pasangan suami istri (pasutri) yang tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Cilegon - Citangkil.

NEWS | 17 Agustus 2022

Malaysia Ingin Belajar dari Thailand Gunakan Ganja untuk Tujuan Medis

Malaysia berencana untuk belajar dari kebijakan ganja di negara tetangganya Thailand dalam upaya untuk melegalkan penggunaan obat untuk tujuan medis.

NEWS | 17 Agustus 2022

Tim Voli Putri SNJ Meraih Kemenangan Pertama di Bulungan

SNJ meraih kemenangan pertama pada hari pertama Turnamen Kemerdekaan Bolavoli Antarperusahaan/Instansi Piala Gubernur DKI Jakarta, Rabu (17/8/2022),

NEWS | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Tim Pancasila Tangguh


# Korea Utara


# Ponpes Ngruki


# Putri Candrawathi


# Upacara 17 Agustus


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Liga 1: Diunggulkan, Bali United Tak Remehkan Barito Putera

Liga 1: Diunggulkan, Bali United Tak Remehkan Barito Putera

BOLA | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings