Logo BeritaSatu

Uni Eropa Dukung Indonesia Terapkan Penerbangan Ramah Lingkungan

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:49 WIB
Oleh : LES

Jakarta, Beritasatu.com - Uni Eropa (UE) mendukung Indonesia dalam menerapkan penerbangan yang semakin ramah lingkungan dengan prosedur Navigasi Berbasis Kinerja (Performance Based Navigation/PBN).

Melalui kerja sama antara Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa (European Union Aviation Safety Agency/EASA) dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI, kini penerbangan ke Bajawa dan Larantuka telah menerapkan prosedur tersebut, disusul dengan prosedur yang sama untuk penerbangan ke Atambua.

“Inisiatif PBN, yang dilakukan EASA bersama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara RI, merupakan model kerja sama yang luar biasa antara Uni Eropa dan Indonesia untuk meningkatkan keselamatan,” kata Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket dalam keterangan tertulis, Jumat (20/5/2022).

PBN, yang menggunakan satelit dan peralatan di dalam pesawat untuk membantu navigasi pilot, kini tersedia untuk bandara di ketiga kota tersebut.

PBN memungkinkan pesawat untuk beroperasi dengan aman ke suatu bandara atau dari suatu bandara saat kondisi cuaca buruk dan pada daerah yang secara geografis sulit.

PBN juga meningkatkan efisiensi operasional, sehingga mengurangi dampak lingkungan penerbangan.

Pada 18 Mei, Direktur Eksekutif EASA Patrick Ky mengunjungi pusat pelatihan ATR di Singapura untuk menerbangi rute PBN dengan menggunakan simulator penerbangan ATR yang dikembangkan dengan dukungan EU untuk bandara Atambua, Bajawa, dan Larantuka di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Inisiatif ini akan diperluas untuk mencakup bandara lainnya di gugusan kepulauan Indonesia yang dilayani oleh pesawat ATR turboprop bermesin ganda,” kata Piket.

ATR disebutkan telah memberikan kontribusi aktif, termasuk melalui kerja sama dengan EASA dan pemerintah daerah untuk mempromosikan pengembangan PBN.

Operator ATR menyediakan konektivitas penting bagi masyarakat, terutama di daerah dengan lapangan terbang yang kondisinya sulit, mengubah pendekatan visual menjadi pendekatan berinstrumen, membantu mengurangi gangguan operasional, serta meningkatkan keselamatan.

“PBN mengarah pada penerbangan yang lebih aman dan hijau, menghubungkan masyarakat, serta meningkatkan perdagangan dan pariwisata. Ini juga tidak memerlukan alat bantu navigasi darat yang mahal, sehingga menghemat instalasi dan pemeliharaan,” kata Sekretaris Jenderal Kemenhub RI Novie Riyanto.

Dukungan EASA mewakili EU sebagai bagian dari Proyek Kemitraan Penerbangan (APP) EU dan Asia Tenggara. Tujuan keseluruhan dari proyek ini adalah untuk meningkatkan kemitraan politik, ekonomi, dan lingkungan antara EU dan Asia Tenggara dalam sektor penerbangan sipil.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPP Susun Rencana Aksi Eks OBP Sungai Simantipal

Menurut BNPP, OBP untuk wilayah/segmen batas negara RI-Malaysia di Sungai Simantipal dan C500-C600 dinyatakan berakhir.

NEWS | 26 September 2022

Kasus Brigadir J,AKBP Raindra Ramadhan SyahJalani Sidang Etik Hari Ini

Eks Kasubdit 1 Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Raindra Ramadhan Syah menjalani sidang etik terkait kasus Brigadir J pada hari ini, Selasa (27/9/2022).

NEWS | 27 September 2022

Lukas Enembe Klaim Hanya Kelola 20% Dana Otsus Papua

Kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening menyatakan, pihak Pemprov Papua hanya mengelola 20% dari total dana otsus yang diberikan.

NEWS | 27 September 2022

Warga Afghanistan Sukarela Serahkan Ratusan Pucuk Senjata Api

Pasukan keamanan Afghanistan telah mengumpulkan ratusan senjata ketika penduduk setempat dengan sukarela menyerahkan senjata dan amunisi.

NEWS | 27 September 2022

Dijatuhi Sanksi Demosi 3 Tahun, Ipda Arsyad Daiva Tidak Ajukan Banding

Ipda Arsyad Daiva tidak mengajukan banding atas setelah dijatuhi sanksi demosi tiga tahun buntut kasus tewasnya Brigadir J. 

NEWS | 27 September 2022

Kasus Brigadir J, Ipda Arsyad Daiva Dijatuhi Sanksi Demosi 3 Tahun

Mantan Kasubnit I Unit I Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Ipda Arsyad Daiva Gunawan dijatuhi demosi 3 tahun terkait kasus Brigadir J

NEWS | 27 September 2022

Kontribusi Aktif IRRA dan Oneject dalam Program Imunisasi Anak Sekolah

IRRA dan Oneject berkontribusi dalam program imunisasi anak sekolah dengan mendampingi para nakes yang bertugas di SD Negeri Penjaringan 01.

NEWS | 27 September 2022

Inggris Akan Gandakan Pengeluaran Belanja Militer

Inggris akan melipatgandakan pengeluaran belanjja militer. Menteri Pertahanan Ben Wallace mengutip serangan Rusia di Ukraina.

NEWS | 27 September 2022

Bantah Mahfud, Lukas Enembe Klaim Dana Otsus Papua Hanya Rp 90 Triliun

Kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening membantah pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD soal dana otsus

NEWS | 27 September 2022

Warga Baubau Padati Pasar Wameo Menanti Jokowi

Warga Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, memadati Pasar Tradisional Wameo untuk menunggu kedatangan Jokowi

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Produk Minuman Asli Indonesia Teguk Buka Gerai di New York

Produk Minuman Asli Indonesia Teguk Buka Gerai di New York

LIFESTYLE | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings