Logo BeritaSatu

Gempa di Afghanistan, Taliban Minta Bantuan Internasional

Kamis, 23 Juni 2022 | 14:24 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kabul, Beritasatu.com- Pemimpin Taliban meminta bantuan internasional setelah gempa melanda Afghanistan timur, pada Rabu (22/6/2022). Seperti dilaporkan Arab News, bencana paling mematikan dalam beberapa dasawarsa ini menewaskan sedikitnya 1.000 orang.

Kepada wartawan, Mohammad Amin Huzaifa, kepala Departemen Informasi dan Kebudayaan di Paktika, mengatakan bahwa lebih dari 1.000 orang tewas dan lebih dari 1.500 lainnya terluka di distrik Gayan dan Barmal di Paktika saja. Dia mengatakan bahwa angka tersebut diperkirakan akan meningkat.

Advertisement

Dalam pertemuan darurat, pemerintah Afghanistan menyetujui dana 100 juta Afghanis (US$ 1,1 juta atau Rp 16,2 miliar) untuk upaya bantuan. Namun negara itu sudah menghadapi krisis keuangan dan kemanusiaan, pemimpin tertinggi Taliban, Mullah Hibatullah Akhundzada, meminta bantuan masyarakat internasional.

“Kami juga meminta masyarakat internasional, organisasi bantuan dan lembaga kemanusiaan untuk mendukung rakyat Afghanistan selama bencana besar ini, dan membantu para korban sebanyak mungkin,” katanya.

Tawaran bantuan segera datang dari Pakistan. Getaran juga tercatat di negara itu, tetapi pihak berwenang tidak melaporkan kerusakan atau korban jiwa. Kantor luar negeri Pakistan menyatakan bahwa mereka sedang bekerja untuk memberikan bantuan.

Gempa berkekuatan 6,1 magnitudo melanda pedesaan, daerah pegunungan di provinsi Paktika dan Khost dekat perbatasan Pakistan pada Selasa malam, meratakan rumah-rumah ketika orang-orang tidur di dalam.

Gempa tersebut adalah yang paling mematikan di Afghanistan sejak 1998, ketika gempa berkekuatan 6,5 magnitudo menewaskan lebih dari 4.000 orang di provinsi Takhar di utara negara itu.

Sakhi Rahman, seorang penduduk Paktika, mengatakan kepada Arab News bahwa fasilitas medis di provinsi itu kewalahan oleh jumlah korban.

“Kami mungkin memiliki maksimal 300 hingga 400 tempat tidur rumah sakit di seluruh provinsi. Kami membutuhkan ambulans dan helikopter untuk memindahkan yang terluka ke Kabul dan provinsi lain di mana mereka dapat menerima perawatan yang tepat dan tepat waktu,” katanya.

Warga lainnya, Ahmad Gul, mengatakan puluhan orang tewas di setiap desa di kawasan pegunungan itu.

“Bencananya sangat besar. Kami memiliki fasilitas minimum yang tersedia di provinsi ini. Kita harus meninggalkan segala sesuatu yang lain dan memperhatikan untuk menyelamatkan lebih banyak orang, ”katanya.

Tim penyelamat bergegas ke daerah itu, tetapi tanggapannya diperumit oleh fakta bahwa banyak lembaga bantuan internasional meninggalkan Afghanistan setelah pengambilalihan Taliban pada Agustus lalu, ketika pasukan pimpinan AS mundur setelah perang selama dua dekade.

Menanggapi pengambilalihan Taliban, banyak negara memberlakukan sanksi terhadap Afghanistan, melumpuhkan sektor perbankannya dan memutus bantuan pembangunan senilai miliaran dolar.

Abdul Fatah Jawad, kepala kelompok bantuan Afghanistan Ehsas Welfare and Social Services Organization, mengatakan kepada Arab News bahwa bantuan internasional sangat dibutuhkan.

“Badan-badan PBB, organisasi internasional dan yayasan amal harus memberikan prioritas untuk memberikan bantuan darurat kepada provinsi-provinsi yang dilanda gempa tadi malam. Pemerintah sendiri tidak akan mampu mengatasi bencana besar ini,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Divonis Ringan, Bahar Smith Cium Bendera Merah Putih

Dovonis 6 bulan 15 hari penjara dalam perkara hoax, Bahar Smith mencium bendera Merah Putih di PN Bandung.

NEWS | 17 Agustus 2022

Dituntut Penjara 5 Tahun, Bahar Smith Divonis 6,5 Bulan

Bahar Smith divonis penjara 6 bulan 15 hari oleh Majelis Hakim PN Bandung dalam perkara hoax.

NEWS | 17 Agustus 2022

Mahfud MD: Indonesia Ada karena Pahlawan Ikut Berjuang

Usai Apel Kehormatan HUT ke-77 RI di TMP Kalibata, Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan Indonesia ada karena para pahlawan ikut berjuang meraih kemerdekaan.

NEWS | 17 Agustus 2022

Tiba di TMP Kalibata, Jokowi Pimpin Upacara Apel Kehormatan

Presiden Jokowi tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan untuk memimpin Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT Ke-77 RI.

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, Presiden Jokowi Pimpin Renungan Suci

Tengah malam, Presiden Jokowi pimpin Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangkaian HUT ke-77 RI di TMP Kalibata.

NEWS | 17 Agustus 2022

KPAI Kecam Pencabulan 20 Santriwati di Kabupaten Bandung

KPAI mengencam kekerasan seksual atau pencabulan terhadap 20 santriwati di sebuah pondok pesantren (ponpes) di Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung.

NEWS | 17 Agustus 2022

Doakan Ganjar, Ribuan Santri di Lampung Hadiri Zikir Akbar Jelang HUT Ke-77RI

Sahabat Ganjar bersama ribuan santri di Lampung menghadiri zikir akbar menjelang HUT RI ke-77 serta mendoakan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 17 Agustus 2022

Kasus Brigadir J, Kapolri Diminta Tertibkan Kelompok Ferdy Sambo

IPW meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan kelompok pendukung Ferdy Sambo yang diduga memberikan perlawanan terkait kasus Brigadir J.

NEWS | 17 Agustus 2022

AKKMI Ajak Pemuda Kembalikan Kejayaan Maritim Indonesia

AKKMI mengajak para pemuda untuk dapat andil dalam mengembalikan kejayaan Indonesia di bidang maritim.

NEWS | 16 Agustus 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 16 Agustus 2022

Berikut ini Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 16 Agustus 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 16 Agustus 2022


TAG POPULER

# Syarat Terbaru Naik KA


# Surya Darmadi


# Pengutil di Alfamart


# Utang Luar Negeri


# Thomas Tuchel


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Divonis Ringan, Bahar Smith Cium Bendera Merah Putih

Divonis Ringan, Bahar Smith Cium Bendera Merah Putih

NEWS | 3 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings