Logo BeritaSatu

Alutsista TNI Bakal Makin Digdaya dengan Radar GCI

Rabu, 25 Mei 2022 | 22:58 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Bandung, Beritasatu.com – Alat utama sistem pertahanan (alutsista) TNI akan makin digdaya dengan radar Ground Controlled Interception (GCI) buatan PT Len Industri (Persero). Hal ini adalah buah dari diplomasi pertahanan yang dilakukan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

PT Len Industri baru saja membagikan kabar baik soal pengembangan radar GCI. Tak tanggung-tanggung, PT Len Industri menggandeng perusahaan ternama Prancis, Thales. Kerja sama penting dengan Thales ini ditandatangani pada 17 Mei 2022 di Prancis oleh Direktur Utama Len Bobby Rasyidin dan SVP Latin America & Asia of Thales International SAS Guy Bonassi.

Wakil Menhan M Herindra mengatakan kerja sama antara Len dan Thales untuk pembuatan 13 unit Radar GCI ini guna memenuhi kebutuhan alutsista TNI. Hal ini sejalan dengan apa yang selalu digaungkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), yaitu agar Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan TNI menggaungkan dan menjadi pelopor dalam pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri.

“Len dan Thales baru saja melakukan penandatanganan kerja sama pemenuhan 13 radar GCI untuk Kementerian Pertahanan RI. Semoga proses produksi segera berjalan dan lancar. Ini adalah buah kerja keras kita bersama sesuai arahan Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto agar Kemhan dan TNI senantiasa mendukung program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN),” ujar Herindra, Rabu (25/5/2022).

Sementara itu, Bobby mengatakan selain penandatanganan produksi radar GCI, PT Len Industri dan Thales juga menyepakati dimulainya aktivitas pendefinisian concrete action untuk merealisasikan head of agreement (HoA) dari strategic partnership antara Len-Thales di tujuh area potensial.

“Kerja sama ini sangat positif bagi peningkatan kemampuan industri pertahanan dalam negeri kita,” kata Bobby.

Dalam dunia kemiliteran, radar GCI menjadi salah satu alutsista utama yang fungsinya dapat diibaratkan sebagai mata pertahanan. Dengan jangkauannya yang bisa mencapai 450 km, radar tipe ini berperan memberikan pengawalan pada pesawat pencegat maupun pesawat buru sergap dalam menjalankan misinya.

Pada April 2022, Jokowi mengingatkan bahwa Indonesia perlu segera membangun kemandirian industri pertahanan dalam negeri. Jokowi juga ingin agar kerja sama di bidang internasional diperkuat sekaligus berinovasi untuk pengembangan industri pertahanan Indonesia.

“Jadi, semuanya ajak, tetapi tetap mayoritas kita, sehingga juga agar pasar kita lebih membesar. Terus berinovasi mencari cara dan mencari terobosan. Baik itu terobosan di bidang SDM, bahan baku, produk, proses bisnis dan operasionalnya,” tutur Jokowi.

Adapun Prabowo telah menginstruksikan pemaksimalan sumber daya di dalam negeri yang sejalan dengan upaya pemerintah, guna mewujudkan kemandirian nasional. “Yang bisa dikerjakan di dalam negeri harus dikerjakan di dalam negeri,” ujar Prabowo pada Januari 2022.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rompi Penurun Suhu, Pertolongan Pertama Heat Stroke Jemaah Haji

Kemenkes memanfaatkan teknologi carbon cool yang didesain menjadi rompi penurun suhu untuk penanganan kasus heat stroke pada haji di Arafah.

NEWS | 28 Juni 2022

RUU KIA Bisa Jadi Pedang Bermata 2 bagi Perempuan Pekerja

Penggiat keseteraan gender yang juga perempuan pengusaha menilai RUU KIA bisa jadi pedang bermata dua.

NEWS | 28 Juni 2022

Setengah Abad Revitalisasi Kota Tua Belum Kelar Juga

Menteri BUMN Erick Thohir akan menggarap revitalisasi Kota Tua di kawasan Jakarta Utara, tahun depan.

NEWS | 28 Juni 2022

Jika Mangkir Lagi, Iko Uwais Akan Dijemput Paksa Polisi

Polda Metro Jaya meminta aktor laga Iko Uwais bersikap kooperatif dalam menghadapi proses hukum. Jika mangkir lagi, Iko Uwais akan dijemput paksa.

NEWS | 27 Juni 2022

Jateng Rawan Bencana, Taj Yasin Minta PMI dan BPBD Tingkatkan Sinergisitas

Taj Yasin Maimoen meminta Palang Merah Indonesia meningkatkan sinergisitas dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten/kota.

NEWS | 27 Juni 2022

Bakamla RI Buka Pelatihan Terkoordinasi VBSS Internasional

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr Aan Kurnia membuka pelatihan terkoordinasi VBSS Internasional

NEWS | 27 Juni 2022

HUT Ke-6, PYC Bedah Buku "Politik Energi: Teori dan Aplikasi"

Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) merayakan ulang tahun ke-6 dengan menggelar soft launching dan bedah buku “Politik Energi: Teori dan Aplikasi”

NEWS | 27 Juni 2022

BPOM Berharap Vaksin Merah Putih Didaftarkan ke WHO

Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito berharap vaksin Merah Putih didaftarkan ke Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

NEWS | 27 Juni 2022

Warga Sipil Korban Tembak KKB di Deiyai Papua Diterbangkan ke Sulsel

Jenazah Muhammad Jainal (29), korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Deiyai, Papua, diberangkatkan ke kampung halamannya.

NEWS | 27 Juni 2022

Puan: Sosialisasi Pembelian Migor Curah dengan PeduliLindungi Harus Gencar

Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah menyosialisasikan pembelian minyak goreng (migor) curah dengan aplikasi PeduliLindungi secara masif.

NEWS | 27 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Indonesia dan Inggris Sepakat Perkuat Kerja Sama EBT dan Pangan

Indonesia dan Inggris Sepakat Perkuat Kerja Sama EBT dan Pangan

EKONOMI | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings