Logo BeritaSatu

Tanaman Pemangsa Mahluk Bawah Tanah Ditemukan di Kalimantan

Jumat, 1 Juli 2022 | 23:03 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Praha, Beritasatu.com - Para ilmuwan telah menemukan tanaman karnivora di Kalimantan Utara (Kaltara) yang menumbuhkan alat penangkap mangsa di bawah tanah, untuk memakan makhluk bawah tanah seperti cacing, larva, dan kumbang.

Spesies tanaman kantong semar itu ditemukan di Provinsi Kaltara. Seperti tanaman kantong semar lainnya, Nepenthes pudica telah memodifikasi daunnya, yang dikenal sebagai perangkap jebakan atau kantong, tempat mangsanya jatuh sebelum dikonsumsi. Satu spesies sangat besar sehingga dapat menjebak tikus.

Tidak ada spesies lain dari tanaman kantong semar yang diketahui ilmuwan menangkap mangsanya di bawah tanah.

Tanaman itu membentuk tunas bawah tanah khusus dengan daun kecil, putih, bebas klorofil, kata para peneliti. Kantongnya jauh lebih besar dari daunnya dan memiliki warna kemerahan.

"Spesies ini menempatkan kantong sepanjang 11 cm (4,3 inci) di bawah tanah, di mana mereka terbentuk di rongga atau langsung di tanah dan menjebak hewan yang hidup di bawah tanah, biasanya semut, tungau, dan kumbang," kata penulis studi utama Martin DanĨák dari Palacký University Olomouc, Republik Ceko, dalam rilis berita.

Hanya tiga kelompok tanaman karnivora lain yang diketahui dapat menjebak mangsa di bawah tanah, tetapi mereka semua menggunakan mekanisme perangkap yang sangat berbeda dan, tidak seperti Nepenthes pudica, hanya dapat menangkap organisme yang sangat kecil, kata para peneliti.

"Menariknya, kami menemukan banyak organisme yang hidup di dalam kantong, termasuk larva nyamuk, nematoda, dan spesies cacing, yang juga digambarkan sebagai spesies baru," kata Václav ermák dari Mendel University di Brno, Republik Ceko, yang juga bagian dari tim peneliti.

Keberuntungan memainkan peran dalam penemuannya. Para ilmuwan memperhatikan tanaman di gunung yang mereka jelajahi yang sangat mirip dengan Nepenthes tetapi tidak menghasilkan kantong. Pencarian awal menunjukkan kantong cacat yang menonjol dari tanah.

"Awalnya, kami mengira itu adalah kantong yang terkubur secara tidak sengaja dan kondisi lingkungan setempat telah menyebabkannya," kata uboš Majeský dari Universitas Palacký Olomouc, yang merupakan bagian dari tim peneliti.

"Namun, saat kami terus menemukan tanaman tanpa kantung di sepanjang pendakian ke puncak, kami bertanya-tanya apakah spesies tanaman kantung semar mungkin telah berevolusi menuju hilangnya karnivora, seperti yang terlihat pada beberapa tanaman karnivora lainnya."

Tapi kemudian, saat mengambil foto, Majeský mengatakan dia merobek bantalan lumut dari pangkal pohon; mengungkapkan sekelompok kantong dengan rona merah marun yang kaya.

Penemuan ini penting untuk konservasi alam di Kalimantan Indonesia, yang merupakan hotspot keanekaragaman hayati.

“Kami berharap penemuan tanaman karnivora yang unik ini dapat membantu melindungi hutan hujan Kalimantan, terutama mencegah atau setidaknya memperlambat konversi hutan asli menjadi perkebunan kelapa sawit,” kata Wewin Tjiasmanto dari kelompok konservasi Indonesia Yayasan Konservasi Biota Lahan Basah di Surabaya, yang membantu menemukan spesies baru.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNN

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mempercepat proyek infrastruktur dengan menggunakan Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Kredit Modal Kerja (KMK)

NEWS | 6 Oktober 2022

Terkait Pengelolaan Kebun Raya Bogor, Bima Arya Ancam PT MRN

Wali Kota Bogor Bima Arya mengancam akan mengevaluasi keberadaan pihak swasta PT MNR dalam mengelola cagar budaya Kebun Raya Bogor.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dipanggil Hari Ini, Rizky Billar Diminta Kooperatif

Rizky Billar dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan terkait kasus KDRT yang dilaporkan oleh sang istri, Lesti Kejora, hari ini.

NEWS | 6 Oktober 2022

Relawan Emak Muda Deklarasi Dukungan untuk Prabowo

Ibu-ibu muda yang tergabung dalam Relawan Emak Muda (Emud) mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

NEWS | 6 Oktober 2022

Putin Perintahkan Badan Nuklir Rusia Ambil Alih PLTN Zaporizhzhia

Presiden Vladimir Putin memerintahkan badan nuklir Rusia untuk mengambil alih pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia Ukraina, yang terbesar di Eropa.

NEWS | 6 Oktober 2022

KSP Dorong Percepatan Pengadaan Lahan Jalan Pantai Selatan

KSP mendorong percepatan pengadaan lahan untuk pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) sebagai salah satu program strategis nasional

NEWS | 6 Oktober 2022

Laporkan Mamat Alkatiri, Hillary Lasut: Kenapa Harus Heboh?

Anggota DPR Hillary Brigitta Lasut melaorkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya, terkait dugaan pencemaran nama baik.

NEWS | 6 Oktober 2022

Anak dan Istri Lukas Enembe Mangkir dari Panggilan KPK

Anak dan istri Gubernur Papua Lukas Enembe mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 6 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, Menkes Siapkan PeduliLindungi dalam 13 Bahasa

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyiapkan aplikasi PeduliLindungi dalam 13 bahasa menjelang KTT G-20 di Bali, November mendatang.

NEWS | 6 Oktober 2022

Ungkap Kasus Suap Garuda Indonesia, KPK Bakal Panggil Banyak Pihak

Untuk ungkap kasus suap Garuda Indonesia, KPK bakal memanggil banyak pihak untuk dimintai keterangan demi mengusut kasus ini. 

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pecat Seoane, Bayer Leverkusen Tunjuk Xabi Alonso Jadi Pelatih

Pecat Seoane, Bayer Leverkusen Tunjuk Xabi Alonso Jadi Pelatih

BOLA | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings