Logo BeritaSatu

Kelompok Negara G7 Bersidang, Ribuan Demonstran Datang

Minggu, 26 Juni 2022 | 21:40 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Munich, Beritasatu.com- Ribuan pengunjuk rasa datang saat Kelompok Tujuh (G7) bersidang di Jerman pada Sabtu (25/6/2022). Seperti dilaporkan Al Jazeera, sekitar 4.000 pengunjuk rasa berkumpul di Munich. Sekitar 18.000 petugas polisi dikerahkan di sekitar lokasi KTT dan aksi protes.

G7 sebagai kekuatan ekonomi terkemuka bersiap untuk mengadakan pertemuan tahunan di Pegunungan Alpen Bavaria, Jerman. Agenda KTT di Munich meliputi perang Rusia terhadap Ukraina, perubahan iklim, energi dan krisis ketahanan pangan.

Advertisement

Kantor berita Jerman dpa melaporkan penyelenggara berharap untuk memobilisasi hingga 20.000 pengunjuk rasa di kota Bavaria. Namun mereka kecewa dengan rendahnya jumlah peserta di taman Theresienwiese Munich.

Uwe Hiksch, salah satu penyelenggara protes, mengatakan calon peserta mungkin menganggap tidak pantas untuk menantang negara demokrasi terkaya di dunia selama invasi Rusia ke Ukraina.

“Kami mendapat kesan bahwa banyak orang tidak tenang dengan perang di Ukraina,” kata Hiksch kepada dpa.

Lima belas kelompok yang kritis terhadap globalisasi, dari Attac hingga World Wildlife Fund (WWF), telah meminta orang-orang untuk berpartisipasi dalam demonstrasi. Berbagai tuntutan mereka termasuk penghentian penggunaan bahan bakar fosil, pelestarian keanekaragaman hayati, keadilan sosial, dan upaya yang lebih besar untuk memerangi kelaparan.

“Tuntutan saya untuk G7 adalah bahwa mereka memiliki komitmen yang jelas untuk transisi energi, itu termasuk penghapusan bahan bakar fosil, semua bentuk bahan bakar fosil, paling lambat pada tahun 2035, sehingga kita dapat berhenti membiayai perang dan konflik,” kata Kilian Wolter dari Greenpeace.

Anggota Oxfam berpose pada protes sebelumnya di kota itu dengan mengenakan kepala wajah para pemimpin G7 yang terlalu besar, menuntut lebih banyak kesetaraan global.

“Kami membutuhkan tindakan nyata untuk mengatasi berbagai krisis di zaman kita ini. Artinya G7 harus segera bertindak. Mereka harus memerangi kelaparan, ketidaksetaraan, dan kemiskinan,” kata juru bicara Tobias Hauschild.

Para pemimpin G7 yakni dari Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, dan Jepang – mulai tiba di Jerman pada hari Sabtu. Agenda KTT G7 mencakup isu-isu seperti perang Rusia di Ukraina, perubahan iklim, energi dan krisis ketahanan pangan yang membayangi.

“Perang brutal Rusia melawan Ukraina juga berdampak di sini,” kata Kanselir Jerman Olaf Scholz dalam video podcast, merujuk pada kenaikan harga bahan makanan, gas, dan energi.

Scholz mengatakan para pemimpin G7 akan membahas situasi saat ini yang dipicu oleh perang di Ukraina "dan pada saat yang sama memastikan bahwa kita menghentikan perubahan iklim buatan manusia".

Kanselir akan menyambut para pemimpin di resor Elmau dekat Garmisch-Partenkirchen pada Sabtu malam. KTT G7 akan berlangsung di Elmau Bavaria dari Minggu hingga Selasa. Setelah pertemuan berakhir, para pemimpin dari 30 negara dalam aliansi NATO kemudian akan berkumpul untuk pertemuan puncak tahunan mereka, yang diadakan Rabu hingga Kamis di Madrid, Spanyol.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pengamat Yakin Kepemimpinan Firli Dkk di KPK Berujung Manis

Pengamat dan praktisi hukum Masriadi Pasaribu meyakini kepemimpinan Firli Bahuri dan pimpinan KPK jilid V lainnya dalam memberantas korupsi akan berujung manis.

NEWS | 8 Agustus 2022

KPU Anggarkan Santunan Rp 36 Juta bagi Petugas Pemilu yang Meninggal Dunia

KPU menganggarkan santunan sebesar Rp 36 juta bagi petugas pemilu yang meninggal dunia saat menjalankan tugasnya pada Pilkada dan Pemilu 2024.

NEWS | 8 Agustus 2022

Polisi Pastikan Selidiki Pohon Koka di Kebun Raya Bogor

Polresta Bogor menyelidiki keberadaan pohon koka di Kebun Raya Bogor (KRB) terkait pengakuan penyelundup biji kokain yang mendapat bibit dari KRB.

NEWS | 8 Agustus 2022

RRI Raih Penghargaan Most Engaging Media

LPP RRI meraih penghargaan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai Most Engaging Media

NEWS | 8 Agustus 2022

Santri Dukung Ganjar Santuni Anak Yatim dan Difabel di 15 Provinsi

Santri Dukung Ganjar, salah satu relawan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 menyantuni anak yatim dan difabel di 15 provinsi untuk memperingati Asyura 10 Muharam.

NEWS | 8 Agustus 2022

Mayat Pria Gegerkan Pengunjung Hotel Somerset Jaksel

Jasad pria membuat geger pengunjung Hotel Somerset Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/8/2022)

NEWS | 8 Agustus 2022

15 Anggota Jamaah Islamiyah Jatim Ikrar Setia kepada NKRI

Sebanyak 15 mantan anggota Jamaah Islamiyah (JI) di Jawa Timur (Jatim) mengucapkan ikrar setia kepada NKRI, Senin (8/8/2022).

NEWS | 8 Agustus 2022

Waspada, Flu Singapura Menyerang Anak

Masyarakat diminta waspada terhadap penyakit flu Singapura yang dikenal dengan sebutan penyakit tangan, kaki, dan mulut dan lazim menyerang anak-anak

NEWS | 8 Agustus 2022

Asosiasi AS Ajak Indonesia Kembangkan Kratom Jadi Komoditas Ekspor

KSP mengapresiasi tawaran kerja sama asosiasi AS mengembangkan kratom sebagai tanaman herbal komoditas ekspor yang bermanfaat untuk kesehatan.

NEWS | 8 Agustus 2022

Kasus Brigadir J, Pengacara: Ungkap Alasan Bharada E

Bharada E mengaku bahwa dia menembak Brigadir Nopryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J atas perintah atasan kedinasannya.

NEWS | 8 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ke Kalimantan Barat, Ini yang Akan Diresmikan Jokowi

Ke Kalimantan Barat, Ini yang Akan Diresmikan Jokowi

NEWS | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings