Logo BeritaSatu

Tolak Kekerasan Senjata di AS, Puluhan Ribu Orang Berdemo

Minggu, 12 Juni 2022 | 16:00 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Untuk menolak kekerasan senjata di Amerika Serikat (AS), puluhan ribu orang turun ke jalan-jalan di Washington pada Sabtu (11/6/2022). Seperti dilaporkan Reuters, ratusan unjuk rasa serupa juga berlangsung di seluruh Amerika.

Para demonstran menuntut anggota parlemen mengesahkan undang-undang yang bertujuan membatasi kekerasan senjata setelah pembantaian bulan lalu di satu sekolah dasar Texas.

Advertisement

Di ibukota negara, penyelenggara March for Our Lives (MFOL) memperkirakan bahwa 40.000 orang berkumpul di National Mall dekat Monumen Washington di bawah hujan ringan sesekali. Kelompok keamanan senjata didirikan oleh siswa yang selamat dari pembantaian 2018 di satu sekolah menengah Parkland, Florida.

Courtney Haggerty, seorang pustakawan penelitian berusia 41 tahun dari Lawrenceville, New Jersey, melakukan perjalanan ke Washington bersama putrinya yang berusia 10 tahun, Cate, dan putranya yang berusia 7 tahun, Graeme.

Haggerty mengatakan penembakan di sekolah Desember 2012 di Sekolah Dasar Sandy Hook di Newtown, Connecticut, ketika seorang pria bersenjata menewaskan 26 orang, kebanyakan berusia enam dan tujuh tahun, terjadi satu hari setelah ulang tahun pertama putrinya.

"Saya tidak percaya dia akan berusia 11 tahun, dan kami masih melakukan ini."keluh Kay Klein, seorang pelatih guru berusia 65 tahun dari Fairfax, Virginia, yang pensiun awal bulan ini.

Klein mengatakan orang Amerika harus memilih politisi yang menolak untuk mengambil tindakan dalam pemilihan paruh waktu November, ketika kendali Kongres akan dipertaruhkan.

"Jika kita benar-benar peduli dengan anak-anak dan keluarga, kita perlu memilih," katanya.

Seorang pria bersenjata di Uvalde, Texas, membunuh 19 anak-anak dan dua guru pada 24 Mei. Serangan itu terjadi selang 10 hari setelah pria bersenjata lain membunuh 10 orang kulit hitam di satu toko kelontong Buffalo, New York, dalam serangan rasis.

Penembakan itu telah menambah urgensi baru pada perdebatan yang sedang berlangsung di negara itu tentang kekerasan senjata, meskipun prospek undang-undang federal tetap tidak pasti mengingat oposisi Partai Republik yang gigih terhadap batasan senjata api.

Presiden AS Joe Biden, seorang Demokrat yang awal bulan ini mendesak Kongres untuk melarang senjata serbu, memperluas pemeriksaan latar belakang dan menerapkan langkah-langkah lain, mengatakan dia mendukung protes hari Sabtu.

"Kami sedang dibunuh. Anda, Kongres, tidak melakukan apa pun untuk mencegahnya," kata X Gonzalez, penyintas Parkland dan salah satu pendiri MFOL, dalam pidato emosional bersama para penyintas penembakan massal lainnya.

Di antara kebijakan lainnya, MFOL telah menyerukan larangan senjata serbu, pemeriksaan latar belakang umum bagi mereka yang mencoba membeli senjata dan sistem lisensi nasional, yang akan mendaftarkan pemilik senjata.

Kepada wartawan di Los Angeles, Biden mengatakan bahwa dia telah berbicara beberapa kali dengan Senator Chris Murphy, yang memimpin pembicaraan Senat, dan bahwa para negosiator tetap "sedikit optimis."

Dewan Perwakilan Rakyat AS yang dikendalikan Demokrat pada hari Rabu meloloskan serangkaian langkah-langkah keamanan senjata, tetapi undang-undang tersebut tidak memiliki peluang untuk maju di Senat. Di sana, Partai Republik memandang batas senjata sebagai pelanggaran terhadap hak Amandemen Kedua Konstitusi AS untuk memanggul senjata.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hujan Lebat Timbulkan Banjir di Seoul, 7 Orang Tewas

Tujuh orang tewas di dalam dan sekitar ibu kota Seoul, kata pihak berwenang, setelah hujan lebat yang mematikan listrik dan membuat banjir.

NEWS | 9 Agustus 2022

Tim Pengacara Baru Bharada E Ditunjuk Bareskrim Polri

Tim pengacara baru Bharada E mendampingi Bharada E sebagai kuasa hukum karena atas penunjukan Bareskrim Polri.

NEWS | 9 Agustus 2022

LPSK Datangi Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi

Jemput bola, LPSK datangi istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, untuk penilaian psikologi apakah Putri layak mendapat perlindungan atau tidak.

NEWS | 9 Agustus 2022

AS Kembalikan 30 Barang Antik Curian ke Kamboja

AS pada Senin (8 Agustus) mengembalikan 30 karya seni dan barang antik curian ke Kamboja yang telah dijarah dari negara Asia Tenggara itu.

NEWS | 9 Agustus 2022

Jokowi Resmikan Pelabuhan Terbesar di Pulau Kalimantan

Jokowi meresmikan pelabuhan pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan yang dibangun dengan biaya Rp 2,9 triliun.

NEWS | 9 Agustus 2022

Taiwan Gelar Latihan Militer Simulasikan Kondisi dari Invasi Tiongkok

Taiwan menggelar latihan militer pekan ini yang mensimulasikan kondisi pertahanannya dari invasi Tiongkok.

NEWS | 9 Agustus 2022

15 Parpol Belum Konfirmasi Pendaftaran Jadi Peserta Pemilu 2024

15 parpol belum memberikan konfirmasi kepada KPU terkait waktu pendaftaran. Batas akhir pendaftaran hanya sampai Minggu, 14 Agustus 2022, pukul 23.59 WIB.

NEWS | 9 Agustus 2022

Donald Trump Komplain Kediamannya di Florida Digerebek FBI

Mantan presiden AS Donald Trump mengatakan Senin (8/8/2022) bahwa kediamannya di Mar-A-Lago di Florida "digerebek" oleh agen FBI.

NEWS | 9 Agustus 2022

Warga Indonesia di Sri Lanka Ikuti Lomba Khas 17 Agustus

Warga Indonesia di Sri Lanka mengikuti berbagai kegiatan lomba khas 17 Agustus untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77.

NEWS | 9 Agustus 2022

PTM 100%, Kota Bogor Pantau Kasus Covid-19 hingga Agustus

Kota Bogor masih memantau angka kasus Covid-19 hingga akhir Agustus sebelum pemberlakuan PTM 100% mulai September 2022.

NEWS | 9 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hujan Lebat Timbulkan Banjir di Seoul, 7 Orang Tewas

Hujan Lebat Timbulkan Banjir di Seoul, 7 Orang Tewas

NEWS | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings