Logo BeritaSatu

Tanaman Pemangsa Mahluk Bawah Tanah Ditemukan di Kalimantan

Jumat, 1 Juli 2022 | 23:03 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Praha, Beritasatu.com - Para ilmuwan telah menemukan tanaman karnivora di Kalimantan Utara (Kaltara) yang menumbuhkan alat penangkap mangsa di bawah tanah, untuk memakan makhluk bawah tanah seperti cacing, larva, dan kumbang.

Spesies tanaman kantong semar itu ditemukan di Provinsi Kaltara. Seperti tanaman kantong semar lainnya, Nepenthes pudica telah memodifikasi daunnya, yang dikenal sebagai perangkap jebakan atau kantong, tempat mangsanya jatuh sebelum dikonsumsi. Satu spesies sangat besar sehingga dapat menjebak tikus.

Advertisement

Tidak ada spesies lain dari tanaman kantong semar yang diketahui ilmuwan menangkap mangsanya di bawah tanah.

Tanaman itu membentuk tunas bawah tanah khusus dengan daun kecil, putih, bebas klorofil, kata para peneliti. Kantongnya jauh lebih besar dari daunnya dan memiliki warna kemerahan.

"Spesies ini menempatkan kantong sepanjang 11 cm (4,3 inci) di bawah tanah, di mana mereka terbentuk di rongga atau langsung di tanah dan menjebak hewan yang hidup di bawah tanah, biasanya semut, tungau, dan kumbang," kata penulis studi utama Martin DanĨák dari Palacký University Olomouc, Republik Ceko, dalam rilis berita.

Hanya tiga kelompok tanaman karnivora lain yang diketahui dapat menjebak mangsa di bawah tanah, tetapi mereka semua menggunakan mekanisme perangkap yang sangat berbeda dan, tidak seperti Nepenthes pudica, hanya dapat menangkap organisme yang sangat kecil, kata para peneliti.

"Menariknya, kami menemukan banyak organisme yang hidup di dalam kantong, termasuk larva nyamuk, nematoda, dan spesies cacing, yang juga digambarkan sebagai spesies baru," kata Václav ermák dari Mendel University di Brno, Republik Ceko, yang juga bagian dari tim peneliti.

Keberuntungan memainkan peran dalam penemuannya. Para ilmuwan memperhatikan tanaman di gunung yang mereka jelajahi yang sangat mirip dengan Nepenthes tetapi tidak menghasilkan kantong. Pencarian awal menunjukkan kantong cacat yang menonjol dari tanah.

"Awalnya, kami mengira itu adalah kantong yang terkubur secara tidak sengaja dan kondisi lingkungan setempat telah menyebabkannya," kata uboš Majeský dari Universitas Palacký Olomouc, yang merupakan bagian dari tim peneliti.

"Namun, saat kami terus menemukan tanaman tanpa kantung di sepanjang pendakian ke puncak, kami bertanya-tanya apakah spesies tanaman kantung semar mungkin telah berevolusi menuju hilangnya karnivora, seperti yang terlihat pada beberapa tanaman karnivora lainnya."


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNN

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ledakan Bom di Masjid Kabul Akibatkan 10 Orang Tewas

Ledakan bom di masjid Kabul, ibu kota Afghanistan saat salat malam pada Rabu (17/8/2022), menewaskan sedikitnya 10 orang,

NEWS | 18 Agustus 2022

BMKG Prakirakan Hari Ini Cuaca Jakarta Cerah Berawan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa cuaca Jakarta cerah berawan, Kamis (18/8/2022).

NEWS | 18 Agustus 2022

BMKG: Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi pada 18-20 Agustus

BMKG memprakirakan, gelombang tinggi di kisaran 4 meter hingga 6 meter yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 18 - 20 Agustus 2022

NEWS | 18 Agustus 2022

Di Zimbabwe, 157 Anak Meninggal Akibat Wabah Campak

Wabah campak di Zimbabwe telah mengakibatkan kematian 157 anak. sebagian besar anak tidak divaksinasi campak karena keyakinan agama.

NEWS | 18 Agustus 2022

Serangan Udara Ukraina Berhasil Hancurkan Helikopter Rusia

Pesawat pembom Ukraina menghancurkan tiga pesawat nirawak Rusia dan satu helikopter Alligator di wilayah Zaporizhzhia dan Donetsk.

NEWS | 18 Agustus 2022

Presiden Serbia Klaim Tidak Butuh Pangkalan Militer Asing

Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengklaim Serbia tidak butuh pangkalan militer asing dan ingin menghindari eskalasi konflik dengan segala cara.

NEWS | 18 Agustus 2022

Anies: 85 persen Bangunan Bebas PBB Berkat Pergub 23/2022

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan Pergub Nomor 23 Tahun 2022 membuat sebanyak 85 persen warga dan bangunan di Jakarta bebas PBB.

NEWS | 18 Agustus 2022

Keluarga Ingin TKP Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Jadi Tempat Ibadah

Yosef Hidayah, suami sekaligus ayah korban pembunuhan ibu dan anak di Subang berharap rumah yang menjadi TKP pembunuhan menjadi tempat ibadah. 

NEWS | 18 Agustus 2022

Tiga Kunci supaya Langgeng Berbisnis Toko Kelontong

Pemilik toko kelontong, Neneng yang tergabung dalam komunitas UMKM Sampoerna Retail Community mengungkap tiga kunci bisa langgeng berbisnis kelontong.

NEWS | 18 Agustus 2022

Suku Tengger Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa di Lautan Pasir Bromo

Ratusan warga Suku Tengger bersama BBTNBTS melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di lautan pasir Gunung Bromo untuk memperingati HUT ke-77 RI.

NEWS | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Tim Pancasila Tangguh


# Korea Utara


# Ponpes Ngruki


# Putri Candrawathi


# Upacara 17 Agustus


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ledakan Bom di Masjid Kabul Akibatkan 10 Orang Tewas

Ledakan Bom di Masjid Kabul Akibatkan 10 Orang Tewas

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings