Logo BeritaSatu

Ditjen Hubdat Tingkatkan Pengawasan Bus Pariwisata

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:14 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) akan meningkatkan pengawasan bus pariwisata guna mencegah kecelakaan lalu lintas.

“Seiring dengan maraknya kecelakaan lalu lintas khususnya bus pariwisata, kami di Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan menambah pengawasan bagi bus baik AKAP maupun Pariwisata. Terlebih baru pada Minggu (26/6) lalu terjadi kecelakaan beruntun di Tol Purbaleunyi KM 92 arah Jakarta, kami turut prihatin atas kejadian tersebut,” ungkap Direktur Angkutan Jalan Suharto, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Kamis (30/6/2022).

Advertisement

Dalam keterangannya tersebut, Suharto menyatakan bahwa Ditjen Hubdat bersama-sama dengan pemerintah daerah akan mengawasi operasional angkutan Pariwisata termasuk kehadiran bus dan awak bus pada obyek wisata.

“Kami bersama dengan pemerintah daerah akan melakukan sejumlah upaya pencegahan kecelakaan lalu lintas bagi angkutan bus, salah satunya dengan kampanye keselamatan transportasi. Sasaran kampanye keselamatan kami ini yaitu untuk para operator bus maupun pengemudi,” tambah Suharto.

Selain itu, Suharto menjelaskan bahwa dengan kehadiran Spionam (Sistem Perizinan Online Angkutan dan Multimoda) diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk memeriksa validitas angkutan umum yang akan digunakan apakah sudah terdaftar atau belum. Dalam Spionam tersebut, dicantumkan kapan masa berlaku uji kendaraan juga masa berlaku kartu pengawasan kendaraan tertentu.

“Dengan menggunakan Spionam maka pengawasan terhadap pelayanan angkutan pariwisata juga secara tidak langsung dilakukan oleh masyarakat dan ini diyakini akan lebih efektif karena masyarakat juga sebagai pengguna angkutan pariwisata," ungkap Suharto dalam kterangan tertulisnya.

Suharto menjelaskan, dalam waktu dekat, Kemenhub juga akan membuat MoU dengan pemangku kepentingan lainnya termasuk kementerian terkait.

"Khusus pelayanan angkutan pariwisata, saat ini sudah memasuki tahapan darurat keselamatan sehingga dalam waktu dekat kami akan membuat MoU sebagai komitmen bersama dari pemangku kepentingan seperti Kemenhub, Kementerian PUPR, Kemenparekraf, dan Korlantas Polri. Institusi ini akan bekerja sesuai tupoksinya masing-masing dalam kurun waktu dan obyek yang sama,” pungkas Suharto.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hikmahbudhi Dukung Polda Terkait Penetapan Tersangka Roy Suryo

Hikmahbudhi mendukung Polda Metro Jaya yang menetapkan status tersangka kepada  Roy Suryo pada kasus penistaan agama terkait meme stupa di Candi Borobudur.

NEWS | 9 Agustus 2022

Naik 64 Peringkat, Pertamina Satu-satunya Perusahaan Indonesia di Fortune Global 500

PT Pertamina kembali mengokohkan diri sebagai satu-satunya perusahaan Indonesia sekaligus satu-satunya BUMN yang masuk dalam daftar Fortune Global 500 2022.

NEWS | 9 Agustus 2022

Mahfud MD Optimistis Polri Tuntaskan Kasus Brigadir J

Mahfud MD optimistis kasus tewasnya Brigadir Nopryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dapat dituntaskan oleh Polri.

NEWS | 9 Agustus 2022

Ke Bareskrim, LPSK Koordinasi soal Justice Collaborator Bharada E

LPSK akan ke Bareskrim Polri pada Selasa (9/8/2022), untuk menemui Bharada E dalam rangka koordinasi terkait dengan justice collaborator (JC).

NEWS | 9 Agustus 2022

Sore Ini, Polri Umumkan Tersangka Baru Kasus Brigadir J

Polri bakal mengumumkan tersangka baru kasus meninggalnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Mabes Polri pada Selasa (9/8/2022) sore.

NEWS | 9 Agustus 2022

Cuaca Jakarta: Sebagian Wilayah Bakal Diguyur Hujan

BMKG memprakirakan cuaca Jakarta hari ini, Selasa (9/8/2022), sebagian wilayah bakal diguyur hujan ringan.

NEWS | 9 Agustus 2022

Enesis Gelar Edukasi Pencegahan DBD di Kota Malang

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Baschin Dardak menilai edukasi Enesis ini penting bagi kader jumantik dalam pencegahan DBD.

NEWS | 9 Agustus 2022

Ke Kalimantan Barat, Ini yang Akan Diresmikan Jokowi

Jokowi akan meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat.

NEWS | 9 Agustus 2022

Ukraina Gagalkan Upaya Pembunuhan Pejabat Tinggi Negara

Ukraina menangkap dua orang yang bekerja untuk badan intelijen Rusia yang berencana membunuh sejumlah pejabat tinggi negara.

NEWS | 9 Agustus 2022

Agustus, Upacara Bendera di Tugu Kujang Bogor Tiap Hari

Agustus 2022 ini, tiap hari, Bogor menyelenggarakan upacara bendera di Tugu Kujang sebagai peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 RI.

NEWS | 9 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hikmahbudhi Dukung Polda Terkait Penetapan Tersangka Roy Suryo

Hikmahbudhi Dukung Polda Terkait Penetapan Tersangka Roy Suryo

NEWS | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings