Logo BeritaSatu

NATO Anggap Rusia sebagai Ancaman Paling Signifikan

Jumat, 1 Juli 2022 | 11:26 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Madrid, Beritasatu.com- NATO menyatakan Rusia sebagai ancaman paling signifikan dan langsung bagi perdamaian dan keamanan anggotanya. Seperti dilaporkan AP, Kamis (30/6/2022), NATO berjanji untuk memperkuat dukungan untuk Ukraina, bahkan ketika pemimpin negara itu mencela aliansi tersebut karena tidak berbuat lebih banyak untuk membantunya mengalahkan Moskwa.

Kecaman organisasi militer itu tidak sepenuhnya mengejutkan: Kepala NATO sebelumnya mengatakan perang Rusia di Ukraina telah menciptakan krisis keamanan terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II. Tapi itu adalah wajah serius untuk aliansi yang satu dekade lalu pernah menyebut Moskwa sebagai mitra strategis.

Advertisement

NATO juga mengeluarkan peringatan tentang Tiongkok, menuduhnya menggertak tetangganya dan membentuk "kemitraan strategis" dengan Moskwa yang merupakan tantangan bagi Barat.

Dibentuk sekitar 70 tahun yang lalu untuk melawan Uni Soviet, NATO mengadakan pertemuan puncaknya di Madrid di dunia yang diubah oleh invasi Rusia terhadap tetangganya.

Perang mendorong aliansi untuk mengerahkan pasukan dan senjata ke Eropa timur dalam skala yang tidak terlihat dalam beberapa dekade dan mendorong Swedia dan Finlandia untuk mencari keamanan keanggotaan NATO.

Kedua negara yang sebelumnya nonblok secara resmi diundang untuk bergabung pada hari Rabu, ketika Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg mengatakan perang telah membawa perombakan terbesar pertahanan kolektif kita sejak akhir Perang Dingin.

Tetapi Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyesalkan bahwa kebijakan pintu terbuka NATO untuk anggota baru tampaknya tidak berlaku untuk negaranya.

“Kebijakan pintu terbuka NATO seharusnya tidak menyerupai pintu putar lama di kereta bawah tanah Kyiv, yang tetap terbuka tetapi tertutup ketika Anda mendekati mereka sampai Anda membayar. Apakah Ukraina belum membayar cukup?” kata Zelensky melalui tautan video.

Zelensky juga meminta sistem artileri yang lebih modern dan senjata lainnya dan memperingatkan para pemimpin bahwa mereka harus memberi Kyiv bantuan yang dibutuhkan atau "menghadapi perang yang tertunda antara Rusia dan Anda sendiri."

“Pertanyaannya, siapa selanjutnya? Moldova? Atau Baltik? Atau Polandia? Jawabannya adalah: semuanya,” seru Zelensky.

Zelensky telah mengakui bahwa keanggotaan NATO adalah prospek yang jauh. Di bawah perjanjian NATO, serangan terhadap salah satu dari 30 anggota akan memicu respons militer oleh seluruh aliansi, sehingga mencoba untuk mencapai keseimbangan yang rapuh, membiarkan negaranya mempersenjatai Ukraina tanpa memicu konfrontasi langsung dengan Rusia yang bersenjata nuklir.

Pada saat yang sama NATO telah bergerak cepat untuk memastikan bahwa anggotanya dilindungi, secara dramatis meningkatkan kekuatan militer di sepanjang sisi timurnya, di mana negara-negara dari Rumania hingga negara-negara Baltik khawatir tentang rencana masa depan Rusia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Di Zimbabwe, 157 Anak Meninggal Akibat Wabah Campak

Wabah campak di Zimbabwe telah mengakibatkan kematian 157 anak. sebagian besar anak tidak divaksinasi campak karena keyakinan agama.

NEWS | 18 Agustus 2022

Serangan Udara Ukraina Berhasil Hancurkan Helikopter Rusia

Pesawat pembom Ukraina menghancurkan tiga pesawat nirawak Rusia dan satu helikopter Alligator di wilayah Zaporizhzhia dan Donetsk.

NEWS | 18 Agustus 2022

Presiden Serbia Klaim Tidak Butuh Pangkalan Militer Asing

Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengklaim Serbia tidak butuh pangkalan militer asing dan ingin menghindari eskalasi konflik dengan segala cara.

NEWS | 18 Agustus 2022

Anies: 85 persen Bangunan Bebas PBB Berkat Pergub 23/2022

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan Pergub Nomor 23 Tahun 2022 membuat sebanyak 85 persen warga dan bangunan di Jakarta bebas PBB.

NEWS | 18 Agustus 2022

Keluarga Ingin TKP Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Jadi Tempat Ibadah

Yosef Hidayah, suami sekaligus ayah korban pembunuhan ibu dan anak di Subang berharap rumah yang menjadi TKP pembunuhan menjadi tempat ibadah. 

NEWS | 18 Agustus 2022

Tiga Kunci supaya Langgeng Berbisnis Toko Kelontong

Pemilik toko kelontong, Neneng yang tergabung dalam komunitas UMKM Sampoerna Retail Community mengungkap tiga kunci bisa langgeng berbisnis kelontong.

NEWS | 18 Agustus 2022

Suku Tengger Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa di Lautan Pasir Bromo

Ratusan warga Suku Tengger bersama BBTNBTS melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di lautan pasir Gunung Bromo untuk memperingati HUT ke-77 RI.

NEWS | 17 Agustus 2022

Kompolnas Persilakan Petinggi RUBS Lapor jika Merasa Dikriminalisasi

Kompolnas mempersilakan petinggi PT Rantau Utama Bhakti Sumatera (RUBS) melapor jika merasa dikriminalisasi atas kasus yang ditangani Bareskrim Polri.

NEWS | 17 Agustus 2022

Merdeka Belajar Jadi Inspirasi untuk Pemulihan Pendidikan

Mendikbudristek mengungkapkan bahwa Presidensi G-20 Indonesia terus mendorong Merdeka Belajar dalam kolaborasi global.

NEWS | 17 Agustus 2022

Serangan Udara AS di Somalia Tewaskan 13 Pejuang Al-Shabaab

Pentagon mengatakan pada hari Rabu (17/8/2022), pasukannya membunuh 13 pejuang kelompok militan Al-Shabaab dalam serangan udara AS di Somalia.

NEWS | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Tim Pancasila Tangguh


# Korea Utara


# Ponpes Ngruki


# Putri Candrawathi


# Upacara 17 Agustus


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Bekali Pengurus PSI soal Materi Antikorupsi

KPK Bekali Pengurus PSI soal Materi Antikorupsi

NEWS | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings