Logo BeritaSatu

Perempuan Berpendidikan Tinggi Akan Tumbuhkan Generasi Cerdas

Jumat, 27 Mei 2022 | 14:56 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Kehadiran perempuan-perempuan yang berpendidikan tinggi akan menjadi tulang punggung bagi tumbuh suburnya generasi cerdas. Perempuan dinilai memiliki kontribusi besar terhadap kesejahteraan masyarakat baik dari sektor budaya, pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Hal itu dikatakan Sri Puji Saraswati Nizam, selaku Ka DWP Diktiristek, Kemendikbud saat Diskusi Inspirasi Kepemimpinan Perempuan yang bertema mengangkat tema besar “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar Kampus Merdeka“ di Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Jakarta, Jumat (27/5/2022).

Advertisement

Pada hari yang sama, dalam rangka Hari Pendidikan Nasional, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR juga menggelar Peresmian Pendirian London School Centre for Leadership dan Peluncuran Buku Wonderful Woman karya Prita Kemal Gani.

"Kehadiran perempuan-perempuan yang berpendidikan tinggi akan menjadi tulang punggung bagi tumbuh suburnya generasi cerdas berkarakter yang dimulai dari pendidikan keluarga di rumah,” katanya.

Menurut Sri Puji, Dharma Wanita Persatuan (DWP) di kantor-kantor kementerian dan pemda ataupun Paguyuban Perempuan di PTS perlu di dukung sepenuh hati, dihidupkan, ditumbuh kembangkan, karena bersinergi dengan pemerintah dalam pembangunan SDM dalam keluarga dan ruang publik, ikut kontribusi dalam mensejahterakan anggota dan keluarganya, serta dapat ikut menguatkan program kegiatan dan hubungan sosial budaya di perkantorannya.

“Kita perlu membangun generasi emas, cedas berkarakter. Pendididkan berkarakter itu harus dijalankan sistematis dan berkelanjutan. Dan, cerdas itu harus komprehensif, mulai dari cerdas spiritual, emosional, sosial, intelektual, kinestetik, dan lingkungan. Ada empat area penguatan pengarus utamaan gender yang harus perkuat, yakni ekosistem sekolah, pembelajaran bermakna, guru sebagai panutan, serta lingkungan keluarga dan masyarakat,” paparnya.

Diskusi Panel pertama mengusung tema Perempuan dan Masa Depan Pendidikan menghadirkan pimpinan wanita, yaitu Prita Kemal Gani selaku Founder & CEO LSPR; Margianti selaku Rektor Universitas Gunadarma; dan. Paristiyanti Nurwardani sebagai Kepala LLDikti Wilayah III.

Perempuan Harus Kuat

“Dalam memimpin LSPR, saya melakukannya seperti memimpin di dalam rumah. Oleh karena itu, suasana yang dihadirkan seperti keluarga. Di LSPR, di tengah dinamika dan kendala, pendekatan yang kami utamakan adalah persuasif dan kekeluargaan. Selain itu, ada prinsip entrepreneurialship yang kami usung dalam membangun LSPR demi kemajuan LSPR. Dan, entreprenerialship inilah yang harus kami terus tularkan,” ujar Prita yang membagi pengalamannya dalam merintis LSPR hingga sekarang.

Lebih jauh, Prita mengaku dirinya mengusung prinsip entrepreneurialship, sehingga seluruh staf harus melakukan yang terbaik. Selanjutnya, dia membuat semua staf, termasuk dosen dan mahasiswa, senang di LSPR seperti di rumah sendiri. Selain itu, persahabatan juga yang telah menjadikan LSPR ini kuat hingga sekarang.

"Untuk menciptakan pemimpin perempuan, maka perempuan harus kuat lebih dulu. Mulai dari kemampuan mengurus diri sendiri, contohnya membersihkan kamar tidurnya sendiri; mengurus keluarganya; selanjutnya ditempa menjadi pemimpin. Umumnya, pemimpin perempuan yang berhasil adalah mereka yang berhasil di dalam rumah tangga,” tambahnya.

Margianti selaku Rektor Universitas Gunadarma memaparkan, sebagai pemimpin perempuan, ada berbagai prinsip pengembangan yang dikedepankan di Gunadarma.

“Pertama, kami semua tumbuh bersama (we all grow together). Kedua, saling win win, saling asah, saling asuh. Ketiga, damage control. Keempat, trouble conveyer,” ujarnya.

Mutu Dosen

Panel pertama ditutup dengan paparan menarik dari Paristiyanti Nurwardari selaku Ketua LLdikti Wilayah III. Menurut dia, ada tiga tugas utama Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI).

“Pertama, meningkatkan mutu layanan PTN dan PTS di wilayahnya. Kedua, peningkatan mutu dosen. Ketiga, penyiapan lima klinik mutu untuk memperhatikan setiap individu dosen dan mahasiswa untuk mempercepat implementasi kampus merdeka belajar,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Margianti, perempuan harus adaptif, inovatif, dan berdaya. Saat ini, mahasiswa perempuan di Indonesia 56%. Lalu, 38% pemimpin PTS di Jakarta adalah perempuan.

"Saya yakin, ke depan, perempuan akan berpotensi untuk menjadi pemimpin. Yang penting, perempuan harus inovatif dan kolaboratif. Selanjutnya, be the best with your uniqueness,” tambahnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Divonis Ringan, Bahar Smith Cium Bendera Merah Putih

Dovonis 6 bulan 15 hari penjara dalam perkara hoax, Bahar Smith mencium bendera Merah Putih di PN Bandung.

NEWS | 17 Agustus 2022

Dituntut Penjara 5 Tahun, Bahar Smith Divonis 6,5 Bulan

Bahar Smith divonis penjara 6 bulan 15 hari oleh Majelis Hakim PN Bandung dalam perkara hoax.

NEWS | 17 Agustus 2022

Mahfud MD: Indonesia Ada karena Pahlawan Ikut Berjuang

Usai Apel Kehormatan HUT ke-77 RI di TMP Kalibata, Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan Indonesia ada karena para pahlawan ikut berjuang meraih kemerdekaan.

NEWS | 17 Agustus 2022

Tiba di TMP Kalibata, Jokowi Pimpin Upacara Apel Kehormatan

Presiden Jokowi tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan untuk memimpin Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT Ke-77 RI.

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, Presiden Jokowi Pimpin Renungan Suci

Tengah malam, Presiden Jokowi pimpin Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangkaian HUT ke-77 RI di TMP Kalibata.

NEWS | 17 Agustus 2022

KPAI Kecam Pencabulan 20 Santriwati di Kabupaten Bandung

KPAI mengencam kekerasan seksual atau pencabulan terhadap 20 santriwati di sebuah pondok pesantren (ponpes) di Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung.

NEWS | 17 Agustus 2022

Doakan Ganjar, Ribuan Santri di Lampung Hadiri Zikir Akbar Jelang HUT Ke-77RI

Sahabat Ganjar bersama ribuan santri di Lampung menghadiri zikir akbar menjelang HUT RI ke-77 serta mendoakan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 17 Agustus 2022

Kasus Brigadir J, Kapolri Diminta Tertibkan Kelompok Ferdy Sambo

IPW meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan kelompok pendukung Ferdy Sambo yang diduga memberikan perlawanan terkait kasus Brigadir J.

NEWS | 17 Agustus 2022

AKKMI Ajak Pemuda Kembalikan Kejayaan Maritim Indonesia

AKKMI mengajak para pemuda untuk dapat andil dalam mengembalikan kejayaan Indonesia di bidang maritim.

NEWS | 16 Agustus 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 16 Agustus 2022

Berikut ini Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 16 Agustus 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 16 Agustus 2022


TAG POPULER

# Syarat Terbaru Naik KA


# Surya Darmadi


# Pengutil di Alfamart


# Utang Luar Negeri


# Thomas Tuchel


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Belanja Pemerintah Pusat di RAPBN 2023 Capai Rp 2.230 T

Belanja Pemerintah Pusat di RAPBN 2023 Capai Rp 2.230 T

EKONOMI | 26 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings