Logo BeritaSatu

Santripreneur Indonesia Cetak Ribuan Calon Wirausaha

Senin, 27 Juni 2022 | 21:47 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Santripreneur Indonesia sebagai gerakan pengembangan wirausaha santri menggelar acara Santripreneur Camp 2022 Batch 4, di Bogor. Ini merupakan pelatihan kewirausahaan berbentuk camping dan wisata alam yang bertujuan melatih jiwa kewirausahaan santri di Indonesia.

Pendiri dan Pembina Santripreneur Indonesia, KH Ahmad Sugeng Utomo mengatakan, Santripreneur Camp ini telah berjalan sejak 2019. Sejak dimulai, program yang fokus pada pelatihan leadership, enterpreneurship dan digital marketing ini telah diikuti 2.500 santri dari seluruh Indonesia.

“Kami berkomitmen dalam beberapa tahun mendatang, Santripreneur Indonesia akan mampu mendukung program pemerintah dalam mewujudkan peningkatan jumlah entrepreneur di Indonesia, dari 3% menjadi 10%,” kata pria yang akrab disapa Gus Ut di hadapan 200 santri, di Bogor, Senin (27/6/2022).

Gus Ut dalam keterangan yang diterima mengatakan, pada tahun 2022 ini saja, Santripreneur Indonesia menggelar Santripreneur Camp di delapan kota. Pada 2019 di enam kota, sedangkan pada 2021 Santripreneur Indonesia menggelar di tiga kota. Pada tahun 2020 program ini sempat vakum karena Covid-19.

Hingga saat ini, lanjut Gus Ut, Santripreneur Indonesia telah berhasil mencetak ribuan calon pengusaha santri yang tersebar di Indonesia. Para santri tersebut tidak hanya diberi bekal teori, melainkan juga pelatihan. “Para santri kita fasilitasi dalam pembiayaan, produksi, hingga pemasaran agar bisa kompetitif dan mampu bersaing dengan produk lain di luar sana,” kata Gus Ut.

Santripreneur Camp rata-rata diikuti santri yang sedang belajar atau sudah lulus dari pondok pesantren dengan usia 17 - 27 tahun. Selain di Bogor, Santripreneur Camp ini telah dilaksanakan di Yogyakarta, Sumedang, Malang, Semarang, Medan, Makassar, Mojokerto, Salatiga, Tuban, Lombok, dan Aceh.

“Kami berharap, santri yang berjumlah jutaan di Indonesia ini menjadi santri produktif, kreatif, dan mampu membuka lapangan usaha bagi dirinya dan orang lain, sehingga mampu menjadi solusi bagi permasalahan ekonomi di Indonesia," kata Gus Ut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat menegaskan penyaluran dana BLT BBM, BPNT/Sembako dan PKH terus dipantau tiap hari.

NEWS | 30 November 2022

Bupati: Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang 3 Hari

Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman mengatakan, proses pencarian korban gempa Cianjur diperpanjang tiga hari.

NEWS | 30 November 2022

MK Tambahkan Syarat Baru Ini Bagi Caleg Mantan Terpidana di Pemilu

Mahkamah Konstitusi atau MK menambahkan syarat baru bagi caleg mantan terpidana termasuk terpidana kasus korupsi yang akan ikut menjadi Pemilu 2024.

NEWS | 30 November 2022

Naik Helikopter, Lesti Kejora dan Rizky Billar Kunjungi Korban Gempa Cianjur

Pasangan artis Lesti Kejora dan Rizky Billar mengunjungi para korban gempa di daerah kelahirannya Cianjur dengan helikopter.

NEWS | 30 November 2022

Setelah Tembak Brigadir J, Bharada E Mimpi Buruk Selama 3 Pekan

Bharada E mengalami mimpi buruk selama tiga pekan setelah menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 30 November 2022

Bharada E: Brigadir J Selalu Dampingi Putri Candrawathi

Bharada E menyebut, Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, selalu mendampingi Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Sebelum Dihabisi, Leher Brigadir J Sempat Dicengkeram Ferdy Sambo

Ferdy Sambo sempat mencengkeram leher Brigadir J sebelum memerintahkannya untuk menembak.

NEWS | 30 November 2022

Polda Metro Jaya Kirim 48 Polwan untuk Atasi Stres Korban Gempa Cianjur

Polda Metro Jaya mengirim 48 polwan untuk membantu mengatasi stres korban gempa Cianjur, Jawa Timur.

NEWS | 30 November 2022

Tiongkok Berduka, Pemimpin yang Bawa ke Era Transformasi Wafat

Mantan pemimpin Tiongkok Jiang Zemin, yang memimpin negara melalui era transformasi dari akhir 1980-an dan memasuki milenium baru, wafat.

NEWS | 30 November 2022

Ribuan Ikan di Sekitar Pantai Mutiara Jakut Berhamburan ke Tepi Pantai

Sebuah video yang memperlihatkan ribuan ikan menepi ke daratan di sekitar Pantai Mutiara, Jakarta Utara, beredar di media sosial (medsos).

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE