Logo BeritaSatu

Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter 2 Hari Ini

Rabu, 29 Juni 2022 | 09:00 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada gelombang dengan tinggi 2,5 meter hingga 4 meter yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 29-30 Juni 2022.

BMKG menyebutkan, gelombang tinggi kisaran 2,5-4 meter dapat terjadi di beberapa wilayah seperti perairan utara Sabang, perairan barat Aceh- Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu, perairan Enggano-barat Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatra, Selat Sunda bagian barat dan selatan, dan perairan selatan Jawa-Sumba.

Kemudian, Samudra Hindia Selatan Jawa-NTT, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, perairan Pulau Sawu-Pulau Rote, Laut Timor, perairan selatan Sermata- Kepulauan Tanimbar, dan Laut Arafuru.

BMKG menyebutkan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 4-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur- tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan barat Kepulauan Mentawai, Samudra Hindia Selatan NTT, perairan Sermata- Kepulauan Tanimbar dan Laut Arafuru," tulis peringatan dini BMKG.

BMKG menyebutkan selain gelombang hingga 2,5-4 meter, kondisi ini menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang
1,25 - 2,5 meter di beberapa wilayah seperti Selat Malaka bagian utara, Teluk Lampung bagian selatan, Selat Sumba, perairan selatan Pulau Flores, Selat Sape bagian selatan, Laut Sawu, perairan Kupang, Laut Natuna Utara, dan perairan Kepulauan Natuna.

Kemudian, Laut Jawa bagian timur, Selat Makassar bagian selatan, Laut Flores, perairan timur Sulawesi Tenggara, Laut Banda bagian timur, perairan selatan Kepulauan Kei-Kepulauan Aru, perairan utara Sermata-Kepulauan Babar, perairan utara Papua Barat-Papua, dan Samudra Pasifik Utara Papua Barat-Papua.

Menurut BMKG, potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tulis peringatan dini BMKG.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mempercepat proyek infrastruktur dengan menggunakan Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Kredit Modal Kerja (KMK)

NEWS | 6 Oktober 2022

Terkait Pengelolaan Kebun Raya Bogor, Bima Arya Ancam PT MRN

Wali Kota Bogor Bima Arya mengancam akan mengevaluasi keberadaan pihak swasta PT MNR dalam mengelola cagar budaya Kebun Raya Bogor.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dipanggil Hari Ini, Rizky Billar Diminta Kooperatif

Rizky Billar dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan terkait kasus KDRT yang dilaporkan oleh sang istri, Lesti Kejora, hari ini.

NEWS | 6 Oktober 2022

Relawan Emak Muda Deklarasi Dukungan untuk Prabowo

Ibu-ibu muda yang tergabung dalam Relawan Emak Muda (Emud) mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

NEWS | 6 Oktober 2022

Putin Perintahkan Badan Nuklir Rusia Ambil Alih PLTN Zaporizhzhia

Presiden Vladimir Putin memerintahkan badan nuklir Rusia untuk mengambil alih pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia Ukraina, yang terbesar di Eropa.

NEWS | 6 Oktober 2022

KSP Dorong Percepatan Pengadaan Lahan Jalan Pantai Selatan

KSP mendorong percepatan pengadaan lahan untuk pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) sebagai salah satu program strategis nasional

NEWS | 6 Oktober 2022

Laporkan Mamat Alkatiri, Hillary Lasut: Kenapa Harus Heboh?

Anggota DPR Hillary Brigitta Lasut melaorkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya, terkait dugaan pencemaran nama baik.

NEWS | 6 Oktober 2022

Anak dan Istri Lukas Enembe Mangkir dari Panggilan KPK

Anak dan istri Gubernur Papua Lukas Enembe mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 6 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, Menkes Siapkan PeduliLindungi dalam 13 Bahasa

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyiapkan aplikasi PeduliLindungi dalam 13 bahasa menjelang KTT G-20 di Bali, November mendatang.

NEWS | 6 Oktober 2022

Ungkap Kasus Suap Garuda Indonesia, KPK Bakal Panggil Banyak Pihak

Untuk ungkap kasus suap Garuda Indonesia, KPK bakal memanggil banyak pihak untuk dimintai keterangan demi mengusut kasus ini. 

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings