Logo BeritaSatu

Lockdown Covid-19 di Shanghai Dicabut setelah 2 Bulan

Rabu, 1 Juni 2022 | 08:34 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Shanghai, Beritasatu.com – Penguncian (lockdown) Covid-19 di Kota Shanghai, Tiongkok, berakhir pada Rabu (1/6/2022) tengah malam tadi, yang mendorong warga melakukan perayaan setelah dua bulan merasa frustrasi, keputusasaan, dan kerugian ekonomi.

Sebagian besar dari 25 juta penduduk Shanghai sekarang dapat dengan bebas meninggalkan rumah, kembali bekerja, menggunakan transportasi umum, dan mengendarai mobil mereka, sebuah momen yang bagi banyak orang di kota terbesar dan paling kosmopolitan di Tiongkok, terasa tidak akan pernah tiba.

Pada tengah malam, kelompok-kelompok kecil berkumpul di bekas kawasan Konsesi Prancis di kota itu bersiul, meneriakkan "larangan dicabut" dan mendentingkan gelas sampanye.

Sementara itu, di Shanghai Disneyland, yang belum mengumumkan tanggal pembukaan kembali, menyiarkan langsung pertunjukan cahaya untuk "merayakan pencabutan penguncian Shanghai".

Di bawah lampu jalan, tukang cukur memberikan potongan rambut kepada penduduk yang telah tumbuh lusuh. Di platform media sosial WeChat, toko-toko mengumumkan rencana pembukaan kembali mereka.

"Saya berjalan-jalan dengan anjing dan anjing itu sangat bersemangat, karena sudah lama sekali dia tidak keluar," kata Melody Dong, yang sudah tidak sabar untuk makan hot pot dan barbekyu, makanan yang sulit dibuat di rumah.

Cobaan berat di Shanghai telah melambangkan apa yang dikatakan oleh para kritikus sebagai ketidakberlanjutan kepatuhan Tiongkok terhadap kebijakan nol-Covid yang bertujuan untuk memotong setiap rantai infeksi, dengan biaya berapa pun, bahkan ketika sebagian besar dunia mencoba untuk kembali normal meskipun infeksi yang sedang berlangsung.

Pendekatan nol-Covid Tiongkok ditantang oleh varian Omicron yang sangat menular telah mengguncang investor dan membuat frustrasi dunia bisnis.

Pembatasan Covid-19 di Shanghai dan banyak kota Tiongkok lainnya telah menghancurkan ekonomi terbesar kedua di dunia dan rantai pasokan global yang kusut, meskipun jumlah kasus telah meningkat dan pembatasan telah berkurang dari penguncian sejak April.

Tiongkok mengatakan pendekatannya, kebijakan khas Presiden Xi Jinping, diperlukan untuk menyelamatkan nyawa dan mencegah sistem perawatan kesehatannya kebanjiran. Ketidakpastian dan ketidakpuasan yang disebabkan oleh manajemen Covid-19 Tiongkok telah menciptakan guncangan yang tidak diinginkan di tahun politik yang sensitif, dengan Xi siap untuk mengamankan masa jabatan kepemimpinan ketiga di musim gugur.

"Suasana tengah malam ini agak seperti hari-hari di sekolah menengah. Menjelang tahun ajaran saya penuh dengan harapan untuk semester baru tetapi saya merasa sedikit gelisah di hati saya," tulis salah satu pengguna Weibo yang mirip Twitter.

Baca selanjutnya
Selama dua bulan lockdown, banyak penduduk Kota Shanghai berjuang untuk mendapatkan ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: cna/reuters

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Babak I, Tekanan Tinggi Meksiko Menyulitkan Permainan Argentina

Babak I, Tekanan Tinggi Meksiko Menyulitkan Permainan Argentina

SEMESTA BOLA 2022 | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE