Logo BeritaSatu

7 Fakta Menarik Pernikahan Ketua MK dengan Adik Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 | 16:43 WIB
Oleh : Dyah Noor Shinta / DAS

Solo, Beritasatu.com - Pernikahan Ketua Makamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dengan adik Jokowi, Idayati, digelar Kamis (26/5/2022) di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah.

Pernikahan antara janda dan duda ini menjadi perhatian karena Anwar Usman sebagai ketua MK akhirnya menjadi saudara ipar Presiden Jokowi.

Selain itu, laiknya hajatan keluarga pejabat tinggi negara, tamu undangan yang hadir pun terdiri dari sosok-sosok penting di negeri ini.

Para pejabat negara dan tamu undangan sudah terlihat datang ke Gedung Graha Saba Buana dari pukul 08.00 WIB. Prosesi ijab kabul dimulai pukul 09.00 dipimpin oleh ketua Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari Arba'in Basyar. Setelah itu pada pukul 12.00 WIB diselenggarakan resepsi.

Berikut ini fakta pernikahan Anwar Usman-Idayati.

1. Presiden dan Wapres Jadi Wali dan Saksi
Presiden Jokowi yang adalah kakak mempelai wanita bertindak sebagai wali nikah.

Panglima TNI Andika Perkasa sebagai saksi nikah dari pihak mempelai laki-laki dan Wakil Presiden Ma'aruf Amin sebagai saksi mempelai wanita atau adik Jokowi.

7 Fakta Menarik Pernikahan Ketua MK dengan Adik Jokowi
Presiden Jokowi (kiri beskap hitam) dalam poses ijab kabul Ketua MK Anwar Usman dengan Idayati, di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, Kamis 26 Mei 2022.

"Saya nikahkan dan saya jodohkan dengan saudari perempuan saya, Idayati binti Noto Mihardjo, menikah dengan engkau dengan mas kawin berupa alat salat dan sebuah jam tangan dibayar tunai," kata Jokowi sambil menjabat tangan Anwar Usman.

Ketua MK mengucapkan ijab kabul dengan satu tarikan napas dan lancar tanpa kendala. Kepala KUA Banjarsari Arba'in Basyar dan para saksi mengesahkan pernikahan kedua mempelai Idayati dan Anwar Usman.


2. Mas Kawin Jam Tangan
Mas kawin dalam pernikahan ini berupa perlengkapan salat dan jam tangan. Selain diungkapkan Jokowi sebagai wali nikah soal mas kawin ini juga dibenarkan oleh Kepala KUA Banjarsari, Arba’in Basyir.

Ia mengatakan, ada dua barang, yaitu perlengkapan alat salat dan jam tangan. Menurut Arba'in, mahar atau maskawin tersebut merupakan permintaan dari pihak mempelai wanita, namun pihaknya tidak menjelaskan secara detail.


3. 800 Tamu Undangan

Acara pernikahan mengundang 800 tamu. Meski pemerintah sudah menyatakan tidak wajib masker di luar ruangan, para tamu undangan wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Dalam acara pernikahan tidak ada prasmanan. Para tamu akan mendapatkan hampers makanan yang dapat dibawa pulang.

Sejumlah tokoh terlihat hadir pada acara akad nikah tersebut, di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

7 Fakta Menarik Pernikahan Ketua MK dengan Adik Jokowi
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menghadiri pernikahan Ketua MK Anwar Usman dengan adik Jokowi, Idayati, di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, Kamis 26 Mei 2022.

Terlihat juga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya serta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Ibu negara Iriana Joko Widodo terlihat mengenakan kebaya brokat berwarna hijau.

Iriana didampingi oleh salah satu putranya, Gibran Rakabuming Raka, yang juga merupakan Wali Kota Surakarta serta istrinya, Selvi Ananda, yang mengenakan kebaya berwarna merah.

Hadir pula tenaga ahli Kantor Staf Presiden Republik Indonesia Ali Mochtar Ngabalin dan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi.

7 Fakta Menarik Pernikahan Ketua MK dengan Adik Jokowi
Menko Polhukam Mahfud MD menghadiri pernikahan Ketua MK Anwar Usman dengan adik Jokowi, Idayati, di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, Kamis 26 Mei 2022.

Sehari sebelumnya digelar acara gladi bersih yang dihadiri kedua mempelai serta keluarga. Acara dimulai dengan serah-serahan pengantin, yakni bertemunya pengantin di dalam gedung, kemudian keduanya berjalan menuju tempat ijab kabul yang terletak di depan pelaminan.

Acara pernikahan dibagi menjadi dua acara, yaitu prosesi akad nikah pada 09.00-10.00 WIB dan resepsi pukul 12.00 WIB.

Bintang tamu pada acara resepsi adalah penyanyi jebolan Indonesian Idol, Judika.

Untuk akad nikah hanya tersedia 200 kursi. “Akad ketat karena ada RI 1 dan RI 2. Kalau di resepsi lebih longgar. Tamu resepsi yang datang awal untuk melihat akad tidak bisa. Mereka harus menunggu di tenda atau pulang dulu karena durasi masih lama, jam 12.00 WIB," kata panitia penyelenggara acara, Dani Wigung.


4. Libatkan 1.364 Personel Pengamanan

Acara yang dihadiri Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin ini melibatkan 1.364 personel pengamanan.

7 Fakta Menarik Pernikahan Ketua MK dengan Adik Jokowi
Kombes Pol Ade Safri Simanjutak

Menurut Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjutak, 1.364 personel tersebut berasal dari Polri, TNI, Satpol PP maupun dan Dinas Perhubungan Kota Surakarta.

Banyaknya petugas karena pengamanan yang dimaksud bukan sekadar menjaga acara melainkan mengatur jalur para very very important person (VVIP) sehingga tidak terjadi kemacetan. Petugas gabungan bertugas mengatur lalu lintas dalam pemberlakuan satu jalur maupun rekayasa lalu lintas termasuk mengalihkan kendaraan berat dan kecil.


5. Serba Simpel dan Elegan
Mempelai putri Idawati tidak menyampaikan permintaan khusus mengenai gaun pernikahannya.

Menurut Hanif Aisyah, Idawati hanya meminta gaun yang simpel dan elegan. Hanif adalah pemilik Chili Kebaya, tempat di mana gaun pengantin dipersiapkan.

7 Fakta Menarik Pernikahan Ketua MK dengan Adik Jokowi
Hanif Aisyah.

“Permintaan khusus tidak ada beliaunya (Idayati) minta yang simpel tapi elegan, karena menurut rencana acaranya sederhana saja tetapi ternyata tidak bisa dihindari kalau memang harus besar," tutur Hanif Aisyah sebelum acara, di Graha Saba Buana, Solo.

Kedua mempelai mengenakan kebaya dan beskap warna krem saat akad nikah dan warna merah maroon saat resepsi. Kain atau jarik yang dikenakan adalah batik bermotif Sido Mulyo.

Riasan wajah dipercayakan kepada Hemmy Rahmania atau yang lebih dikenal Heras MUA. Heras mengatakan riasan yang akan dipakai Idayati bergaya simple, modern dan natural.

"Pokoknya riasannya cuma flawless rapi, nggak pakai kayak riasan adat-adat tradisional Solo atau apa. Pengalaman saya, keluarga Pak Jokowi semua sukanya yang simple natural riasannya," kata Heras MUA.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Laboratorium Suara Indonesia: Elektabilitas Airlangga Hartarto Tertinggi

Elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menempati peringkat pertama hasil survei Laboratorium Suara Indonesia.

NEWS | 26 Juni 2022

5 Kompi Brimob Nusantara Diterjunkan Jelang Pengesahan RUU Pemekaran Papua

Mabes Polri telah mengirimkan lima kompi Brimob Nusantara menjelang disahkannya tiga rancangan undang-undang (RUU) terkait pemekaran Papua.

NEWS | 26 Juni 2022

Sandiaga: Desa Wisata Loang Baloq Paduan Ekraf dan Kearifan Lokal

Sandiaga Salahuddin Uno menyebut Desa Wisata Loang Baloq merupakan perpaduan ekonomi kreatif (ekraf) dan kearifan lokal.

NEWS | 26 Juni 2022

Baleg DPR Ungkap Semua Dukung RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak

Fraksi-fraksi di DPR bersepakat mendukung RUU KIA. Hal ini ditegaskan Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Willy Aditya.

NEWS | 26 Juni 2022

Peringatan HANI Jadi Bagian Keprihatinan Bahaya Narkoba

Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) merupakan bagian dari keprihatinan terhadap bahaya narkoba yang menimpa generasi muda.

NEWS | 26 Juni 2022

Setelah Gempa, Taliban Desak Pencairan Aset Bank Sentral Afghanistan

Pemerintahan Taliban mendesak pemerintah internasional untuk mencairkan aset bank sentral Afghanistan setelah gempa maut.

NEWS | 26 Juni 2022

Jepang Catat Rekor Suhu 40 Derajat Celsius, Terpanas Sepanjang Juni

Isesaki, satu kota di Jepang timur mencatat suhu 40 derajat Celsius, terpanas di negara itu sepanjang Juni.

NEWS | 26 Juni 2022

Kemenkes Rilis Kurikulum Pelatihan Penanganan Diabetes untuk Nakes

Novo Nordisk Indonesia bersama Kemenkes, Kedubes Denmark, dan Perkeni meluncurkan kurikulum pelatihan penanganan diabetes untuk nakes.

NEWS | 26 Juni 2022

Banyak Negara Eropa Berperang Langsung dengan Rusia

Presiden Serbia, Aleksandar Vucic mengatakan banyak negara Uni Eropa (UE) sedang perang langsung dengan Rusia.

NEWS | 26 Juni 2022

Kelompok Negara G7 Bersidang, Ribuan Demonstran Datang

Ribuan pengunjuk rasa datang saat Kelompok Tujuh (G7) bersidang di Jerman pada Sabtu (25/6/2022).

NEWS | 26 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Indosurya


# One 160


# HUT Jakarta


# Jokowi 3 Periode


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekuk Rans yang Diperkuat Ronaldinho, Persik Juara Trefeo

Tekuk Rans yang Diperkuat Ronaldinho, Persik Juara Trefeo

BOLA | 38 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings