Logo BeritaSatu

AS akan Distribusikan Dua Juta Vaksin Cacar Monyet

Kamis, 30 Juni 2022 | 08:33 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan mendistribusikan dua juta dosis vaksin cacar monyet. Seperti dilaporkan RT, Rabu (29/6/2022), pengumuman itu datang ketika AS melampaui 300 kasus infeksi secara nasional.

AS akan membagikan hampir dua juta vaksin cacar monyet dalam beberapa bulan mendatang, dimulai dengan fase awal sekitar 300.000 dosis sebagai bagian dari strategi nasional baru melawan virus yang berpotensi berbahaya.

Advertisement

Pada Selasa (288/6), Gedung Putih mengumumkan strategi tersebut seraya mencatat bahwa 56.000 dosis vaksin akan segera dialokasikan. Strategi diikuti oleh 240.000 vaksin tambahan selama beberapa minggu mendatang. Sementara, 1,6 juta dosis lainnya akan tersedia akhir tahun ini.

“Strategi vaksin Anda akan segera membantu mengatasi penyebaran virus dengan menyediakan vaksin di seluruh negeri kepada individu yang berisiko tinggi,” katanya.

Gedung Putih menambahkan bahwa langkah pertama dari rencana tersebut bertujuan untuk menyebarkan vaksin dengan cepat di komunitas yang paling terkena dampak dan mengurangi penyebaran penyakit.

Pemerintah menyatakan bahwa 32 negara bagian dan yurisdiksi telah meminta vaksin sejauh ini, dan bahwa lebih dari 9.000 dosis dan 300 perawatan antivirus telah dikerahkan.

Hingga Selasa, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyatakan telah mengonfirmasi total 305 kasus cacar monyet di AS, sementara lebih dari 4.400 kasus telah terdeteksi di luar negeri.

Selain membagikan ratusan ribu vaksin, Gedung Putih menyatakan akan secara dramatis memperluas pengujian cacar monyet di seluruh negeri, setelah CDC mulai mengirimkan alat uji yang disetujui ke beberapa laboratorium komersial utama.

Untuk lebih meningkatkan ketersediaan, CDC telah menerbitkan protokolnya untuk pengujian, yang dapat digunakan oleh laboratorium pihak ketiga tanpa izin Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).

Badan-badan kesehatan menandatangani kesepakatan jutaan dolar pada bulan Mei, setuju untuk membeli hingga 13 juta dosis vaksin Jynneos dari perusahaan farmasi Denmark, Bavarian Nordic.

Awalnya dibuat untuk cacar, tetapi disetujui untuk digunakan melawan cacar monyet oleh FDA pada 2019. Kontrak terbaru tidak akan dipenuhi sampai tahun depan, namun, yang berarti Gedung Putih harus bergantung pada stok yang ada.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Naik 64 Peringkat, Pertamina Satu-satunya Perusahaan Indonesia di Fortune Global 500

PT Pertamina kembali mengokohkan diri sebagai satu-satunya perusahaan Indonesia sekaligus satu-satunya BUMN yang masuk dalam daftar Fortune Global 500 2022.

NEWS | 9 Agustus 2022

Mahfud MD Optimistis Polri Tuntaskan Kasus Brigadir J

Mahfud MD optimistis kasus tewasnya Brigadir Nopryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dapat dituntaskan oleh Polri.

NEWS | 9 Agustus 2022

Ke Bareskrim, LPSK Koordinasi soal Justice Collaborator Bharada E

LPSK akan ke Bareskrim Polri pada Selasa (9/8/2022), untuk menemui Bharada E dalam rangka koordinasi terkait dengan justice collaborator (JC).

NEWS | 9 Agustus 2022

Sore Ini, Polri Umumkan Tersangka Baru Kasus Brigadir J

Polri bakal mengumumkan tersangka baru kasus meninggalnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Mabes Polri pada Selasa (9/8/2022) sore.

NEWS | 9 Agustus 2022

Cuaca Jakarta: Sebagian Wilayah Bakal Diguyur Hujan

BMKG memprakirakan cuaca Jakarta hari ini, Selasa (9/8/2022), sebagian wilayah bakal diguyur hujan ringan.

NEWS | 9 Agustus 2022

Enesis Gelar Edukasi Pencegahan DBD di Kota Malang

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Baschin Dardak menilai edukasi Enesis ini penting bagi kader jumantik dalam pencegahan DBD.

NEWS | 9 Agustus 2022

Ke Kalimantan Barat, Ini yang Akan Diresmikan Jokowi

Jokowi akan meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat.

NEWS | 9 Agustus 2022

Ukraina Gagalkan Upaya Pembunuhan Pejabat Tinggi Negara

Ukraina menangkap dua orang yang bekerja untuk badan intelijen Rusia yang berencana membunuh sejumlah pejabat tinggi negara.

NEWS | 9 Agustus 2022

Agustus, Upacara Bendera di Tugu Kujang Bogor Tiap Hari

Agustus 2022 ini, tiap hari, Bogor menyelenggarakan upacara bendera di Tugu Kujang sebagai peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 RI.

NEWS | 9 Agustus 2022

Pengamat Yakin Kepemimpinan Firli Dkk di KPK Berujung Manis

Pengamat dan praktisi hukum Masriadi Pasaribu meyakini kepemimpinan Firli Bahuri dan pimpinan KPK jilid V lainnya dalam memberantas korupsi akan berujung manis.

NEWS | 8 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mahfud MD Optimistis Polri Tuntaskan Kasus Brigadir J

Mahfud MD Optimistis Polri Tuntaskan Kasus Brigadir J

NEWS | 14 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings