Logo BeritaSatu

Ukraina Laporkan Serangan Besar dari Wilayah Belarusia

Minggu, 26 Juni 2022 | 16:38 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kyiv, Beritasatu.com- Ukraina melaporkan pihaknya berada di bawah "pemboman besar-besaran" pada Sabtu (25/6/2022) dari negara tetangga Belarusia, sekutu Rusia yang tidak secara resmi terlibat dalam konflik itu. Seperti dilaporkan AFP, serangan terjadi selang sehari setelah Ukraina mengumumkan mundur dari kota strategis Sievierodonetsk.

“Dua puluh roket menargetkan desa Desna di wilayah Chernigiv utara,” kata komando militer utara Ukraina seraya menambahkan bahwa infrastruktur terkena, tetapi belum ada korban yang dilaporkan.

Advertisement

Belarusia telah memberikan dukungan logistik ke Moskwa sejak invasi 24 Februari, terutama dalam beberapa minggu pertama. Seperti Rusia, Belarusia telah menjadi sasaran sanksi Barat wwalaupun secara resmi tidak terlibat dalam konflik tersebut.

"Serangan hari ini secara langsung terkait dengan upaya Kremlin untuk menyeret Belarusia sebagai pihak yang berperang bersama ke dalam perang di Ukraina," kata dinas intelijen Ukraina.

Serangan itu terjadi menjelang pertemuan yang direncanakan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan mitranya dari Belarusia dan sekutu dekatnya Alexander Lukashenko di Saint Petersburg pada hari Sabtu.

Kementerian luar negeri Rusia pada hari Jumat mengutuk keputusan Brussel untuk memberikan status kandidat resmi Uni Eropa kepada Ukraina sebagai langkah untuk "menahan Rusia" secara geopolitik.

"Keputusan itu menegaskan bahwa monopoli geopolitik ruang CIS (Persemakmuran Negara-Negara Merdeka) terus aktif untuk menahan Rusia," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova.

Sementara itu, sekutu Barat Ukraina berkumpul pada Minggu (26/6) di pertemuan puncak para pemimpin G7 di Jerman. Di sana, Presiden Volodymyr Zelensky berbicara.

Dalam pembicaraan tatap muka, sekutu Barat akan mempertimbangkan efektivitas sanksi yang dijatuhkan sejauh ini terhadap Moskwa, mempertimbangkan kemungkinan bantuan baru untuk Ukraina, dan mulai mengalihkan perhatian mereka ke rencana rekonstruksi jangka panjang.

Uni Eropa (UE) memberikan pernyataan dukungan yang kuat pada hari Kamis ketika memberikan status kandidat pada Ukraina, meskipun jalan menuju keanggotaan masih panjang. Moskwa menolak keputusan UE sebagai langkah untuk "menahan Rusia" secara geopolitik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Di Zimbabwe, 157 Anak Meninggal Akibat Wabah Campak

Wabah campak di Zimbabwe telah mengakibatkan kematian 157 anak. sebagian besar anak tidak divaksinasi campak karena keyakinan agama.

NEWS | 18 Agustus 2022

Serangan Udara Ukraina Berhasil Hancurkan Helikopter Rusia

Pesawat pembom Ukraina menghancurkan tiga pesawat nirawak Rusia dan satu helikopter Alligator di wilayah Zaporizhzhia dan Donetsk.

NEWS | 18 Agustus 2022

Presiden Serbia Klaim Tidak Butuh Pangkalan Militer Asing

Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengklaim Serbia tidak butuh pangkalan militer asing dan ingin menghindari eskalasi konflik dengan segala cara.

NEWS | 18 Agustus 2022

Anies: 85 persen Bangunan Bebas PBB Berkat Pergub 23/2022

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan Pergub Nomor 23 Tahun 2022 membuat sebanyak 85 persen warga dan bangunan di Jakarta bebas PBB.

NEWS | 18 Agustus 2022

Keluarga Ingin TKP Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Jadi Tempat Ibadah

Yosef Hidayah, suami sekaligus ayah korban pembunuhan ibu dan anak di Subang berharap rumah yang menjadi TKP pembunuhan menjadi tempat ibadah. 

NEWS | 18 Agustus 2022

Tiga Kunci supaya Langgeng Berbisnis Toko Kelontong

Pemilik toko kelontong, Neneng yang tergabung dalam komunitas UMKM Sampoerna Retail Community mengungkap tiga kunci bisa langgeng berbisnis kelontong.

NEWS | 18 Agustus 2022

Suku Tengger Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa di Lautan Pasir Bromo

Ratusan warga Suku Tengger bersama BBTNBTS melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di lautan pasir Gunung Bromo untuk memperingati HUT ke-77 RI.

NEWS | 17 Agustus 2022

Kompolnas Persilakan Petinggi RUBS Lapor jika Merasa Dikriminalisasi

Kompolnas mempersilakan petinggi PT Rantau Utama Bhakti Sumatera (RUBS) melapor jika merasa dikriminalisasi atas kasus yang ditangani Bareskrim Polri.

NEWS | 17 Agustus 2022

Merdeka Belajar Jadi Inspirasi untuk Pemulihan Pendidikan

Mendikbudristek mengungkapkan bahwa Presidensi G-20 Indonesia terus mendorong Merdeka Belajar dalam kolaborasi global.

NEWS | 17 Agustus 2022

Serangan Udara AS di Somalia Tewaskan 13 Pejuang Al-Shabaab

Pentagon mengatakan pada hari Rabu (17/8/2022), pasukannya membunuh 13 pejuang kelompok militan Al-Shabaab dalam serangan udara AS di Somalia.

NEWS | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Tim Pancasila Tangguh


# Korea Utara


# Ponpes Ngruki


# Putri Candrawathi


# Upacara 17 Agustus


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Bekali Pengurus PSI soal Materi Antikorupsi

KPK Bekali Pengurus PSI soal Materi Antikorupsi

NEWS | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings