Logo BeritaSatu

Jika Jadi Cawapres, Elektabilitas AHY Dinilai Lumayan

Sabtu, 28 Mei 2022 | 14:33 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / WM

Jakarta, Beritasatu.com – Elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinilai sudah meraih capaian yang lumayan jika kemudian maju sebagai cawapres untuk pilpres 2024 mendatang. Penilaian tersebut disampaikan oleh pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komaruddin.

“Dilihat dari Partai Demokrat yang hanya 6% di parlemen dan juga melihat elektabilitas AHY yang tak masuk tiga besar capres dengan elektabilitas tinggi, maka kelihatannya jadi cawapres sudah lumayan,” kata Ujang kepada wartawan, Sabtu (28/5/2022).

Dikatakan Ujang, peluang AHY untuk pilpres 2024 tergantung pada elektabilitasnya di waktu mendatang. Jika elektabilitasnya tinggi, AHY bisa saja maju sebagai capres atau setidaknya cawapres. Sebaliknya, jika elektabilitasnya rendah, pilihan realistisnya adalah yang bersangkutan tidak akan mengusungkan diri.

Terkait hal tersebut, Ujang memandang AHY tidak hanya berdiam diri saja. Dia terus bergerak melakukan sejumlah manuver politik. Adapun sebelumnya, AHY diketahui sempat menemui sejumlah petinggi partai politik lainnya beberapa waktu lalu seperti Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Ditegaskan Ujang, parameter umum mengenai capres dan cawapres adalah soal tinggi atau rendahnya elektabilitas seorang tokoh.

“Jika tinggi berpotensi maju, namun jika rendah maka biasanya mundur teratur,” tutur Ujang.

Diketahui, dalam survei tatap muka Indikator Politik Indonesia pada 14-19 April 2022, AHY berada di posisi kelima dalam hal elektabilitas dengan 3,2% di bawah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Survei tersebut melibatkan 1.220 responden dengan angka margin of error plus minus 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Sementara itu, dalam survei Charta Politika pada 10-17 April 2022, AHY berada di posisi keenam dengan elektabilitas 3,4% di bawah Ganjar, Prabowo, Anies, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno, dan Ridwan Kamil. Survei tersebut melibatkan 1.220 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, margin of error plus minus 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gempa Cianjur, BNPB Fokus Penanganan Pengungsi dan Distribusi Logistik

BNPB memastikan masih akan terus melakukan pencarian dan evakuasi korban gempa Cianjur yang hingga hari ini belum ditemukan.

NEWS | 27 November 2022

Brigade: Jokowi di Hati, Ganjar Pranowo Dinanti

Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) memekikkan tagline perjuangan Jokowi di Hati, Ganjar Pranowo Dinanti saat deklarasi dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 27 November 2022

Puluhan Lansia Antusias Ikut Vaksinasi Booster Kedua

Puluhan warga lanjut usia (lansia) antusias mengikuti vaksinasi booster kedua yang diselenggarakan Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur.

NEWS | 27 November 2022

Lanjutkan Kepemimpinan Jokowi, Brigade Siap Menangkan Ganjar

Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 karena dinilai layak melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi.

NEWS | 27 November 2022

Brigade Deklarasi Serentak Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Relawan Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) mendeklarasikan dukungan mereka kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 27 November 2022

Jerat Hakim Agung Gazalba Saleh, KPK Tegaskan Tak Langgar Hukum

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tidak melanggar hukum ketika menjerat Hakim Agung MA, Gazalba Saleh sebagai tersangka kasus dugaan suap.

NEWS | 27 November 2022

Anak-anak Korban Gempa Cianjur Mendapatkan Trauma Healing

Anak anak korban gempa Cianjur di tenda pengungsian di Lapang Prawatasari, Joglo, Kecamatan Cianjur Kota mendapatkan trauma healing dari tim relawan Baznas.

NEWS | 27 November 2022

Samsudin Bacakan Dongeng untuk Anak-anak Korban Gempa Cianjur

Relawan dari Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) Peduli, Samsudin membacakan dongeng untuk anak-anak korban gempa Cianjur.

NEWS | 27 November 2022

Barisan Ganjar Terdepan Kumpulkan Donasi untuk Korban Gempa Cianjur

Barisan Ganjar Terdepan (Brigade), relawan Ganjar Pranowo mengumpulkan donasi untuk korban gempa Cianjur. 

NEWS | 27 November 2022

Elon Musk Akan Luncurkan Kembali Layanan Premium Twitter

Elon Musk mengatakan Twitter berencana meluncurkan kembali layanan premiumnya yang akan menawarkan tanda verifikasi berwarna berbeda.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menghidupkan Kembali Lokananta, Titik Nol Musik Indonesia

Menghidupkan Kembali Lokananta, Titik Nol Musik Indonesia

LIFESTYLE | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE