Logo BeritaSatu

Tambang Emas Ilegal di Manokwari Bakal Ditutup

Jumat, 17 Juni 2022 | 23:34 WIB
Oleh : Edy Musahidin / FFS

Manokwari, Beritasatu.com - Tambang emas ilegal di Distrik Masni dan Kampung Masarawi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat akan ditutup. Hal ini berdasarkan rapat yang dihadiri Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw dan Bupati Manokwari, Hermus Indou serta Kapolda Papua Barat dan Kejati Papua Barat di Manokwari.

"Kami mendapat laporan dari beberapa kelompok masyarakat dan Informasi Bupati ada terjadi penambangan emas ilegal di Distrik Masni Kali Wariori dan Kampung Masarawi di wilayah Manokwari," kata Bahlil kepada wartawan di Manokwari.

Advertisement

Bahlil mengatakan, tambang emas tersebut telah menyalahi aturan. Selain tidak mengantongi izin dari pemerintah, tambang emas tersebut berada di kawasan hutan konservasi. Untuk itu, Bahlil meminta Pemprov Papua Barat segera melakukan langkah-langkah konkret untuk menutup penambangan ilegal tersebut.

"Karena belum izin, terpaksa kawasan penambangan di wilayah itu aktivitasnya dihentikan. Jadi ada langkah konkret maka tadi instruksi Penjabat Gubernur karena beliau merupakan perpanjangan pemerintah pusat yang ada di provinsi," ucapnya.

Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua Barat bekerja sama dengan Pemkab Manokwari dan Pemkab Pengunungan Arfak membentuk satgas untuk mengawasi tambang ilegal yang ada di wilayah Manokwari, khususnya Masni dan Masarawi.

"Kita akan kerja sama dengan bupati Manokwari dan bupati Pengunungan Arfak membuat satuan tugas tentu melibatkan Forkopimda siapkan langkah-langkah konkret membahas ini untuk menyiapkan konsep untuk pengambilan langkah," katanya.

Lokasi tambang emas ilegal berada hutan konservasi yang mestinya dilindungi. Untuk itu, kawasan tersebut tidak boleh digarap untuk kepentingan apa pun, termasuk penambangan.

"Hal itu berkaitan masuknya alat berat dalam wilayah penambangan rakyat hal itu sama sekali dilarang. Sehingga itu yang akan menjadi tugas dari satgas untuk melakukan penegakan hukum," bebernya

Selaku penjabat gubernur, Paulus meminta kepada pemilik hak Ulayat untuk tidak membiarkan lahan mereka digarap penambang liar. Paulus menegaskan akan segera mengambil langkah cepat untuk menutup aktivitas penambangan ilegal tersebut.

"Hati hati karena dampak kerusakan sangat luas. Saya imbau pemilik hak ulayat, kita adakan pertemuan untuk kita sepakati, untuk mencari solusi bersama menyelesaiakan persoalan ini," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hikmahbudhi Dukung Polda Terkait Penetapan Tersangka Roy Suryo

Hikmahbudhi mendukung Polda Metro Jaya yang menetapkan status tersangka kepada  Roy Suryo pada kasus penistaan agama terkait meme stupa di Candi Borobudur.

NEWS | 9 Agustus 2022

Naik 64 Peringkat, Pertamina Satu-satunya Perusahaan Indonesia di Fortune Global 500

PT Pertamina kembali mengokohkan diri sebagai satu-satunya perusahaan Indonesia sekaligus satu-satunya BUMN yang masuk dalam daftar Fortune Global 500 2022.

NEWS | 9 Agustus 2022

Mahfud MD Optimistis Polri Tuntaskan Kasus Brigadir J

Mahfud MD optimistis kasus tewasnya Brigadir Nopryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dapat dituntaskan oleh Polri.

NEWS | 9 Agustus 2022

Ke Bareskrim, LPSK Koordinasi soal Justice Collaborator Bharada E

LPSK akan ke Bareskrim Polri pada Selasa (9/8/2022), untuk menemui Bharada E dalam rangka koordinasi terkait dengan justice collaborator (JC).

NEWS | 9 Agustus 2022

Sore Ini, Polri Umumkan Tersangka Baru Kasus Brigadir J

Polri bakal mengumumkan tersangka baru kasus meninggalnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Mabes Polri pada Selasa (9/8/2022) sore.

NEWS | 9 Agustus 2022

Cuaca Jakarta: Sebagian Wilayah Bakal Diguyur Hujan

BMKG memprakirakan cuaca Jakarta hari ini, Selasa (9/8/2022), sebagian wilayah bakal diguyur hujan ringan.

NEWS | 9 Agustus 2022

Enesis Gelar Edukasi Pencegahan DBD di Kota Malang

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Baschin Dardak menilai edukasi Enesis ini penting bagi kader jumantik dalam pencegahan DBD.

NEWS | 9 Agustus 2022

Ke Kalimantan Barat, Ini yang Akan Diresmikan Jokowi

Jokowi akan meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat.

NEWS | 9 Agustus 2022

Ukraina Gagalkan Upaya Pembunuhan Pejabat Tinggi Negara

Ukraina menangkap dua orang yang bekerja untuk badan intelijen Rusia yang berencana membunuh sejumlah pejabat tinggi negara.

NEWS | 9 Agustus 2022

Agustus, Upacara Bendera di Tugu Kujang Bogor Tiap Hari

Agustus 2022 ini, tiap hari, Bogor menyelenggarakan upacara bendera di Tugu Kujang sebagai peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 RI.

NEWS | 9 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hikmahbudhi Dukung Polda Terkait Penetapan Tersangka Roy Suryo

Hikmahbudhi Dukung Polda Terkait Penetapan Tersangka Roy Suryo

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings