Logo BeritaSatu

Korban Mafia Tanah Menangis di Hadapan Ketua DPD La Nyalla

Selasa, 14 Juni 2022 | 22:18 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Jakarta, Beritasatu.com – Pertemuan antara Ketua DPD AA La Nyalla Mahmud Mattalitti dengan sejumlah korban mafia tanah diwarnai suasana emosi. Seorang korban yang tergabung dalam Forum Korban Mafia Tanah Indonesia (FKMTI) menangis saat menyampaikan aspirasinya kepada pimpinan DPD.

Salah seorang korban, Erwin Nasution, menangis saat berdialog dengan La Nyalla di gedung DPD, Senayan, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Advertisement

"Tanah kami sudah bersertifikat. Tanah itu sudah beberapa kali diagunkan di bank. Saat pembangunan tol dalam kota, kami dibayar, tetapi saat proses pembayaran ganti rugi tol Becakayu baru ada yang mempermasalahkan kepemilikan tanah dengan bukti yang lokasinya berbeda dengan tanah saya," ujar Erwin.

Ketua FKMTI SK Budiardjo mengatakan, banyak kasus serupa yang dialami oleh anggotanya. Budi mencontohkan, tanah bersertifikat hak miliki yang dimiliki puluhan warga Prabumulih juga digugat hanya dengan bukti selembar kertas.

Gugatan itu dilayangkan menjelang proses ganti rugi tanah untuk proyek pembangunan jalan tol lintas Sumatera. Menurut Budi, sekitar 90% korban perampasan tanah yang mengadu ke FKMTI sudah memiliki sertifikat.

"Kasus perampasan tanah yang semakin masif terjadi di seluruh Indonesia menunjukkan bahwa perintah Presiden Jokowi untuk memberantas mafia tanah berserta bekingnya gagal. Sampai saat ini, tidak ada mafia dan bekingnya yang ditangkap. Malah, korban bertambah banyak," kata Budi.

Karena itu, Budi meminta DPD turut mendesak Presiden Jokowi agar segera membuat peraturan tentang pemberantasan mafia tanah. Penyelesaian kasus perampasan tanah harus dengan adu data atas hak kepemilikan tanah secara terbuka dengan melibatkan pihak akademisi.

"Kalau proses penyelesaiannya di ruang tertutup, mafia selalu menang dengan menggunakan kekuatan uang. Terbitkan peraturan, para korban siap mengadu data secara terbuka dan harus melibatkan pihak universitas," ujar Budi.

Perwakilan korban mafia tanah dari seluruh Indonesia tersebut ditemui Ketua DPD La Nyalla Mattaliti dan Wakil Ketua Komite II DPD Bustami Zainuddin.

Sementara, korban perampasan tanah dari Jakarta diwakili oleh Erwin Nasution (Jakarta Timur), SK Budiardjo (Jakarta Barat), Sutarman Rusli (Serpong, Tangerang Selatan) ,Tirta Hartanto (Tangerang), Ing Mokoginta (Kotamobagu, Sulawesi Utara), Tri Mahfudz (Balikpapan, Kalimantan Timur), dan Edi Yusuf (Prabumulih, Sumatera Selatan).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hikmahbudhi Dukung Polda Terkait Penetapan Tersangka Roy Suryo

Hikmahbudhi mendukung Polda Metro Jaya yang menetapkan status tersangka kepada  Roy Suryo pada kasus penistaan agama terkait meme stupa di Candi Borobudur.

NEWS | 9 Agustus 2022

Naik 64 Peringkat, Pertamina Satu-satunya Perusahaan Indonesia di Fortune Global 500

PT Pertamina kembali mengokohkan diri sebagai satu-satunya perusahaan Indonesia sekaligus satu-satunya BUMN yang masuk dalam daftar Fortune Global 500 2022.

NEWS | 9 Agustus 2022

Mahfud MD Optimistis Polri Tuntaskan Kasus Brigadir J

Mahfud MD optimistis kasus tewasnya Brigadir Nopryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dapat dituntaskan oleh Polri.

NEWS | 9 Agustus 2022

Ke Bareskrim, LPSK Koordinasi soal Justice Collaborator Bharada E

LPSK akan ke Bareskrim Polri pada Selasa (9/8/2022), untuk menemui Bharada E dalam rangka koordinasi terkait dengan justice collaborator (JC).

NEWS | 9 Agustus 2022

Sore Ini, Polri Umumkan Tersangka Baru Kasus Brigadir J

Polri bakal mengumumkan tersangka baru kasus meninggalnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Mabes Polri pada Selasa (9/8/2022) sore.

NEWS | 9 Agustus 2022

Cuaca Jakarta: Sebagian Wilayah Bakal Diguyur Hujan

BMKG memprakirakan cuaca Jakarta hari ini, Selasa (9/8/2022), sebagian wilayah bakal diguyur hujan ringan.

NEWS | 9 Agustus 2022

Enesis Gelar Edukasi Pencegahan DBD di Kota Malang

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Baschin Dardak menilai edukasi Enesis ini penting bagi kader jumantik dalam pencegahan DBD.

NEWS | 9 Agustus 2022

Ke Kalimantan Barat, Ini yang Akan Diresmikan Jokowi

Jokowi akan meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat.

NEWS | 9 Agustus 2022

Ukraina Gagalkan Upaya Pembunuhan Pejabat Tinggi Negara

Ukraina menangkap dua orang yang bekerja untuk badan intelijen Rusia yang berencana membunuh sejumlah pejabat tinggi negara.

NEWS | 9 Agustus 2022

Agustus, Upacara Bendera di Tugu Kujang Bogor Tiap Hari

Agustus 2022 ini, tiap hari, Bogor menyelenggarakan upacara bendera di Tugu Kujang sebagai peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 RI.

NEWS | 9 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sesi I, IHSG Menguat 0,68% ke 7.134,8

Sesi I, IHSG Menguat 0,68% ke 7.134,8

EKONOMI | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings